CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-6 Mengembangkan pemikiran kritis, inovatif, dan visioner dalam memajukan pendidikan nasional dan global.
CPL-8 Menguasai filosofi, teori, metodologi, dan praktik pendidikan mutakhir serta memiliki pemahaman mendalam tentang paradigma penelitian dan analisis sistem dalam kebijakan pendidikan.
CPL-9 Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset pendidikan yang bermanfaat, serta mendiseminasikan hasilnya melalui publikasi internasional dan membangun jejaring akademik global.
CPL-10 Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan seni baru di bidang pendidikan melalui penelitian interdisipliner, memecahkan masalah kompleks dengan pendekatan inovatif, dan memimpin tim multidisipliner dalam proyek penelitian besar sambil mengelola sumber daya dan mengintegrasikan teknologi mutakhir untuk kebijakan pendidikan berbasis bukti.
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran kritis dan sistematis dalam menganalisis paradigma penelitian pendidikan, serta merancang penelitian yang inovatif dan sesuai dengan standar kompetensi di bidang pendidikan.
CPMK-2 Mahasiswa mampu menguasai dan menerapkan berbagai metodologi penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, dan mixed methods) serta teknik analisis statistik lanjutan, termasuk Structural Equation Modeling (SEM), Hierarchical Linear Modeling (HLM), dan analisis longitudinal.
CPMK-3 Mahasiswa mampu mengelola dan memimpin proyek penelitian pendidikan dengan memanfaatkan teknik analisis data canggih seperti analisis multivariat, meta-analisis, dan teknik statistik non-parametrik, serta mendiseminasikan hasil penelitian melalui publikasi internasional.
CPMK-4 Mahasiswa mampu mengintegrasikan teknologi mutakhir seperti big data dan tools analisis data kualitatif dalam penelitian pendidikan, serta mengevaluasi isu-isu metodologis kontemporer seperti reproducibility crisis dan open science dalam konteks etika penelitian.
CPMK-5 Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan penelitian interdisipliner yang memecahkan masalah kompleks di bidang pendidikan, memimpin tim multidisipliner, dan mengelola sumber daya penelitian dengan pendekatan berbasis bukti.