Mata kuliah Asesmen Proses dan Hasil Belajar dalam program S3 Ilmu Pendidikan menyajikan eksplorasi komprehensif terhadap teori, metodologi, dan praktik terkini dalam evaluasi pendidikan. Ruang lingkup mata kuliah ini mencakup analisis kritis terhadap paradigma asesmen, mulai dari pendekatan tradisional hingga inovasi kontemporer seperti asesmen autentik, asesmen berbasis kinerja, dan learning analytics. Mahasiswa akan mendalami aspek-aspek psikometrik dalam pengembangan instrumen asesmen, termasuk validitas, reliabilitas, dan fairness, serta mengkaji implikasi teoritis dan praktis dari berbagai model pengukuran modern seperti Item Response Theory (IRT) dan Cognitive Diagnostic Assessment (CDA). Mata kuliah ini juga akan membahas isu-isu krusial seperti asesmen untuk pembelajaran (assessment for learning), asesmen sebagai pembelajaran (assessment as learning), dan integrasi teknologi dalam proses asesmen. Melalui proyek penelitian dan studi kasus, peserta didik akan mengembangkan kemampuan untuk merancang sistem asesmen yang komprehensif, menganalisis data asesmen secara sophisticated, dan menginterpretasikan hasil asesmen untuk pengambilan keputusan pendidikan yang informed. Penekanan khusus akan diberikan pada eksplorasi potensi big data dan artificial intelligence dalam revolusi praktik asesmen, serta pada analisis kritis terhadap implikasi etis, sosial, dan kultural dari berbagai pendekatan asesmen dalam konteks global.