CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-6 Mengembangkan pemikiran kritis, inovatif, dan visioner dalam memajukan pendidikan nasional dan global.
CPL-8 Menguasai filosofi, teori, metodologi, dan praktik pendidikan mutakhir serta memiliki pemahaman mendalam tentang paradigma penelitian dan analisis sistem dalam kebijakan pendidikan.
CPL-9 Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset pendidikan yang bermanfaat, serta mendiseminasikan hasilnya melalui publikasi internasional dan membangun jejaring akademik global.
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis berbagai paradigma asesmen, baik tradisional maupun kontemporer, dan menerapkannya dalam konteks pendidikan yang spesifik dengan mempertimbangkan standar kompetensi kerja yang relevan.
CPMK-2 Mahasiswa mampu mengembangkan dan mengimplementasikan pendekatan inovatif dalam asesmen, termasuk integrasi teknologi seperti big data dan AI, untuk meningkatkan efektivitas dan relevansi evaluasi pendidikan di tingkat nasional dan global.
CPMK-3 Mahasiswa mampu menguasai dan mengkritisi teori, metodologi, dan praktik asesmen terkini, serta menunjukkan pemahaman mendalam tentang implikasi teoritis dan praktis dari berbagai model pengukuran modern seperti Item Response Theory (IRT) dan Cognitive Diagnostic Assessment (CDA).
CPMK-4 Mahasiswa mampu merancang, mengelola, dan mengevaluasi proyek penelitian asesmen yang kompleks, serta mendiseminasikan hasilnya melalui publikasi dan jejaring akademik global, dengan mempertimbangkan aspek etis, sosial, dan kultural.
CPMK-5 Mahasiswa mampu mengembangkan instrumen asesmen yang valid, reliabel, dan adil, serta menggunakan hasilnya untuk pengambilan keputusan pendidikan yang berdasarkan data dengan mempertimbangkan konteks global dan lokal.