CPL-8 Menguasai filosofi, teori, metodologi, dan praktik pendidikan mutakhir serta memiliki pemahaman mendalam tentang paradigma penelitian dan analisis sistem dalam kebijakan pendidikan.
CPL-9 Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset pendidikan yang bermanfaat, serta mendiseminasikan hasilnya melalui publikasi internasional dan membangun jejaring akademik global.
CPMK
CPMK-1 Menerapkan metodologi penelitian terkini dalam pengembangan instrumen penelitian untuk meningkatkan validitas dan reliabilitas (C3)
CPMK-2 Menganalisis berbagai paradigma penelitian untuk memilih pendekatan yang paling sesuai dalam pengembangan instrumen penelitian (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi efektivitas instrumen penelitian yang dikembangkan berdasarkan kriteria ilmiah dan praktis (C5)
CPMK-4 Menciptakan instrumen penelitian baru yang inovatif berdasarkan kebutuhan spesifik dalam bidang pendidikan (C6)
CPMK-5 Menerapkan teknik analisis data untuk menginterpretasikan hasil yang diperoleh dari instrumen penelitian yang digunakan (C3)
CPMK-6 Menganalisis feedback dari peer dan ahli untuk meningkatkan kualitas instrumen penelitian (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi dan memperbaiki desain instrumen penelitian berdasarkan hasil uji coba dan validasi (C5)
CPMK-8 Menciptakan metodologi baru dalam pengembangan instrumen penelitian yang dapat diadaptasi di berbagai konteks pendidikan (C6)
CPMK-9 Menerapkan prinsip-prinsip etika dalam pengembangan dan penerapan instrumen penelitian (C3)
CPMK-10 Menganalisis dan mengintegrasikan berbagai sumber literatur untuk mendukung pengembangan instrumen penelitian yang valid dan reliabel (C4)