Mata kuliah Filsafat Ilmu Pendidikan dalam program S3 Ilmu Pendidikan menawarkan eksplorasi mendalam terhadap landasan ontologis, epistemologis, dan aksiologis yang mendasari teori dan praktik pendidikan kontemporer. Ruang lingkup mata kuliah ini mencakup analisis kritis terhadap berbagai aliran pemikiran filosofis yang telah membentuk diskursus pendidikan, mulai dari idealisme, realisme, pragmatisme, hingga post-modernisme dan teori kritis. Mahasiswa akan mengkaji secara komprehensif evolusi konsep pengetahuan, kebenaran, dan nilai dalam konteks pendidikan, serta mengevaluasi implikasi filosofis dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap paradigma pendidikan. Melalui seminar interaktif dan kajian literatur filosofis terkini, peserta didik akan mengembangkan kemampuan untuk mengidentifikasi asumsi-asumsi filosofis yang mendasari kebijakan dan praktik pendidikan, menganalisis dilema etis dalam penelitian dan inovasi pendidikan, serta merumuskan argumen filosofis yang koheren untuk mendukung posisi teoretis mereka. Mata kuliah ini juga akan membahas isu-isu kontemporer seperti dekolonisasi pengetahuan, ekologi pendidikan, dan etika artificial intelligence dalam pembelajaran. Penekanan khusus akan diberikan pada pengembangan perspektif filosofis yang integratif dan transdisipliner, yang dapat menjembatani gap antara teori dan praktik pendidikan.