CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-6 Mengembangkan pemikiran kritis, inovatif, dan visioner dalam memajukan pendidikan nasional dan global.
CPL-8 Menguasai filosofi, teori, metodologi, dan praktik pendidikan mutakhir serta memiliki pemahaman mendalam tentang paradigma penelitian dan analisis sistem dalam kebijakan pendidikan.
CPL-10 Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan seni baru di bidang pendidikan melalui penelitian interdisipliner, memecahkan masalah kompleks dengan pendekatan inovatif, dan memimpin tim multidisipliner dalam proyek penelitian besar sambil mengelola sumber daya dan mengintegrasikan teknologi mutakhir untuk kebijakan pendidikan berbasis bukti.
CPMK
CPMK-1 CPMK 1: Menganalisis secara kritis berbagai aliran pemikiran filosofis dalam pendidikan dan implikasinya terhadap teori dan praktik pendidikan kontemporer.
CPMK-2 CPMK 2: Mengevaluasi evolusi konsep epistemologis, ontologis, dan aksiologis dalam konteks pendidikan dan pengaruhnya terhadap paradigma pendidikan modern.
CPMK-3 CPMK 3: Mengkaji implikasi filosofis dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap teori dan praktik pendidikan
CPMK-4 CPMK 4: Mengidentifikasi dan menganalisis asumsi-asumsi filosofis yang mendasari kebijakan dan praktik pendidikan dalam berbagai konteks.
CPMK-5 CPMK 5: Merumuskan argumen filosofis yang koheren dan inovatif untuk mendukung posisi teoretis dalam isu-isu pendidikan kontemporer.
CPMK-6 CPMK 6: Menganalisis dilema etis dalam penelitian dan inovasi pendidikan, serta mengusulkan pendekatan filosofis untuk mengatasinya.
CPMK-7 CPMK 7: Mengembangkan perspektif filosofis yang integratif dan transdisipliner dalam memahami dan memecahkan masalah kompleks dalam pendidikan.
CPMK-8 CPMK 8: Mengevaluasi isu-isu kontemporer seperti dekolonisasi pengetahuan, ekologi pendidikan, dan etika artificial intelligence dalam pembelajaran dari perspektif filosofis.
CPMK-9 CPMK 9: Merancang kerangka konseptual filosofis yang dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik pendidikan.
CPMK-10 CPMK 10: Mengembangkan proposal penelitian filosofis yang inovatif dan relevan dengan tantangan pendidikan kontemporer.