Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Unesa
Program Studi | : | S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Tanggal Berdiri | : | 2 April 2007 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Titik Indarti, M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Unggul dalam inovasi kependidikan bahasa dan sastra, kukuh dalam pengembangan ilmu bahasa dan sastra berbasis multilingualMisi
1. Menyelenggarakan pendidik-an dan pembelajaran yang beraksentuasi pada inovasi kependidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra; 2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada inovasi pendidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra; 3. Menyelenggarakan pengabdi-an kepada masyarakat yang berbasis pada inovasi pendidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmua bahasa dan sastra; 4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholders) yang berkontribusi pada inovasi pendidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra.Tujuan
1. Menghasilkan tenaga ahli bidang kependidikan dan keilmuan bahasa dan sastra setingkat magister yang inovatif dan kreatif; 2. Menghasilkan karya penelitian di bidang kependidikan dan keilmuan bahasa dan sastra baik dalam bentuk tesis sebagai tugas akhir mahasiswa maupun penelitian dosen yang berpendekatan interdisipliner atau multidisipliner; 3. Mengabdikan hasil inovasi dan pengembangan kependidikan dan keilmuan bahasa dan sastra demi kemaslahatan masyarakat; 4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholders) yang berkontribusi pada inovasi pendidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra.Nilai_dasar
Pemikiran kritis, kreatif, interdisipliner, multididipliner, dan transdisipliner di bidang kependidikan bahasa dan sastra; memajukan dan meningkatkan kualitas keilmuan bahasa dan sastra melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan dan mengembangkan ilmu Bahasa dan sastra yang multilingual.Capaian Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-5 | Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta dalam bidang keilmuan bahasa dan sastra.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-6 | Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik yang logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-10 | Menguasai konsep-konsep teoretis bahasa dan sastra dan penerapannya yang berbasis pada filsafat pendidikan, filsafat bahasa, dan filsafat sastra
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-11 | Menguasai konsep teoretis keterampilan berbahasa dan bersastra secara integratif
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-12 | Menguasai konsep metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya;
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik Bahasa dan Sastra; Peneliti Pendidikan Bahasa dan Sastra; dan pengelola program pendidikan bahasa dan sastra
Struktur Kurikulum S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
KURIKULUM 2018 PRODI S-2 PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8811103213
Analisis Artikel Jurnal Mutakhir
3.00
8811103239
Analysis Of Current Journal Articles
3.00
8811103240
Applied Linguistics
3.00
8811103241
Current Language-Literature Pedagogy
3.00
8811103216
Linguistik Terapan
3.00
8811102098
Literacy In Education
2.00
8811102100
Literasi Dalam Pendidikan
2.00
8811103242
Literature In Language Education
3.00
8811103215
Pembelajaran Bahasa-Sastra Mutakhir
3.00
8811102122
Philosophy And Educational Policy
2.00
8811102238
Philosophy Of Language And Literature Education
2.00
8811103217
Sastra Dalam Pembelajaran Bahasa
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8811102254
Assessment For Languange-Literature Pedagogy
2.00
8811102218
Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra
2.00
8811102252
Curriculum Of Languange-Literature Education
2.00
8811103029
Desain Pembelajaran Bahasa Dan Sastra
3.00
8811100256
Design Of Language And Literature Pedagogy
3.00
8811102062
Internship I
2.00
8811102224
Kritik Sastra
2.00
8811102219
Kurikulum Pendidikan Bahasa-Sastra
2.00
8811102258
Literary Criticism
2.00
8811103255
Methods Of Research In Language And Literature Education
3.00
8811103212
Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra
3.00
8811102231
Nihongo Kenkyuu
2.00
8811102221
Pragmastilistik
2.00
8811102257
Pragmastylistics
2.00
8811102261
Publication
2.00
8811102229
Second/Foreign Language Acquisition
2.00
8811106260
Shuushi Ronbun
6.00
8811102253
Sosiolinguistik Indonesia
2.00
8811102226
Sosiolinguistik Indonesia-Daerah
2.00
8811109249
Thesis
6.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8811102023
Comparative Literature
2.00
8811102228
Problematika Pengajaran Bsi-Daerah
2.00
8811102233
Akademikku No Nihongo
2.00
8811102222
Analisis Wacana Kritis
2.00
8811102250
Critical Discourse Analysis
2.00
8811102037
English As International Language
2.00
8811102207
Inovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Berbasis It
2.00
8811102251
Internship
2.00
8811102227
Isu Mutakhir Bahasa/Sastra Indonesia-Daerah
2.00
8811102244
It-Based Innovation In Language And Literature Pedagogy
2.00
8811102225
Kajian Budaya Pop
2.00
8811102243
Materials And Media Development For Language And Literature Education
2.00
8811102232
Nihongogaku
2.00
8811102220
Pengembangan Bahan Dan Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra
2.00
8811102230
Postcolonial Studies
2.00
8811102237
Proposal Penelitian
2.00
8811102247
Research Proposal
2.00
8811102150
Sastra Bandingan
2.00
8811102223
Semiotika
2.00
8811102214
Studi Lapangan
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8811109248
Tesis
6.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8811103213 | Analisis Artikel Jurnal Mutakhir | 3.00 | |
8811103239 | Analysis Of Current Journal Articles | 3.00 | |
8811103240 | Applied Linguistics | 3.00 | |
8811103241 | Current Language-Literature Pedagogy | 3.00 | |
8811103216 | Linguistik Terapan | 3.00 | |
8811102098 | Literacy In Education | 2.00 | |
8811102100 | Literasi Dalam Pendidikan | 2.00 | |
8811103242 | Literature In Language Education | 3.00 | |
8811103215 | Pembelajaran Bahasa-Sastra Mutakhir | 3.00 | |
8811102122 | Philosophy And Educational Policy | 2.00 | |
8811102238 | Philosophy Of Language And Literature Education | 2.00 | |
8811103217 | Sastra Dalam Pembelajaran Bahasa | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8811102254 | Assessment For Languange-Literature Pedagogy | 2.00 | |
8811102218 | Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra | 2.00 | |
8811102252 | Curriculum Of Languange-Literature Education | 2.00 | |
8811103029 | Desain Pembelajaran Bahasa Dan Sastra | 3.00 | |
8811100256 | Design Of Language And Literature Pedagogy | 3.00 | |
8811102062 | Internship I | 2.00 | |
8811102224 | Kritik Sastra | 2.00 | |
8811102219 | Kurikulum Pendidikan Bahasa-Sastra | 2.00 | |
8811102258 | Literary Criticism | 2.00 | |
8811103255 | Methods Of Research In Language And Literature Education | 3.00 | |
8811103212 | Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra | 3.00 | |
8811102231 | Nihongo Kenkyuu | 2.00 | |
8811102221 | Pragmastilistik | 2.00 | |
8811102257 | Pragmastylistics | 2.00 | |
8811102261 | Publication | 2.00 | |
8811102229 | Second/Foreign Language Acquisition | 2.00 | |
8811106260 | Shuushi Ronbun | 6.00 | |
8811102253 | Sosiolinguistik Indonesia | 2.00 | |
8811102226 | Sosiolinguistik Indonesia-Daerah | 2.00 | |
8811109249 | Thesis | 6.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8811102023 | Comparative Literature | 2.00 | |
8811102228 | Problematika Pengajaran Bsi-Daerah | 2.00 | |
8811102233 | Akademikku No Nihongo | 2.00 | |
8811102222 | Analisis Wacana Kritis | 2.00 | |
8811102250 | Critical Discourse Analysis | 2.00 | |
8811102037 | English As International Language | 2.00 | |
8811102207 | Inovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Berbasis It | 2.00 | |
8811102251 | Internship | 2.00 | |
8811102227 | Isu Mutakhir Bahasa/Sastra Indonesia-Daerah | 2.00 | |
8811102244 | It-Based Innovation In Language And Literature Pedagogy | 2.00 | |
8811102225 | Kajian Budaya Pop | 2.00 | |
8811102243 | Materials And Media Development For Language And Literature Education | 2.00 | |
8811102232 | Nihongogaku | 2.00 | |
8811102220 | Pengembangan Bahan Dan Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra | 2.00 | |
8811102230 | Postcolonial Studies | 2.00 | |
8811102237 | Proposal Penelitian | 2.00 | |
8811102247 | Research Proposal | 2.00 | |
8811102150 | Sastra Bandingan | 2.00 | |
8811102223 | Semiotika | 2.00 | |
8811102214 | Studi Lapangan | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8811109248 | Tesis | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Tindak lanjut hasil dari evaluasi kebijakan PS yakni perbaikan dokumen kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran sesuai catatan saran dari pihak auditor yakni GPM dan SPM serta menyerahkan kembali hasil dari perbaikan yang telah diperbaiki dan diperbaharui. Berikut adalah bukti dokumen kurikulum dan dokumen audit internal serta RTM. Evaluasi yang dilakukan Prodi S2 Bahasa dan Sastra mengadaptasi pola penjaminan mutu PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan). Feedback yang didapatkan dari kegiatan audit internal ini menjadi bahan perbaikan penyelenggaraan prodi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Rekap CPL Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | |||
thesis | 6 | 50% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berbasis IT | 2 | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 100 % |
Kritik Sastra | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Sastra dalam Pembelajaran Bahasa | 3 | 23.53% | 17.65% | 11.76% | 11.76% | 17.65% | 11.76% | 5.88% | 99.99 % | |||
Studi Lapangan | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Applied Linguistics | 3 | 40% | 20% | 40% | 100 % | |||||||
Proposal Penelitian | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Analisis Artikel Jurnal Mutakhir | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Pragmastylistics | 2 | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 100 % |
Tesis | 6 | 7.14% | 7.14% | 28.57% | 28.57% | 28.57% | 99.99 % | |||||
Kajian Budaya Pop | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Akademikku No Nihongo | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Analisis Wacana Kritis | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
INTERNSHIP I | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
- Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI),
- Permendikbud Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia untuk Pendidikan Tinggi
- Permenristidikti Nomor 44 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti)
- Permen Dikbud nomer 3 tahun 2020 tentang SNDikti dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pembelajaran
- Pedoman Akademik Pascasarjana Unesa Tahun 2020/2021
- Standar Mutu Program Magister Unesa
- Pedoman Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum
- Panduan Penulisan Tesis dan Disertasi
- SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk akademik, administrasi, penjaminan mutu, dan lainnya.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved