Pembahasan problematika pengajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan memanfaatkan konsep atau keilmuan pedagogi, bahasa, dan sastra melalui kegiatan diskusi, pelatihan, presentasi, simulasi, atau pun belajar mandiri untuk menghasilkan rangkuman materi, makalah, atau pun artikel ilmiah yang dipresentasikan dalam forum diskusi/seminar atau pun dipublikasikan dalam jurnal.
CPL Program Studi pada MK
CPL-6 Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik yang logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik.
CPL-7 Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
CPL-10 Menguasai konsep-konsep teoretis bahasa dan sastra dan penerapannya yang berbasis pada filsafat pendidikan, filsafat bahasa, dan filsafat sastra
CPL-11 Menguasai konsep teoretis keterampilan berbahasa dan bersastra secara integratif
CPMK
CPMK-1 memahami konsep dasar problematika pengajaran bahasa Indonesia dan bahasa daerah
CPMK-2 menganalisis kendala dan peluang dalam pengajaran bahasa Indonesia dan bahasa daerah
CPMK-3 merancang program pengajaran inovatif untuk mengatasi problematika dalam pengajaran bahasa Indonesia dan bahasa daerah