Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Unesa
Program Studi | : | S1 Teknologi Pendidikan |
Tanggal Berdiri | : | 7 November 1996 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mengembangkan Pendidikan dalam keilmuan Teknologi Pendidikan yang unggul, berdaya saing dan berjiwa edutechnopreneurship di tingkat nasional dan global di tahun 2034Misi
- 1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang keilmuan Teknologi Pendidikan yang berjiwa edutechnopreneurship.
- 2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang inovatif di bidang Teknologi Pendidikan yang berjiwa edutechnopreneurship.
- 3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di Teknologi Pendidikan yang berjiwa yang berjiwa edutechnopreneurship bagi kesejahteraan masyarakat;
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang mampu menunjukkan pengetahuan yang diperlukan untuk membuat, menggunakan, menilai, dan mengelola aplikasi teoritis dan praktis dari teknologi dan proses pendidikan.
- Menghasilkan lulusan yang mampu berkembang sebagai praktisi reflektif yang mampu mendemonstrasikan implementasi yang efektif dari teknologi dan proses pendidikan berdasarkan konten dan pedagogi kontemporer.
- Menghasilkan lulusan yang mampu memfasilitasi pembelajaran dengan menciptakan, menggunakan, mengevaluasi, dan mengelola lingkungan belajar yang efektif
- Menghasilkan lulusan yang mampu merancang, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi lingkungan belajar yang kaya teknologi dalam komunitas praktik yang mendukung.
- Menghasilkan lulusan yang mampu menjelajahi, mengevaluasi, menyintesis, dan menerapkan metode inkuiri untuk meningkatkan pembelajaran dan meningkatkan kinerja.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-5 | Mampu menguasai konsep teoritis desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi di bidang kurikulum dan teknologi pendidikan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-6 | Mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran desain komunikasi visual, , animasi, broadcasting , dan informatika
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-7 | Mampu menerapkan kaidah ilmiah untuk menghasilkan desain, media, teknologi, serta evaluasi pembelajaran dan program pelatihan berbasis teknologi informasi dan komunikasi
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-8 | Mampu menerapkan metode ilmiah dan berpikir reflektif untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan bidang teknologi pendidikan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-9 | Mampu menghasilkan produk-produk kreatif bidang teknologi pendidikan yang edukatif dan memasarkan ke masyarakat pengguna
Dibebankan pada matakuliah: |
Profil Lulusan Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
- Pengembang Teknologi Pembelajaran
Sarjana S1 Pengembang Teknologi Pembelajaran dengan kemampuan memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, mengelola proses teknologi dan sumber daya
- Analis Pendidikan dan Pelatihan
Sarjana S1 Analis Pendidikan dan Pelatihan dengan kemampuan menganalisis proses dan sumber untuk memfasilitasi pendidikan, pelatihan dan meningkatkan kinerja
- Guru Multimedia/Animasi/Broadcast
Sarjana S1 Guru Multimedia/Animasi/Broadcast di SMK/MAK dengan kemampuan mengajar bidang keahlian multimedia/animasi di Sekolah Menengah Kejuruan
Struktur Kurikulum S1 Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Teknologi Pendidikan 2024--2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620302205
Ilmu Pendidikan
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
8620302058
Pendidikan Inklusif
2.00
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
8620320239
Teori Belajar Dan Pembelajaran
2.00
8620320237
Komunikasi Dan Desain Pesan Pembelajaran
3.00
8620320238
Media Pembelajaran
4.00
8620320236
Dasar Teknologi Pendidikan
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002003
Bahasa Indonesia
2.00
1000002018
Pancasila
2.00
8620304221
Pengembangan Media Visual
4.00
8620320241
Kajian Kurikulum
4.00
8620320242
Landasan Filosofis Pendidikan
2.00
8620320240
Desain Dan Strategi Pembelajaran
6.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620303186
Metodologi Penelitian
3.00
8620304090
Pengembangan Multimedia Interaktif
4.00
8620302204
Statistik Pendidikan
2.00
8620320244
Teknologi Kinerja
4.00
8620320245
Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran
3.00
1000002177
Bahasa Inggris
2.00
1000002033
Kewarganegaraan
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620302187
Keterampilan Mengajar Dan Pembelajaran Mikro
2.00
8620320248
Inovasi Pembelajaran Digital
4.00
1000002176
Kewirausahaan
2.00
8620320246
Pengembangan Media Audio Visual
6.00
8620320247
Animasi 2d & 3d
4.00
Semester ke 5
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (20 SKS)
- Paket Matakuliah Bela Negara (20 SKS)
- Paket Matakuliah Magang (20 SKS)
- Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (18 SKS)
- Paket Matakuliah Pertukaran Mahasiswa (20 SKS)
- Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (20 SKS)
- Paket Matakuliah Riset (20 SKS)
- Paket Matakuliah Studi Independen (20 SKS)
- Paket Matakuliah Wirausaha (20 SKS)
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620304297
Seminar Hasil Dan Publikasi Magang Praktik Industri
4.00
8620304304
Seminar Hasil Dan Publikasi Penelitian/Riset
4.00
8620304306
Seminar Hasil Dan Publikasi Program Bela Negara
4.00
8620304298
Seminar Hasil Dan Publikasi Program Mengajar Di Sekolah
4.00
8620304305
Seminar Hasil Dan Publikasi Program Pertukaran Pelajar
4.00
8620304302
Seminar Hasil Dan Publikasi Program Wirausaha
4.00
8620304299
Seminar Hasil Dan Publikasi Proyek Di Desa
4.00
8620304301
Seminar Hasil Dan Publikasi Proyek Independen
4.00
8620304300
Seminar Hasil Dan Publikasi Proyek Kemanusiaan
4.00
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620320279
Implementasi Program Mengajar Di Sekolah
4.00
1000020171
Perencanaan Program Asistensi Mengajar
2.00
8620320255
Analisis Program Mengajar Di Sekolah
4.00
8620320263
Desain Program Mengajar Di Sekolah
4.00
1000020113
Evaluasi Program Mengajar Di Sekolah
2.00
8620320290
Pengembangan Program Mengajar Di Sekolah
4.00
Matakuliah Bela Negara
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620320252
Analisis Program Bela Negara
4.00
8620320287
Pengembangan Program Bela Negara
4.00
1000020169
Perencanaan Program Bela Negara
2.00
8620320260
Desain Program Bela Negara
4.00
1000020148
Evaluasi Program Bela Negara
2.00
8620320277
Implementasi Program Bela Negara
4.00
Matakuliah Magang
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620320289
Pengembangan Program Magang Praktik Industri
4.00
8620320254
Analisis Program Magang Praktik Industri
4.00
8620320262
Desain Program Magang Praktik Industri
4.00
1000020108
Evaluasi Program Magang Praktik Industri
2.00
8620320278
Implementasi Program Magang Praktik Industri
4.00
1000020174
Perencanaan Program Magang
2.00
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620320296
Program Proyek Inovasi Pendidikan Dan Pelatihan Di Desa
4.00
8620320282
Implementasi Program Proyek Inovasi Pendidikan Dan Pelatihan Di Desa
4.00
8620320293
Pengembangan Program Proyek Inovasi Pendidikan Dan Pelatihan Di Desa
4.00
1000020175
Evaluasi Program Proyek Di Desa
2.00
8620320268
Perecaaan Proyek Di Desa
2.00
1000020168
Perencanaan Program Proyek Di Desa
2.00
Matakuliah Pertukaran Mahasiswa
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620320281
Implementasi Program Pertukaran Pelajar
4.00
8620320265
Desain Program Pertukaran Pelajar
4.00
8620320292
Pengembangan Program Pertukaran Pelajar
4.00
1000020170
Perencanaan Program Pertukaran Mahasiswa
2.00
8620320257
Analisis Program Pertukaran Pelajar
4.00
1000020138
Evaluasi Program Pertukaran Pelajar
2.00
Matakuliah Proyek Kemanusiaan
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620320294
Pengembangan Program Proyek Kemanusiaan
4.00
8620320266
Desain Program Proyek Kemanusiaan
4.00
8620320258
Analisis Program Proyek Kemanusiaan
4.00
1000020118
Evaluasi Program Proyek Kemanusiaan
2.00
1000020166
Perencanaan Program Proyek Kemanusiaan
2.00
8620320283
Implementasi Program Proyek Kemanusiaan
4.00
Matakuliah Riset
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620320280
Implementasi Program Penelitian Dan Riset
4.00
8620320291
Pengembangan Program Penelitian Dan Riset
4.00
8620320256
Analisis Program Penelitian Dan Riset
4.00
8620320264
Desain Program Penelitian Dan Riset
4.00
1000020133
Evaluasi Program Penelitian Dan Riset
2.00
1000020172
Perencanaan Program Riset
2.00
Matakuliah Studi Independen
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620320284
Implementasi Program Studi Dan Proyek Independen
4.00
8620320295
Pengembangan Program Studi Dan Proyek Independen
4.00
8620320259
Analisis Program Studi Dan Proyek Independen
4.00
8620320267
Desain Program Studi Dan Proyek Independen
4.00
1000020123
Evaluasi Program Studi Dan Proyek Independen
2.00
1000020173
Perencanaan Program Studi Independen
2.00
Matakuliah Wirausaha
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020167
Perencanaan Program Wirausaha
2.00
8620320286
Pameran Produk Kreatif
4.00
8620320288
Pengembangan Program Kewirausahaan
4.00
8620320253
Analisis Program Kewirausahaan
4.00
8620320261
Desain Program Kewirausahaan
4.00
1000020128
Evaluasi Program Kewirausahaan
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020151
Perencanaan Pembelajaran Smk
3.00
1000020149
Perancangan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp)
4.00
1000020154
Evaluasi Program Pengenalan Lapangan Persekolahan
2.00
1000020153
Implementasi Pembelajaran Smk
3.00
1000020152
Pengembangan Media Pembelajaran Smk
4.00
1000020150
Analisis Kurikulum Smk
3.00
1000020155
Seminar Tugas Akhir
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020159
Kepemimpinan Inklusi
2.00
1000020164
Internasional Conference
3.00
1000020156
Pembelajaran Emosi Dan Sosial
2.00
8620320249
Ai Dalam Pembelajaran
4.00
1000020161
Komunikasi Dan Kerja Tim
2.00
1000020165
National Conference
2.00
1000020158
Berpikir Kritis Dan Kreatif
2.00
1000020163
Communication Skills
2.00
1000020157
Manajemen Event Regional
2.00
1000020160
Empati Dan Kecerdasan Emosional
2.00
8620320251
Evaluasi Media Pembelajaran
4.00
8620320250
Inovasi Dan Difusi Pendidikan
4.00
1000020162
Softskills
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000004105
Tugas Akhir
4.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620302205 | Ilmu Pendidikan | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8620302058 | Pendidikan Inklusif | 2.00 | |
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 | |
8620320239 | Teori Belajar Dan Pembelajaran | 2.00 | |
8620320237 | Komunikasi Dan Desain Pesan Pembelajaran | 3.00 | |
8620320238 | Media Pembelajaran | 4.00 | |
8620320236 | Dasar Teknologi Pendidikan | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila | 2.00 | |
8620304221 | Pengembangan Media Visual | 4.00 | |
8620320241 | Kajian Kurikulum | 4.00 | |
8620320242 | Landasan Filosofis Pendidikan | 2.00 | |
8620320240 | Desain Dan Strategi Pembelajaran | 6.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620303186 | Metodologi Penelitian | 3.00 | |
8620304090 | Pengembangan Multimedia Interaktif | 4.00 | |
8620302204 | Statistik Pendidikan | 2.00 | |
8620320244 | Teknologi Kinerja | 4.00 | |
8620320245 | Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran | 3.00 | |
1000002177 | Bahasa Inggris | 2.00 | |
1000002033 | Kewarganegaraan | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620302187 | Keterampilan Mengajar Dan Pembelajaran Mikro | 2.00 | |
8620320248 | Inovasi Pembelajaran Digital | 4.00 | |
1000002176 | Kewirausahaan | 2.00 | |
8620320246 | Pengembangan Media Audio Visual | 6.00 | |
8620320247 | Animasi 2d & 3d | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620304297 | Seminar Hasil Dan Publikasi Magang Praktik Industri | 4.00 | |
8620304304 | Seminar Hasil Dan Publikasi Penelitian/Riset | 4.00 | |
8620304306 | Seminar Hasil Dan Publikasi Program Bela Negara | 4.00 | |
8620304298 | Seminar Hasil Dan Publikasi Program Mengajar Di Sekolah | 4.00 | |
8620304305 | Seminar Hasil Dan Publikasi Program Pertukaran Pelajar | 4.00 | |
8620304302 | Seminar Hasil Dan Publikasi Program Wirausaha | 4.00 | |
8620304299 | Seminar Hasil Dan Publikasi Proyek Di Desa | 4.00 | |
8620304301 | Seminar Hasil Dan Publikasi Proyek Independen | 4.00 | |
8620304300 | Seminar Hasil Dan Publikasi Proyek Kemanusiaan | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620320279 | Implementasi Program Mengajar Di Sekolah | 4.00 | |
1000020171 | Perencanaan Program Asistensi Mengajar | 2.00 | |
8620320255 | Analisis Program Mengajar Di Sekolah | 4.00 | |
8620320263 | Desain Program Mengajar Di Sekolah | 4.00 | |
1000020113 | Evaluasi Program Mengajar Di Sekolah | 2.00 | |
8620320290 | Pengembangan Program Mengajar Di Sekolah | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620320252 | Analisis Program Bela Negara | 4.00 | |
8620320287 | Pengembangan Program Bela Negara | 4.00 | |
1000020169 | Perencanaan Program Bela Negara | 2.00 | |
8620320260 | Desain Program Bela Negara | 4.00 | |
1000020148 | Evaluasi Program Bela Negara | 2.00 | |
8620320277 | Implementasi Program Bela Negara | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620320289 | Pengembangan Program Magang Praktik Industri | 4.00 | |
8620320254 | Analisis Program Magang Praktik Industri | 4.00 | |
8620320262 | Desain Program Magang Praktik Industri | 4.00 | |
1000020108 | Evaluasi Program Magang Praktik Industri | 2.00 | |
8620320278 | Implementasi Program Magang Praktik Industri | 4.00 | |
1000020174 | Perencanaan Program Magang | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620320296 | Program Proyek Inovasi Pendidikan Dan Pelatihan Di Desa | 4.00 | |
8620320282 | Implementasi Program Proyek Inovasi Pendidikan Dan Pelatihan Di Desa | 4.00 | |
8620320293 | Pengembangan Program Proyek Inovasi Pendidikan Dan Pelatihan Di Desa | 4.00 | |
1000020175 | Evaluasi Program Proyek Di Desa | 2.00 | |
8620320268 | Perecaaan Proyek Di Desa | 2.00 | |
1000020168 | Perencanaan Program Proyek Di Desa | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620320281 | Implementasi Program Pertukaran Pelajar | 4.00 | |
8620320265 | Desain Program Pertukaran Pelajar | 4.00 | |
8620320292 | Pengembangan Program Pertukaran Pelajar | 4.00 | |
1000020170 | Perencanaan Program Pertukaran Mahasiswa | 2.00 | |
8620320257 | Analisis Program Pertukaran Pelajar | 4.00 | |
1000020138 | Evaluasi Program Pertukaran Pelajar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620320294 | Pengembangan Program Proyek Kemanusiaan | 4.00 | |
8620320266 | Desain Program Proyek Kemanusiaan | 4.00 | |
8620320258 | Analisis Program Proyek Kemanusiaan | 4.00 | |
1000020118 | Evaluasi Program Proyek Kemanusiaan | 2.00 | |
1000020166 | Perencanaan Program Proyek Kemanusiaan | 2.00 | |
8620320283 | Implementasi Program Proyek Kemanusiaan | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620320280 | Implementasi Program Penelitian Dan Riset | 4.00 | |
8620320291 | Pengembangan Program Penelitian Dan Riset | 4.00 | |
8620320256 | Analisis Program Penelitian Dan Riset | 4.00 | |
8620320264 | Desain Program Penelitian Dan Riset | 4.00 | |
1000020133 | Evaluasi Program Penelitian Dan Riset | 2.00 | |
1000020172 | Perencanaan Program Riset | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620320284 | Implementasi Program Studi Dan Proyek Independen | 4.00 | |
8620320295 | Pengembangan Program Studi Dan Proyek Independen | 4.00 | |
8620320259 | Analisis Program Studi Dan Proyek Independen | 4.00 | |
8620320267 | Desain Program Studi Dan Proyek Independen | 4.00 | |
1000020123 | Evaluasi Program Studi Dan Proyek Independen | 2.00 | |
1000020173 | Perencanaan Program Studi Independen | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020167 | Perencanaan Program Wirausaha | 2.00 | |
8620320286 | Pameran Produk Kreatif | 4.00 | |
8620320288 | Pengembangan Program Kewirausahaan | 4.00 | |
8620320253 | Analisis Program Kewirausahaan | 4.00 | |
8620320261 | Desain Program Kewirausahaan | 4.00 | |
1000020128 | Evaluasi Program Kewirausahaan | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020151 | Perencanaan Pembelajaran Smk | 3.00 | |
1000020149 | Perancangan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) | 4.00 | |
1000020154 | Evaluasi Program Pengenalan Lapangan Persekolahan | 2.00 | |
1000020153 | Implementasi Pembelajaran Smk | 3.00 | |
1000020152 | Pengembangan Media Pembelajaran Smk | 4.00 | |
1000020150 | Analisis Kurikulum Smk | 3.00 | |
1000020155 | Seminar Tugas Akhir | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020159 | Kepemimpinan Inklusi | 2.00 | |
1000020164 | Internasional Conference | 3.00 | |
1000020156 | Pembelajaran Emosi Dan Sosial | 2.00 | |
8620320249 | Ai Dalam Pembelajaran | 4.00 | |
1000020161 | Komunikasi Dan Kerja Tim | 2.00 | |
1000020165 | National Conference | 2.00 | |
1000020158 | Berpikir Kritis Dan Kreatif | 2.00 | |
1000020163 | Communication Skills | 2.00 | |
1000020157 | Manajemen Event Regional | 2.00 | |
1000020160 | Empati Dan Kecerdasan Emosional | 2.00 | |
8620320251 | Evaluasi Media Pembelajaran | 4.00 | |
8620320250 | Inovasi Dan Difusi Pendidikan | 4.00 | |
1000020162 | Softskills | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000004105 | Tugas Akhir | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum berjalan (on going curriculum) dilakukan secara berkala di prodi TP untuk mengidentifikasi informasi terkait pelaksanaan kurikulum berjalan dan memperbaiki kurikulum diantaranya melaluiforum workshop atau lokakarya kurikulumbaik di level prodi maupun di level asosiasi. Evaluasi dilakukan setiap tahun dan restrukturisasi dilakukan setiap 5 tahun.
Hasil Penilaian CPL tahun 2023 yang ditampilkan pada table 1.1.
Penilaian CPL dikategorikan sangat baik, baik, memuaskan dan gagal. Yang dimaksud dengan kategori sangat baik dan baik bahwa pencapaian CPL berhasil. Kategori memuaskan dan Gagal berarti pencapaian CPL tidak berhasil. Berdasarkan hasil penilaian CPL pada tabel, secara umum seluruh CPL sudah dicapai. Tergambarkan bahwa CPL 1 – 8 mempunyai persentase sangat baik dan baik tertinggi. Paling atas Prestasi dalam kategori sangat baik adalah CPL 2 dengan jumlah 74%. Angka ini merupakan hasil upaya dari program studi dalam menerapkan metode pengajaran dan berbagai referensi. Selanjutnya ditemukan bahwa capaian CPL 5 pada kategori “gagal”. 11%. angka ini lebih tinggi dibandingkan CPL lainnya. Namun kategori ini tidak menunjukkan kegagalan dalam mencapai CPL. Itu penyebab belum tercapainya CPL 5 masih rendah dikarenakan kemampuan dan kecepatan belajar setiap siswa berbeda-beda. Upaya yang dilakukan prodi S1 TP memperlancar waktu belajar mandiri dan fasilitas yang memadai.
Evaluasi kurikulum menyeluruh dilakukan pada tahun 2020 saat kebijakan MBKM diberlakukan. Hasil lokakarya kurikulum bersama stake holder, BKD Provinsi Jawa Timur, Dinas Pendidikan, PT Ajinomoto dan alumni yang berprofesisi sebagai guru SMK pada tanggal 16 Juni 2023 diadapatkan hasil diantaranya adanya penyesuaian profil lulusan, implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka dengan program belajar di luar kampus selama dua semester. Penyesuaian beberapa mata kuliah sebagai upaya mendukung visi keilmuan prodi dan visi lembaga. Pengembangan kurikulum S1 program Studi Teknologi Pendidikan didasarkan pada evaluasikurikulum sebelumnya sehingga perlu dikembangkannya K2024 S1 TP yang berlaku sejak tahun 2024 hingga 2029. Beberapa pertimbangan yang dijadikan pijakan pengembangan kurikulumini, adalah sebagai berikut:
- Paradigma baru teknologi pendidikan, yang mendiskripsikan bahwa teknologi pendidikan adalah teori dan praktek untuk menfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja melalui penciptaan, penggelolaan, penggunaan proses, dan sumber daya yang sesuai. Perubahan paradima TP ini membawa implikasi pada beberapa perubahan, yakni (1) kajian teknologi pendidikan, (2) bidang garapan teknologi pendidikan, (3) domain teknologi pendidikan, (4) model dan media pembelajaran yang digunakan untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja, dan (5) profil lulusanprogram sudi teknologipendidikan baik pada jenjang S1, S2, maupunS3.
- Menyesuaikan Standar AECT yang baru, tahun 2012, yang meliputi5 standar, yakni content knowledge, content pedagogy, learning environments, professional knowledge and skills,and research.
- Memenuhi tuntutankurikulum MBKM, memberikan kesempatan belajar diluarkampus untuk membekalikompetensi lulusan.
- Menyesuikan konteks kehidupan era revolusi industry 4.0, yakni suatu era industri yang seluruh entitas di dalamnya dapat saling berkomunikasi secara real time kapan saja dengan berlandaskan pemanfaatan teknologi internet dan creative problem solving guna mencapai tujuan tercapainya kreasi nilai baru.
- Tracer Study merupakan upaya pelacakan dan perekaman data kinerja lulusan dilakukan melalui kegiatan Tracer Study terhadap alumni, pengguna lulusan (user) serta stakeholder atau pemangku kepentingan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh data yang terukur, terarah, dan terorganisir berupa (a) informasi dari alumni mengenai perkembangan kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja untuk bahan perbaikan kurikulum; (b) informasitentang hal-hal positifdalam penerapan kurikulumdi Prodi TP FIP Unesayang perlu dipertahankan; (c) memperoleh data alumni Unesaseperti tempat kerja,bidang kerja, waktutunggu memperoleh pekerjaan; serta(d) informasi dari pengguna lulusan tentang kualitas lulusan (kinerja, penguasaan, dan keterampilan yang perlu ditingkatkan). Melalui penggalian serta pemanfaatan data informasi secara rutin dan berkelanjutan, diharapkan Prodi TP FIP Unesa dapat memperoleh informasi yang akurat mengenaikondisi otentik berupa kualitas kompetensi/ kemampuan lulusan pada dunia kerja sekaligus tanggapan, kebutuhan dan harapanpara pengguna lulusanbeserta stakeholder terhadap kualitasyang telah, sedangdan akan dihasilkan.
- Data Hasil Tracer Study S1 Teknologi Pendidikan Tahun 2023 dengan jumlah responden alumni 82 orang sebagai berikut:
No | Standar | Indikator Kinerja | Capaian |
1 | Standar program studi memiliki lulusan yang bermutu baik (standar 26) | Persentase mahasiswa yang lulus tepat waktu minimal 50% | 85% |
2 | Standar program studi memiliki lulusan yang bermutu baik (standar 26) | Rata-rata indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa sarjana minimal 3,25, minimal 3.50 magister, dan doktoral serta profesi | 90% |
3 | Standar alumni kebijakan pelaksanaan tracer studi (standar 26) | Profil lulusan yang memiliki kesesuaian bidang kerja dengan bidang studi | 95% |
4 | Standar alumni kebijakan pelaksanaan tracer studi (standar 26) | lama waktu tunggu lulusan | (1) waktu tunggu < 6 bulan 93,2%; (2) waktu tunggu 6- 18 bulan 6,8% |
5 | Standar alumni kebijakan pelaksanaan trecer studi (standar 26) | rata-rata lulusan mendapatkan pekerjaan pertama | 97% |
Hasil tracer study tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar lulusan S1 TP memiliki standar yang bermutu. Namun, persentase mahasiswa yang lulus tepat waktu perlu ditingkatkan. Di samping hasil tracer study, User Survey pada level universitas juga digunakan sebagai bagian dari evaluasi program studi. Adapun saran pengguna lulusan secara umum disajikan pada Tabel 1.2
Rekap CPL Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | |||
Pengembangan Media Foto | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||||
Pengembangan Media Audio/radio | 4 | 25% | 37.5% | 25% | 12.5% | 100 % | |||||
ANIMASI 2 DIMENSI DAN 3 DIMENSI | 4 | 14.29% | 23.81% | 9.52% | 9.52% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 100 % | ||
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi | 4 | 20% | 40% | 40% | 100 % | ||||||
Pendidikan Inklusif | 2 | 20% | 20% | 40% | 20% | 100 % | |||||
Desain Pesan | 2 | 12.5% | 37.5% | 50% | 100 % | ||||||
Teknologi Kinerja | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Belajar | 2 | 18.18% | 36.36% | 9.09% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | |||
KOMUNIKASI PEMBELAJARAN | 2 | 50% | 25% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||||
Metodologi Penelitian | 3 | 21.43% | 14.29% | 7.14% | 28.57% | 7.14% | 21.43% | 100 % | |||
DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN | 4 | 26.32% | 21.05% | 10.53% | 10.53% | 5.26% | 21.05% | 5.26% | 100 % | ||
Pengembangan Media Video/Televisi | 4 | 75% | 25% | 100 % | |||||||
Komunikasi dan Desain Pesan Pembelajaran | 3 | 20% | 30% | 30% | 20% | 100 % | |||||
Media Pembelajaran | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Teori Belajar dan Pembelajaran | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Program Studi Teknologi Pendidikan Kurikulum TP mengacu pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 tahun 2020 kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi. Kurikulum TP UNESA didasarkan pada pendekatan humanisme dan konstruktivisme dengan pembelajaran berbasis pengalaman, keanekaragaman dan inklusi, serta kolaborasi dan komunikasi. Kurikulum ini mengakui nilai-nilai, potensi, dan keunikan setiap individu dalam upaya mengembangkan kualitas manusia secara inklusif. Pendekatan tersebut diterapkan untuk memastikan bahwa semua latar belakang sosial, etnis, atau kondisi khusus, memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan berkualitas. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Teknologi Pendidikan Berdasarkan asosiasi nasional Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APSTPI) dan internasional Association Education, Communication and technology (AECT). Landasan Filosofis, Pedagogis, Psikologis, dan Yuridis
Kurikulum Program Studi S1-Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Surabaya dikembangkan dengan menggunakan landasan yang menjadi dasar pijakan dalam mengembangkan capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi. Landasan tersebut adalah a) Landasan Filosofis, b) Landasan Sosiologis, c) Landasan Psikologis, d) Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dan e) Landasan Yuridis.
Landasan Filosofi
Kurikulum dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan dari berbagai sumber yang diselaraskan dengan filosofis yang menjadi akar dan diyakini kebenarannya sebagai dasar pengembangan kurikulum. Landasan filosofis dalam pengembangan kurikulim prodi S1 Teknologi Pendidikan FIP Unesa adalah Pancasila yang merupakan pandangan hidup berbangsa dan bernegara, sehingga pencapaian pendidikan program studi tentu diarahkan pada pencapaian dalam berbangsa dan bernegara. Selain itu Pancasila merupakan refleksi budaya luhur bangsa Indonesia yang dijadikan pedoman oleh tokoh pendidikan Indonesia seperti Ki Hajar Dewantara.
Berbagai pandangan tentang filosofi dalam pendidikan dan pembelajaran perlu diakomodasikan dalam landasan pengembangan kurikulum prodi baik itu yang bersifat idealisme, maupun pragmatisme dengan tujuan memperkaya landasan dalam pencapaian tujuan. Karena secara prinsip pendidikan dan pembelajaran tidak hanya terkait masalah substansi subject academic namun juga terkait dengan segala implementasi dalam berbagai dimensi seperti aspek pribadi, sosial dan religi. Untuk mendukung pencapaian tujuan berupa profil lulusan maka penguasaan teori dan praktik dengan menerapkan aspek humanistik yang kolaboratif, maka perlu tercermin pelaksanaan perkuliahan di kelas yang kondusif. Landasan filosofis, memberikan pedoman secara filosofis pada tahap perancangan, pelaksanaan dan peningkatan kualitas pendidikan (Ornstein & Hunkins, 2014).
Landasan Sosiologi
Kurikulum merupakan cermin dari kehidupan masyarakat yang saling berinteraksi dan membentuk komunitas kehidupan yang kompleks sebagai masyarakat sosial. Oleh karena itu dalam proses pengembangan kurikulum perlu memperhatikan aspek sosiologis yang diangkat dari kehidupan masyarakat. Masyarakat Indonesia yang berlandaskan filosofi Pancasila dikenal sebagai masyarakat majemuk yang terdiri dari beragam suku, adat dan bahasa namun mempunyai cita-cita ke arah yang sama selanjutnya dicerminkan dalam Bhineka Tunggal Ika. Hal ini juga sangat sesuai dengan perkembangan ilmu pendidikan dari behavioristik menuju ke konektivistik yang artinya memahami keragaman dan kebutuhan individu yang berbeda. Implementasi aspek sosiologis ini tertuang dalam pelaksanaan perkuliahan dengan memperhatikan aspek gotong royong dalam berbagai perbedaan dan kepentingan untuk menuju pada kelulusan mahasiswa pascasarjana. Semangat ini juga telah diwariskan oleh para pendahulu bangsa yang memang didirikan dari keberagaman yang menyatu. Aspek social dan budaya perlu dipahami sebagai bagian dari pengetahuan kelompok (group knowledge) (Roos, 1963:85).
Landasan Psikologi
Subjek kurikulum adalah pebelajar yang memiliki aspek psikologi yang kuat. Sebagai salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang diberikan pikiran dan perasaan tentu aspek psikologi dalam perlaksanaan perkuliahan dalam rangka memberikan pengalaman belajar yang optimal harus diperhatikan.
Landasan psikologi yang perlu diperhatikan tersebut terdiri dari aspek kebutuhan (need), motivasi, perkembangan, pertumbuhan kognitif dan social serta kematangan intelektual. Hal ini harus mampu diakomodasi dalam bentuk penyusunan rangkaian pengalaman belajar yang menyediakan kesempatan untuk muncul dan berperannya sapek psikologis tersebut. Kutikulum harus mampu menyebabkan mahasiswa berpikir kritis dan berpikir tingkat tinggi serta melakukan penalaran tingkat tinggi, kurikulum yang mampu mengoptiomalkan pengembangan potensi mahasiswa menjadi manusia seutuhkan dan terpenuhinya kebutuhan fisik dan psikis.
Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Perkembangan era industry 4.0 dan sedang meluncur deras menuju 5.0 tentu berpengaruh terhadap penyusunan kurikulum, misalnya tentang pemikiran post modern yang melahirkan pemikir-pemikir futuristik dalam melahirkan peradaban baru umat manusia yang semakin kencang dalam memudahkan dan membuat nyaman kehidupan manusia selanjutnya.
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan perlu pula dimanfaatkan baik sebagai proses dan sumber belajar dalam sebuah system pembelajaran yang menyeluruh dan bukan sekedar sebagai alat (tools). Hal ini menuntut Implementasi kurikulum mampu mengakomodasi perkembangan dunia maya (cyber) untuk dimanfaatkan baik dalam menyusun rancangan pembelajaran untuk memperoleh pengalaman belajar yang optimal atau juga memanfaatkannya sebagai sumber belajar yang tidak terbatas.
Landasan Yuridis
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014, Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2017 Tentang Pendidikan Standar Guru.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional, Perguruan Tinggi.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditas Program Studi dan Perguruan Tinggi.
- Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2017 Tentang Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajara
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved