Matakuliah ini mengkaji tentang prinsip-prinsip desain pesan, macam-macam simbol pesan (visual, audio, audio-visual) dan bagaimana merancang pesan agar pesan dapat diterima sesuai dengan tujuan dan menghasilkan perubahan perilaku yang ditentukan.
CPL Program Studi pada MK
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-5 Mampu menguasai konsep teoritis desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi di bidang kurikulum dan teknologi pendidikan
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu memahami konsep, struktur dan materi pada keilmuan desain pesan yang berkaitan dengan komunikasi pembelajaran sebagai pengembang Teknologi Pembelajaran, Analisis Pendidikan dan Pelatihan.
CPMK-2 Mahasiswa mampu menganalisis suatu masalah berdasarkan metode studi kasus (case method) atau pembelajaran berbasis proyek (team-based project) yang berkaitan dengan komunikasi pembelajaran dalam bidang teknologi pendidikan, dengan mengedepankan desain pesan.
CPMK-3 Mahasiswa mampu mengaplikasikan teknologi dan informasi dalam pemecahan masalah bidang teknologi pendidikan yang berkaitan dengan komunikasi pembelajaran dan pendidikan inklusi berbasis digital dan kearifan local.
CPMK-4 Mahasiswa memiliki rasa tanggung jawab serta sikap ilmiah, kritis dan inovatif dalam mengkaji desain pesan sebagai pengembang Teknologi Pendidikan dan Analis Pendidikan/Pelatihan secara profesional.