Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Unesa
Study Program | : | Curriculum and Educational Technology |
Establishment Date | : | 7 November 1996 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mengembangkan Pendidikan dalam keilmuan Teknologi Pendidikan yang unggul, berdaya saing dan berjiwa edutechnopreneurship di tingkat nasional dan global di tahun 2034Misi
- 1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang keilmuan Teknologi Pendidikan yang berjiwa edutechnopreneurship.
- 2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang inovatif di bidang Teknologi Pendidikan yang berjiwa edutechnopreneurship.
- 3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di Teknologi Pendidikan yang berjiwa yang berjiwa edutechnopreneurship bagi kesejahteraan masyarakat;
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang mampu menunjukkan pengetahuan yang diperlukan untuk membuat, menggunakan, menilai, dan mengelola aplikasi teoritis dan praktis dari teknologi dan proses pendidikan.
- Menghasilkan lulusan yang mampu berkembang sebagai praktisi reflektif yang mampu mendemonstrasikan implementasi yang efektif dari teknologi dan proses pendidikan berdasarkan konten dan pedagogi kontemporer.
- Menghasilkan lulusan yang mampu memfasilitasi pembelajaran dengan menciptakan, menggunakan, mengevaluasi, dan mengelola lingkungan belajar yang efektif
- Menghasilkan lulusan yang mampu merancang, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi lingkungan belajar yang kaya teknologi dalam komunitas praktik yang mendukung.
- Menghasilkan lulusan yang mampu menjelajahi, mengevaluasi, menyintesis, dan menerapkan metode inkuiri untuk meningkatkan pembelajaran dan meningkatkan kinerja.
Capaian Lulusan Program Studi Curriculum and Educational Technology
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Mampu menguasai konsep teoritis desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi di bidang kurikulum dan teknologi pendidikan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran desain komunikasi visual, , animasi, broadcasting , dan informatika
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Mampu menerapkan kaidah ilmiah untuk menghasilkan desain, media, teknologi, serta evaluasi pembelajaran dan program pelatihan berbasis teknologi informasi dan komunikasi
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Mampu menerapkan metode ilmiah dan berpikir reflektif untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan bidang teknologi pendidikan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Mampu menghasilkan produk-produk kreatif bidang teknologi pendidikan yang edukatif dan memasarkan ke masyarakat pengguna
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Curriculum and Educational Technology
Universitas Negeri Surabaya
- Pengembang Teknologi Pembelajaran
Sarjana S1 Pengembang Teknologi Pembelajaran dengan kemampuan memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, mengelola proses teknologi dan sumber daya
- Analis Pendidikan dan Pelatihan
Sarjana S1 Analis Pendidikan dan Pelatihan dengan kemampuan menganalisis proses dan sumber untuk memfasilitasi pendidikan, pelatihan dan meningkatkan kinerja
- Guru Multimedia/Animasi/Broadcast
Sarjana S1 Guru Multimedia/Animasi/Broadcast di SMK/MAK dengan kemampuan mengajar bidang keahlian multimedia/animasi di Sekolah Menengah Kejuruan
Struktur Kurikulum Curriculum and Educational Technology
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Teknologi Pendidikan 2024--2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620302205
Science Education
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
8620302058
Pendidikan Inklusif
2.00
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
8620320239
Learning And Learning Theory
2.00
8620320237
Communication And Learning Message Design
3.00
8620320238
Instructional Media
4.00
8620320236
Basics Of Educational Technology
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002003
Indonesian
2.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
8620304221
Visual Media Development
4.00
8620320241
Curriculum Studies
4.00
8620320242
Philosophical Foundations Of Education
2.00
8620320240
Learning Design And Strategy
6.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620303186
Research Methodology
3.00
8620304090
Interactive Multimedia Development
4.00
8620302204
Statistik Pendidikan
2.00
8620320244
Performance Technology
4.00
8620320245
Evaluation Of Learning And Learning
3.00
1000002177
English
2.00
1000002033
Citizenship
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620302187
Teaching Skills And Microlearning
2.00
8620320248
Digital Learning Innovation
4.00
1000002176
Entrepreneurship
2.00
8620320246
Audio Visual Media Development
6.00
8620320247
2d 3d Animation
4.00
Semester ke 5
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (20 SKS)
- Paket Matakuliah Bela Negara (20 SKS)
- Paket Matakuliah Magang (20 SKS)
- Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (18 SKS)
- Paket Matakuliah Pertukaran Mahasiswa (20 SKS)
- Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (20 SKS)
- Paket Matakuliah Riset (20 SKS)
- Paket Matakuliah Studi Independen (20 SKS)
- Paket Matakuliah Wirausaha (20 SKS)
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620304297
Seminar On Industrial Practice Internship Results And Publications
4.00
8620304304
Seminar On Research Results And Publications
4.00
8620304306
Seminar On Results And Publication Of The National Defense Program
4.00
8620304298
Seminar On Results And Publication Of Teaching Programs In Schools
4.00
8620304305
Seminar On Student Exchange Program Results And Publications
4.00
8620304302
Seminar On Entrepreneurship Program Results And Publications
4.00
8620304299
Seminar On Project Results And Publication In The Village
4.00
8620304301
Seminar On Results And Publication Of Independent Projects
4.00
8620304300
Seminar On Results And Publications Of Humanitarian Projects
4.00
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620320279
Implementation Of Teaching Programs In Schools
4.00
1000020171
Teaching Assistance Program Planning
2.00
8620320255
Analysis Of Teaching Programs In Schools
4.00
8620320263
Design Of Teaching Programs In Schools
4.00
1000020113
Evaluation Of Teaching Programs In Schools
2.00
8620320290
Development Of Teaching Programs In Schools
4.00
Matakuliah Bela Negara
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620320252
Analysis Of The National Defense Program
4.00
8620320287
Development Of The National Defense Program
4.00
1000020169
National Defense Program Planning
2.00
8620320260
National Defense Program Design
4.00
1000020148
Evaluation Of The National Defense Program
2.00
8620320277
Implementation Of The National Defense Program
4.00
Matakuliah Magang
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620320289
Development Of Industrial Practical Internship Program
4.00
8620320254
Analysis Of Industrial Practical Internship Programs
4.00
8620320262
Industrial Practical Internship Program Design
4.00
1000020108
Evaluation Of The Industrial Practical Internship Program
2.00
8620320278
Implementation Of The Industrial Practical Internship Program
4.00
1000020174
Internship Program Planning
2.00
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620320296
Education And Training Innovation Project Program In Villages
4.00
8620320282
Implementation Of Education And Training Innovation Project Programs In Villages
4.00
8620320293
Development Of Education And Training Innovation Project Programs In Villages
4.00
1000020175
Evaluation Of Project Programs In Villages
2.00
8620320268
Design Of Education And Training Innovation Projects In Villages
2.00
1000020168
Project Program Planning In The Village
2.00
Matakuliah Pertukaran Mahasiswa
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620320281
Implementation Of The Student Exchange Program
4.00
8620320265
Student Exchange Program Design
4.00
8620320292
Development Of Student Exchange Programs
4.00
1000020170
Student Exchange Program Planning
2.00
8620320257
Analysis Of Student Exchange Programs
4.00
1000020138
Evaluation Of Student Exchange Programs
2.00
Matakuliah Proyek Kemanusiaan
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620320294
Humanitarian Project Program Development
4.00
8620320266
Humanitarian Project Program Design
4.00
8620320258
Humanitarian Project Program Analysis
4.00
1000020118
Humanitarian Project Program Evaluation
2.00
1000020166
Humanitarian Project Program Planning
2.00
8620320283
Implementation Of The Humanitarian Project Program
4.00
Matakuliah Riset
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620320280
Implementation Of Research And Research Programs
4.00
8620320291
Development Of Research And Research Programs
4.00
8620320256
Research And Research Program Analysis
4.00
8620320264
Research And Research Program Design
4.00
1000020133
Evaluation Of Research And Research Programs
2.00
1000020172
Research Program Planning
2.00
Matakuliah Studi Independen
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620320284
Implementation Of Study Programs And Independent Projects
4.00
8620320295
Development Of Independent Study Programs And Projects
4.00
8620320259
Analysis Of Study Programs And Independent Projects
4.00
8620320267
Design Of Study Programs And Independent Projects
4.00
1000020123
Evaluation Of Independent Study Programs And Projects
2.00
1000020173
Independent Study Program Planning
2.00
Matakuliah Wirausaha
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020167
Entrepreneurship Program Planning
2.00
8620320286
Creative Product Exhibition
4.00
8620320288
Entrepreneurship Program Development
4.00
8620320253
Entrepreneurship Program Analysis
4.00
8620320261
Entrepreneurship Program Design
4.00
1000020128
Evaluation Of Entrepreneurship Programs
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020151
Vocational School Learning Planning
3.00
1000020149
Designing A School Field Introduction Program
4.00
1000020154
Evaluation Of The School Field Introduction Program
2.00
1000020153
Implementation Of Vocational School Learning
3.00
1000020152
Development Of Vocational School Learning Media
4.00
1000020150
Vocational School Curriculum Analysis
3.00
1000020155
Final Project Seminar
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020159
Inclusive Leadership
2.00
1000020164
International Conference
3.00
1000020156
Emotional And Social Learning
2.00
8620320249
Ai In Learning
4.00
1000020161
Communication And Teamwork
2.00
1000020165
National Conference
2.00
1000020158
Critical And Creative Thinking
2.00
1000020163
Communication Skills
2.00
1000020157
Event Management
2.00
1000020160
Empathy And Emotional Intelligence
2.00
8620320251
Evaluation Of Learning Media
4.00
8620320250
Educational Innovation And Diffusion
4.00
1000020162
Soft Skills
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000004105
Thesis
4.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620302205 | Science Education | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8620302058 | Pendidikan Inklusif | 2.00 | |
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 | |
8620320239 | Learning And Learning Theory | 2.00 | |
8620320237 | Communication And Learning Message Design | 3.00 | |
8620320238 | Instructional Media | 4.00 | |
8620320236 | Basics Of Educational Technology | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
8620304221 | Visual Media Development | 4.00 | |
8620320241 | Curriculum Studies | 4.00 | |
8620320242 | Philosophical Foundations Of Education | 2.00 | |
8620320240 | Learning Design And Strategy | 6.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620303186 | Research Methodology | 3.00 | |
8620304090 | Interactive Multimedia Development | 4.00 | |
8620302204 | Statistik Pendidikan | 2.00 | |
8620320244 | Performance Technology | 4.00 | |
8620320245 | Evaluation Of Learning And Learning | 3.00 | |
1000002177 | English | 2.00 | |
1000002033 | Citizenship | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620302187 | Teaching Skills And Microlearning | 2.00 | |
8620320248 | Digital Learning Innovation | 4.00 | |
1000002176 | Entrepreneurship | 2.00 | |
8620320246 | Audio Visual Media Development | 6.00 | |
8620320247 | 2d 3d Animation | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620304297 | Seminar On Industrial Practice Internship Results And Publications | 4.00 | |
8620304304 | Seminar On Research Results And Publications | 4.00 | |
8620304306 | Seminar On Results And Publication Of The National Defense Program | 4.00 | |
8620304298 | Seminar On Results And Publication Of Teaching Programs In Schools | 4.00 | |
8620304305 | Seminar On Student Exchange Program Results And Publications | 4.00 | |
8620304302 | Seminar On Entrepreneurship Program Results And Publications | 4.00 | |
8620304299 | Seminar On Project Results And Publication In The Village | 4.00 | |
8620304301 | Seminar On Results And Publication Of Independent Projects | 4.00 | |
8620304300 | Seminar On Results And Publications Of Humanitarian Projects | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620320279 | Implementation Of Teaching Programs In Schools | 4.00 | |
1000020171 | Teaching Assistance Program Planning | 2.00 | |
8620320255 | Analysis Of Teaching Programs In Schools | 4.00 | |
8620320263 | Design Of Teaching Programs In Schools | 4.00 | |
1000020113 | Evaluation Of Teaching Programs In Schools | 2.00 | |
8620320290 | Development Of Teaching Programs In Schools | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620320252 | Analysis Of The National Defense Program | 4.00 | |
8620320287 | Development Of The National Defense Program | 4.00 | |
1000020169 | National Defense Program Planning | 2.00 | |
8620320260 | National Defense Program Design | 4.00 | |
1000020148 | Evaluation Of The National Defense Program | 2.00 | |
8620320277 | Implementation Of The National Defense Program | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620320289 | Development Of Industrial Practical Internship Program | 4.00 | |
8620320254 | Analysis Of Industrial Practical Internship Programs | 4.00 | |
8620320262 | Industrial Practical Internship Program Design | 4.00 | |
1000020108 | Evaluation Of The Industrial Practical Internship Program | 2.00 | |
8620320278 | Implementation Of The Industrial Practical Internship Program | 4.00 | |
1000020174 | Internship Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620320296 | Education And Training Innovation Project Program In Villages | 4.00 | |
8620320282 | Implementation Of Education And Training Innovation Project Programs In Villages | 4.00 | |
8620320293 | Development Of Education And Training Innovation Project Programs In Villages | 4.00 | |
1000020175 | Evaluation Of Project Programs In Villages | 2.00 | |
8620320268 | Design Of Education And Training Innovation Projects In Villages | 2.00 | |
1000020168 | Project Program Planning In The Village | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620320281 | Implementation Of The Student Exchange Program | 4.00 | |
8620320265 | Student Exchange Program Design | 4.00 | |
8620320292 | Development Of Student Exchange Programs | 4.00 | |
1000020170 | Student Exchange Program Planning | 2.00 | |
8620320257 | Analysis Of Student Exchange Programs | 4.00 | |
1000020138 | Evaluation Of Student Exchange Programs | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620320294 | Humanitarian Project Program Development | 4.00 | |
8620320266 | Humanitarian Project Program Design | 4.00 | |
8620320258 | Humanitarian Project Program Analysis | 4.00 | |
1000020118 | Humanitarian Project Program Evaluation | 2.00 | |
1000020166 | Humanitarian Project Program Planning | 2.00 | |
8620320283 | Implementation Of The Humanitarian Project Program | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620320280 | Implementation Of Research And Research Programs | 4.00 | |
8620320291 | Development Of Research And Research Programs | 4.00 | |
8620320256 | Research And Research Program Analysis | 4.00 | |
8620320264 | Research And Research Program Design | 4.00 | |
1000020133 | Evaluation Of Research And Research Programs | 2.00 | |
1000020172 | Research Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620320284 | Implementation Of Study Programs And Independent Projects | 4.00 | |
8620320295 | Development Of Independent Study Programs And Projects | 4.00 | |
8620320259 | Analysis Of Study Programs And Independent Projects | 4.00 | |
8620320267 | Design Of Study Programs And Independent Projects | 4.00 | |
1000020123 | Evaluation Of Independent Study Programs And Projects | 2.00 | |
1000020173 | Independent Study Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020167 | Entrepreneurship Program Planning | 2.00 | |
8620320286 | Creative Product Exhibition | 4.00 | |
8620320288 | Entrepreneurship Program Development | 4.00 | |
8620320253 | Entrepreneurship Program Analysis | 4.00 | |
8620320261 | Entrepreneurship Program Design | 4.00 | |
1000020128 | Evaluation Of Entrepreneurship Programs | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020151 | Vocational School Learning Planning | 3.00 | |
1000020149 | Designing A School Field Introduction Program | 4.00 | |
1000020154 | Evaluation Of The School Field Introduction Program | 2.00 | |
1000020153 | Implementation Of Vocational School Learning | 3.00 | |
1000020152 | Development Of Vocational School Learning Media | 4.00 | |
1000020150 | Vocational School Curriculum Analysis | 3.00 | |
1000020155 | Final Project Seminar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020159 | Inclusive Leadership | 2.00 | |
1000020164 | International Conference | 3.00 | |
1000020156 | Emotional And Social Learning | 2.00 | |
8620320249 | Ai In Learning | 4.00 | |
1000020161 | Communication And Teamwork | 2.00 | |
1000020165 | National Conference | 2.00 | |
1000020158 | Critical And Creative Thinking | 2.00 | |
1000020163 | Communication Skills | 2.00 | |
1000020157 | Event Management | 2.00 | |
1000020160 | Empathy And Emotional Intelligence | 2.00 | |
8620320251 | Evaluation Of Learning Media | 4.00 | |
8620320250 | Educational Innovation And Diffusion | 4.00 | |
1000020162 | Soft Skills | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000004105 | Thesis | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Curriculum and Educational Technology
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum berjalan (on going curriculum) dilakukan secara berkala di prodi TP untuk mengidentifikasi informasi terkait pelaksanaan kurikulum berjalan dan memperbaiki kurikulum diantaranya melaluiforum workshop atau lokakarya kurikulumbaik di level prodi maupun di level asosiasi. Evaluasi dilakukan setiap tahun dan restrukturisasi dilakukan setiap 5 tahun.
Hasil Penilaian CPL tahun 2023 yang ditampilkan pada table 1.1.
Penilaian CPL dikategorikan sangat baik, baik, memuaskan dan gagal. Yang dimaksud dengan kategori sangat baik dan baik bahwa pencapaian CPL berhasil. Kategori memuaskan dan Gagal berarti pencapaian CPL tidak berhasil. Berdasarkan hasil penilaian CPL pada tabel, secara umum seluruh CPL sudah dicapai. Tergambarkan bahwa CPL 1 – 8 mempunyai persentase sangat baik dan baik tertinggi. Paling atas Prestasi dalam kategori sangat baik adalah CPL 2 dengan jumlah 74%. Angka ini merupakan hasil upaya dari program studi dalam menerapkan metode pengajaran dan berbagai referensi. Selanjutnya ditemukan bahwa capaian CPL 5 pada kategori “gagal”. 11%. angka ini lebih tinggi dibandingkan CPL lainnya. Namun kategori ini tidak menunjukkan kegagalan dalam mencapai CPL. Itu penyebab belum tercapainya CPL 5 masih rendah dikarenakan kemampuan dan kecepatan belajar setiap siswa berbeda-beda. Upaya yang dilakukan prodi S1 TP memperlancar waktu belajar mandiri dan fasilitas yang memadai.
Evaluasi kurikulum menyeluruh dilakukan pada tahun 2020 saat kebijakan MBKM diberlakukan. Hasil lokakarya kurikulum bersama stake holder, BKD Provinsi Jawa Timur, Dinas Pendidikan, PT Ajinomoto dan alumni yang berprofesisi sebagai guru SMK pada tanggal 16 Juni 2023 diadapatkan hasil diantaranya adanya penyesuaian profil lulusan, implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka dengan program belajar di luar kampus selama dua semester. Penyesuaian beberapa mata kuliah sebagai upaya mendukung visi keilmuan prodi dan visi lembaga. Pengembangan kurikulum S1 program Studi Teknologi Pendidikan didasarkan pada evaluasikurikulum sebelumnya sehingga perlu dikembangkannya K2024 S1 TP yang berlaku sejak tahun 2024 hingga 2029. Beberapa pertimbangan yang dijadikan pijakan pengembangan kurikulumini, adalah sebagai berikut:
- Paradigma baru teknologi pendidikan, yang mendiskripsikan bahwa teknologi pendidikan adalah teori dan praktek untuk menfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja melalui penciptaan, penggelolaan, penggunaan proses, dan sumber daya yang sesuai. Perubahan paradima TP ini membawa implikasi pada beberapa perubahan, yakni (1) kajian teknologi pendidikan, (2) bidang garapan teknologi pendidikan, (3) domain teknologi pendidikan, (4) model dan media pembelajaran yang digunakan untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja, dan (5) profil lulusanprogram sudi teknologipendidikan baik pada jenjang S1, S2, maupunS3.
- Menyesuaikan Standar AECT yang baru, tahun 2012, yang meliputi5 standar, yakni content knowledge, content pedagogy, learning environments, professional knowledge and skills,and research.
- Memenuhi tuntutankurikulum MBKM, memberikan kesempatan belajar diluarkampus untuk membekalikompetensi lulusan.
- Menyesuikan konteks kehidupan era revolusi industry 4.0, yakni suatu era industri yang seluruh entitas di dalamnya dapat saling berkomunikasi secara real time kapan saja dengan berlandaskan pemanfaatan teknologi internet dan creative problem solving guna mencapai tujuan tercapainya kreasi nilai baru.
- Tracer Study merupakan upaya pelacakan dan perekaman data kinerja lulusan dilakukan melalui kegiatan Tracer Study terhadap alumni, pengguna lulusan (user) serta stakeholder atau pemangku kepentingan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh data yang terukur, terarah, dan terorganisir berupa (a) informasi dari alumni mengenai perkembangan kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja untuk bahan perbaikan kurikulum; (b) informasitentang hal-hal positifdalam penerapan kurikulumdi Prodi TP FIP Unesayang perlu dipertahankan; (c) memperoleh data alumni Unesaseperti tempat kerja,bidang kerja, waktutunggu memperoleh pekerjaan; serta(d) informasi dari pengguna lulusan tentang kualitas lulusan (kinerja, penguasaan, dan keterampilan yang perlu ditingkatkan). Melalui penggalian serta pemanfaatan data informasi secara rutin dan berkelanjutan, diharapkan Prodi TP FIP Unesa dapat memperoleh informasi yang akurat mengenaikondisi otentik berupa kualitas kompetensi/ kemampuan lulusan pada dunia kerja sekaligus tanggapan, kebutuhan dan harapanpara pengguna lulusanbeserta stakeholder terhadap kualitasyang telah, sedangdan akan dihasilkan.
- Data Hasil Tracer Study S1 Teknologi Pendidikan Tahun 2023 dengan jumlah responden alumni 82 orang sebagai berikut:
No | Standar | Indikator Kinerja | Capaian |
1 | Standar program studi memiliki lulusan yang bermutu baik (standar 26) | Persentase mahasiswa yang lulus tepat waktu minimal 50% | 85% |
2 | Standar program studi memiliki lulusan yang bermutu baik (standar 26) | Rata-rata indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa sarjana minimal 3,25, minimal 3.50 magister, dan doktoral serta profesi | 90% |
3 | Standar alumni kebijakan pelaksanaan tracer studi (standar 26) | Profil lulusan yang memiliki kesesuaian bidang kerja dengan bidang studi | 95% |
4 | Standar alumni kebijakan pelaksanaan tracer studi (standar 26) | lama waktu tunggu lulusan | (1) waktu tunggu < 6 bulan 93,2%; (2) waktu tunggu 6- 18 bulan 6,8% |
5 | Standar alumni kebijakan pelaksanaan trecer studi (standar 26) | rata-rata lulusan mendapatkan pekerjaan pertama | 97% |
Hasil tracer study tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar lulusan S1 TP memiliki standar yang bermutu. Namun, persentase mahasiswa yang lulus tepat waktu perlu ditingkatkan. Di samping hasil tracer study, User Survey pada level universitas juga digunakan sebagai bagian dari evaluasi program studi. Adapun saran pengguna lulusan secara umum disajikan pada Tabel 1.2
Rekap PLO Program Studi Curriculum and Educational Technology
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | |||
Photo Media Development | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||||
Audio/Radio Media Development | 4 | 25% | 37.5% | 25% | 12.5% | 100 % | |||||
2D and 3D Animation | 4 | 14.29% | 23.81% | 9.52% | 9.52% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 100 % | ||
Information and Communication Technology-Based Learning | 4 | 20% | 40% | 40% | 100 % | ||||||
Pendidikan Inklusif | 2 | 20% | 20% | 40% | 20% | 100 % | |||||
Desain Pesan | 2 | 12.5% | 37.5% | 50% | 100 % | ||||||
Performance Technology | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Management and Utilization of Learning Resources | 2 | 18.18% | 36.36% | 9.09% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | |||
Learning Communication | 2 | 50% | 25% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||||
Research methodology | 3 | 21.43% | 14.29% | 7.14% | 28.57% | 7.14% | 21.43% | 100 % | |||
Learning System Design | 4 | 26.32% | 21.05% | 10.53% | 10.53% | 5.26% | 21.05% | 5.26% | 100 % | ||
Video/Television Media Development | 4 | 75% | 25% | 100 % | |||||||
Communication and Learning Message Design | 3 | 20% | 30% | 30% | 20% | 100 % | |||||
Instructional Media | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Learning and Learning Theory | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Curriculum and Educational Technology
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Program Studi Teknologi Pendidikan Kurikulum TP mengacu pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 tahun 2020 kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi. Kurikulum TP UNESA didasarkan pada pendekatan humanisme dan konstruktivisme dengan pembelajaran berbasis pengalaman, keanekaragaman dan inklusi, serta kolaborasi dan komunikasi. Kurikulum ini mengakui nilai-nilai, potensi, dan keunikan setiap individu dalam upaya mengembangkan kualitas manusia secara inklusif. Pendekatan tersebut diterapkan untuk memastikan bahwa semua latar belakang sosial, etnis, atau kondisi khusus, memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan berkualitas. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Teknologi Pendidikan Berdasarkan asosiasi nasional Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APSTPI) dan internasional Association Education, Communication and technology (AECT). Landasan Filosofis, Pedagogis, Psikologis, dan Yuridis
Kurikulum Program Studi S1-Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Surabaya dikembangkan dengan menggunakan landasan yang menjadi dasar pijakan dalam mengembangkan capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi. Landasan tersebut adalah a) Landasan Filosofis, b) Landasan Sosiologis, c) Landasan Psikologis, d) Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dan e) Landasan Yuridis.
Landasan Filosofi
Kurikulum dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan dari berbagai sumber yang diselaraskan dengan filosofis yang menjadi akar dan diyakini kebenarannya sebagai dasar pengembangan kurikulum. Landasan filosofis dalam pengembangan kurikulim prodi S1 Teknologi Pendidikan FIP Unesa adalah Pancasila yang merupakan pandangan hidup berbangsa dan bernegara, sehingga pencapaian pendidikan program studi tentu diarahkan pada pencapaian dalam berbangsa dan bernegara. Selain itu Pancasila merupakan refleksi budaya luhur bangsa Indonesia yang dijadikan pedoman oleh tokoh pendidikan Indonesia seperti Ki Hajar Dewantara.
Berbagai pandangan tentang filosofi dalam pendidikan dan pembelajaran perlu diakomodasikan dalam landasan pengembangan kurikulum prodi baik itu yang bersifat idealisme, maupun pragmatisme dengan tujuan memperkaya landasan dalam pencapaian tujuan. Karena secara prinsip pendidikan dan pembelajaran tidak hanya terkait masalah substansi subject academic namun juga terkait dengan segala implementasi dalam berbagai dimensi seperti aspek pribadi, sosial dan religi. Untuk mendukung pencapaian tujuan berupa profil lulusan maka penguasaan teori dan praktik dengan menerapkan aspek humanistik yang kolaboratif, maka perlu tercermin pelaksanaan perkuliahan di kelas yang kondusif. Landasan filosofis, memberikan pedoman secara filosofis pada tahap perancangan, pelaksanaan dan peningkatan kualitas pendidikan (Ornstein & Hunkins, 2014).
Landasan Sosiologi
Kurikulum merupakan cermin dari kehidupan masyarakat yang saling berinteraksi dan membentuk komunitas kehidupan yang kompleks sebagai masyarakat sosial. Oleh karena itu dalam proses pengembangan kurikulum perlu memperhatikan aspek sosiologis yang diangkat dari kehidupan masyarakat. Masyarakat Indonesia yang berlandaskan filosofi Pancasila dikenal sebagai masyarakat majemuk yang terdiri dari beragam suku, adat dan bahasa namun mempunyai cita-cita ke arah yang sama selanjutnya dicerminkan dalam Bhineka Tunggal Ika. Hal ini juga sangat sesuai dengan perkembangan ilmu pendidikan dari behavioristik menuju ke konektivistik yang artinya memahami keragaman dan kebutuhan individu yang berbeda. Implementasi aspek sosiologis ini tertuang dalam pelaksanaan perkuliahan dengan memperhatikan aspek gotong royong dalam berbagai perbedaan dan kepentingan untuk menuju pada kelulusan mahasiswa pascasarjana. Semangat ini juga telah diwariskan oleh para pendahulu bangsa yang memang didirikan dari keberagaman yang menyatu. Aspek social dan budaya perlu dipahami sebagai bagian dari pengetahuan kelompok (group knowledge) (Roos, 1963:85).
Landasan Psikologi
Subjek kurikulum adalah pebelajar yang memiliki aspek psikologi yang kuat. Sebagai salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang diberikan pikiran dan perasaan tentu aspek psikologi dalam perlaksanaan perkuliahan dalam rangka memberikan pengalaman belajar yang optimal harus diperhatikan.
Landasan psikologi yang perlu diperhatikan tersebut terdiri dari aspek kebutuhan (need), motivasi, perkembangan, pertumbuhan kognitif dan social serta kematangan intelektual. Hal ini harus mampu diakomodasi dalam bentuk penyusunan rangkaian pengalaman belajar yang menyediakan kesempatan untuk muncul dan berperannya sapek psikologis tersebut. Kutikulum harus mampu menyebabkan mahasiswa berpikir kritis dan berpikir tingkat tinggi serta melakukan penalaran tingkat tinggi, kurikulum yang mampu mengoptiomalkan pengembangan potensi mahasiswa menjadi manusia seutuhkan dan terpenuhinya kebutuhan fisik dan psikis.
Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Perkembangan era industry 4.0 dan sedang meluncur deras menuju 5.0 tentu berpengaruh terhadap penyusunan kurikulum, misalnya tentang pemikiran post modern yang melahirkan pemikir-pemikir futuristik dalam melahirkan peradaban baru umat manusia yang semakin kencang dalam memudahkan dan membuat nyaman kehidupan manusia selanjutnya.
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan perlu pula dimanfaatkan baik sebagai proses dan sumber belajar dalam sebuah system pembelajaran yang menyeluruh dan bukan sekedar sebagai alat (tools). Hal ini menuntut Implementasi kurikulum mampu mengakomodasi perkembangan dunia maya (cyber) untuk dimanfaatkan baik dalam menyusun rancangan pembelajaran untuk memperoleh pengalaman belajar yang optimal atau juga memanfaatkannya sebagai sumber belajar yang tidak terbatas.
Landasan Yuridis
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014, Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2017 Tentang Pendidikan Standar Guru.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional, Perguruan Tinggi.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditas Program Studi dan Perguruan Tinggi.
- Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2017 Tentang Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajara
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved