Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Tanggal Berdiri | : | 7 November 1996 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Gde Agus Yudha Prawira Adistana, S.T., M.T. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Unggul dalam keilmuan kependidikan Teknik Bangunan, dan berjiwa wirausaha di tingkat regional ASEAN pada tahun 2028.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bidang Pendidikan Teknik Bangunan yang inovatif berbasis penelitian pendidikan dan teknologi untuk menjadikan lulusan unggul dalam keilmuan.
- Mengembangkan penelitian ilmiah yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran berbasis keilmuan dan issue pendidikan.
- Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen sebagai bentuk tanggungjawab sosial.
- Memelihara suasana akademik dan budaya kewirausahaan, yang menjamin keluaran berkualitas serta relevan dengan kebutuhan masyarakat.
Tujuan
- Terselenggaranya pendidikan dan pembelajaran bidang Pendidikan Teknik Bangunan yang inovatif berbasis penelitian pendidikan dan teknologi untuk menjadikan lulusan unggul dalam ilmuan.Â
- Menghasilkan penelitian ilmiah yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran berbasis keilmuan dan issue pendidikan.Â
- Terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat kepada masyarakat oleh dosen sebagai bentuk tanggungjawab sosial.Â
- Terpeliharanya suasana akademik dan budaya kewirausahaan yang menjamin keluaran berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.
Nilai_dasar
- Keunggulan Akademik: Fokus pada pencapaian akademik yang tinggi, baik dalam hal pemahaman konsep maupun penerapan pengetahuan dalam praktik di bidang Pendidikan Teknik Bangunan.
- Inovasi dan Penelitian: Mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan riset dan pengembangan baru di bidang studi PTB.
- Pengembangan Karakter: Mengutamakan pembentukan karakter dan kepemimpinan yang baik melalui pendidikan moral dan etika.
- Keterlibatan Masyarakat: Mendorong mahasiswa untuk berkontribusi dalam masyarakat melalui kegiatan sosial, layanan masyarakat, atau proyek-proyek kewirausahaan.
- Keragaman dan Inklusi: Menciptakan lingkungan belajar yang menerima dan menghargai keragaman budaya, latar belakang, dan perspektif.
- Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi: Mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal yang efektif dan keterampilan kolaborasi dalam lingkungan tim.
- Keadilan dan Kepantasan: Memastikan bahwa setiap mahasiswa memiliki akses yang setara dan kesempatan yang adil dalam pendidikan dan pengembangan karir mereka.
- Berfokus pada Hasil: Menekankan pada pencapaian hasil yang berarti dalam hal keterampilan, pengetahuan, dan kesiapan karir setelah lulus.
- Fleksibilitas Kurikulum: Menyediakan pilihan dan fleksibilitas dalam kurikulum untuk memenuhi kebutuhan dan minat individu mahasiswa.
- Sustainability: Memiliki komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan dan sosial dalam setiap aspek pendidikan dan operasional program studi.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-5 | Mampu mengaplikasikan pengetahuan teknologi untuk mendukung bidang Pendidikan Teknik Bangunan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-6 | Mampu menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi solusi untuk suatu permasalahan kependidikan yang mampu mendukung bidang Pendidikan Teknik Bangunan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | Mampu menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi solusi untuk suatu permasalahan ketekniksipilan yang mampu mendukung bidang Pendidikan Teknik Bangunan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Universitas Negeri Surabaya
- PendidikÂ
Mampu memfasilitasi pembelajaran, selain sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator, mentor, dan pembimbing bagi para siswa
- Pelaksana
Mampu mengkoordinasikan berbagai kegiatan seperti pengadaan material, pengerjaan lapangan, dan manajemen tenaga kerja untuk memastikan bahwa proyek konstruksi berjalan sesuai dengan rencana dan spesifikasi yang ditetapkan.
- Edutechnopreneur
Mampu mengembangkan bisnis dalam bidang pendidikan/ mampu berpikir kritis untuk menghasilkan produk-produk kreatif bidang pendidikan kejuruan teknik bangunan yang edukatif dan mampu memasarkan ke masyarakat pengguna
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Teknik Bangunan (16/17)
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002003
Bahasa Indonesia
2.00
8320502075
Konstruksi Bangunan Tidak Bertingkat
2.00
1000002018
Pancasila
2.00
8320502248
Filsafat Ilmu
2.00
8320502184
Praktik Keterampilan Plumbing
2.00
8320502236
Teknologi Beton Dan Praktikum
2.00
8320503064
Kalkulus Differensial
3.00
1000003042
Dasar -Dasar Kependidikan
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
8320503065
Kalkulus Integral
3.00
8320503063
Kajian Kurikulum Smk
3.00
8320503003
Analisis Struktur Statis Tertentu
3.00
8320502074
Konstruksi Bangunan Bertingkat Rendah
2.00
8320503232
Teknologi Bahan Dan Praktikum
3.00
8320503203
Sifat Fisis Tanah Dan Praktikum
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8320502046
Instalasi Bangunan
2.00
8320502026
Fisika Bangunan*
2.00
8320503002
Analisis Struktur Statis Tak Tentu
3.00
8320502182
Praktik Keterampilan Batu
2.00
8320502099
Media Pembelajaran Dan Tik
2.00
8320504218
Struktur Beton
4.00
1000002011
Isbd
2.00
8320503122
Menggambar Bangunan Sipil
3.00
8320502225
Teknik Furniture Dan Raktik
2.00
8320503208
Strategi Pembelajaran
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8320502153
Pendidikan Vokasi
2.00
8320503224
Tegangan Tanah Dan Praktikum
3.00
8320504019
Disain Pondasi
4.00
8320502174
Praktek Ketrampilan Kayu
2.00
8320502121
Menggambar Bangunan Fasilitas Umum (2d)
2.00
8320503157
Pengukuran Sipat Datar Dan Praktikum
3.00
8320503023
Evaluasi Pembelajaran
3.00
8320502001
Analisis Struktur Metode Matriks *)
2.00
8320503214
Struktur Baja (Rangka Dan Portal)
3.00
1000002033
Kewarganegaraan
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8320502033
Ilmu Lingkungan
2.00
8320503151
Pemetaan Situasi Dan Praktikum
3.00
8320502148
Pelabuhan*
2.00
8320502227
Teknik Gempa *
2.00
8320502125
Menggambar Cad Ii
2.00
8320502194
Rekayasa Gempa
2.00
8320502207
Statistik Dan Probabilitas
2.00
8320502158
Peralatan Konstruksi*
2.00
8320502021
Estimasi Biaya Konstruksi
2.00
8320502089
Manajemen Bengkel Kerja/Laboratorium
2.00
8320504195
Rekayasa Irigasi Dan Bangunan Air
4.00
8320502259
Microteaching
2.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8320502029
Hidrologi*
2.00
8320502020
Drainase*
2.00
8320502058
Jalan Rel*
2.00
8320503028
Hidrolika Dan Praktikum*
3.00
8320503167
Perkerasan Jalan*
3.00
8320502171
Praktek Kerja Lapangan (Pkl)
2.00
8320506205
Skripsi
6.00
8320504260
Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp)
4.00
8320502255
Struktur Jembatan
2.00
8320502183
Praktik Keterampilan Kayu
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002177
Bahasa Inggris
2.00
8320502013
Bahasa Inggris Ii
2.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 | |
8320502075 | Konstruksi Bangunan Tidak Bertingkat | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila | 2.00 | |
8320502248 | Filsafat Ilmu | 2.00 | |
8320502184 | Praktik Keterampilan Plumbing | 2.00 | |
8320502236 | Teknologi Beton Dan Praktikum | 2.00 | |
8320503064 | Kalkulus Differensial | 3.00 | |
1000003042 | Dasar -Dasar Kependidikan | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8320503065 | Kalkulus Integral | 3.00 | |
8320503063 | Kajian Kurikulum Smk | 3.00 | |
8320503003 | Analisis Struktur Statis Tertentu | 3.00 | |
8320502074 | Konstruksi Bangunan Bertingkat Rendah | 2.00 | |
8320503232 | Teknologi Bahan Dan Praktikum | 3.00 | |
8320503203 | Sifat Fisis Tanah Dan Praktikum | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8320502046 | Instalasi Bangunan | 2.00 | |
8320502026 | Fisika Bangunan* | 2.00 | |
8320503002 | Analisis Struktur Statis Tak Tentu | 3.00 | |
8320502182 | Praktik Keterampilan Batu | 2.00 | |
8320502099 | Media Pembelajaran Dan Tik | 2.00 | |
8320504218 | Struktur Beton | 4.00 | |
1000002011 | Isbd | 2.00 | |
8320503122 | Menggambar Bangunan Sipil | 3.00 | |
8320502225 | Teknik Furniture Dan Raktik | 2.00 | |
8320503208 | Strategi Pembelajaran | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8320502153 | Pendidikan Vokasi | 2.00 | |
8320503224 | Tegangan Tanah Dan Praktikum | 3.00 | |
8320504019 | Disain Pondasi | 4.00 | |
8320502174 | Praktek Ketrampilan Kayu | 2.00 | |
8320502121 | Menggambar Bangunan Fasilitas Umum (2d) | 2.00 | |
8320503157 | Pengukuran Sipat Datar Dan Praktikum | 3.00 | |
8320503023 | Evaluasi Pembelajaran | 3.00 | |
8320502001 | Analisis Struktur Metode Matriks *) | 2.00 | |
8320503214 | Struktur Baja (Rangka Dan Portal) | 3.00 | |
1000002033 | Kewarganegaraan | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8320502033 | Ilmu Lingkungan | 2.00 | |
8320503151 | Pemetaan Situasi Dan Praktikum | 3.00 | |
8320502148 | Pelabuhan* | 2.00 | |
8320502227 | Teknik Gempa * | 2.00 | |
8320502125 | Menggambar Cad Ii | 2.00 | |
8320502194 | Rekayasa Gempa | 2.00 | |
8320502207 | Statistik Dan Probabilitas | 2.00 | |
8320502158 | Peralatan Konstruksi* | 2.00 | |
8320502021 | Estimasi Biaya Konstruksi | 2.00 | |
8320502089 | Manajemen Bengkel Kerja/Laboratorium | 2.00 | |
8320504195 | Rekayasa Irigasi Dan Bangunan Air | 4.00 | |
8320502259 | Microteaching | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8320502029 | Hidrologi* | 2.00 | |
8320502020 | Drainase* | 2.00 | |
8320502058 | Jalan Rel* | 2.00 | |
8320503028 | Hidrolika Dan Praktikum* | 3.00 | |
8320503167 | Perkerasan Jalan* | 3.00 | |
8320502171 | Praktek Kerja Lapangan (Pkl) | 2.00 | |
8320506205 | Skripsi | 6.00 | |
8320504260 | Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) | 4.00 | |
8320502255 | Struktur Jembatan | 2.00 | |
8320502183 | Praktik Keterampilan Kayu | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002177 | Bahasa Inggris | 2.00 | |
8320502013 | Bahasa Inggris Ii | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan disusun berdasarkan peraturan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Tahun 2012, dan sesuai kebutuhan stakeholder. Kurikulum Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan juga disusun sesuai dengan kerangka kurikulum yang ditetapkan oleh universitas. Kurikulum ini terdiri dari Matakuliah Pengembangan Kepribadian Inti (MPK inti), Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK), Matakuliah Pengembangan Kepribadian Institusional, Matakuliah Dasar Keahlian (MDK), Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB), dan Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB). Matakuliah yang tergabung dalam kurikulum terdiri dari dua kelompok bidang yaitu bidang pedagogis dan bidang keilmuan teknik sipil. Kurikulum Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan ini mendukung visi dari Unesa dan menjalankan misi untuk meraih tujuan pendidikan. Kurikulum Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan ini direview dan diupdate secara periodik setiap 5 tahun sekali untuk disesuaikan dengan perkembangan keilmuan yang terjadi di luar program studi agar tetap memiliki proporsi inti keilmuan Pendidikan Teknik Bangunan yang signifikan. Kurikulum S1 PTB ini telah disesuaikan dengan materi yang diajarkan di SMK dan mengadopsi paradigma baru pendidikan yaitu :
- Learner centred education/learning
- Continous improvement
- International accreditation and benchmarking dan BAN-PT
Untuk memperoleh gelar sarjana mahasiswa wajib menempuh minimal 144 SKS. Kurikulum Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan ini dirancang untuk 8 semester, dimana pada tahun pertama mahasiswa diberikan pengetahuan-pengetahuan dasar baik dalam bidang pendidikan maupun ilmu ketekniksipilan, tahun kedua mahasiswa secara umum mendapatkan pengetahuan lanjutan dari teori dasar yang diperoleh dari tahun pertama, pada tahun ketiga mahasiswa diberikan kesempatan atau mengambil haknya untuk belajar di luar prodi (luar perguruan tinggi), sedangkan pada tahun keempat mahasiswa kembali ke Prodi untuk membuat final project yang berkaitan dengan masalah-masalah pembelajaran di sekolah kejuruan. Ilustrasi model kurikulum ditunjukkan pada gambar di bawah ini:
Beberapa pertimbangan yang dijadikan pijakan pengembangan kurikulum adalah sebagai berikut:
- Tujuan Pendidikan: Evaluasi harus selaras dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Apakah kurikulum membantu mencapai tujuan akademik, sosial, dan psikologis yang diinginkan?
- Relevansi: Kurikulum harus relevan dengan kebutuhan siswa, masyarakat, dan dunia kerja saat ini. Evaluasi harus mempertimbangkan apakah materi pelajaran dan keterampilan yang diajarkan sesuai dengan tuntutan zaman.
- Efektivitas Pengajaran: Evaluasi harus menilai sejauh mana kurikulum ini berhasil dalam mentransfer pengetahuan dan keterampilan kepada siswa. Apakah metode pengajaran yang digunakan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran?
- Responsif terhadap Kebutuhan Siswa: Kurikulum harus dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan individual siswa, termasuk berbagai gaya belajar dan tingkat kemampuan yang berbeda. Evaluasi harus mengukur sejauh mana kurikulum dapat menyediakan pendekatan yang inklusif dan diferensiasi.
- Keterlibatan Stakeholder: Evaluasi harus melibatkan berbagai pihak yang terlibat dalam pendidikan, seperti guru, siswa, orang tua, dan masyarakat. Pendapat mereka dapat memberikan wawasan penting tentang keberhasilan atau kekurangan kurikulum.
- Kesesuaian dengan Standar Pendidikan: Evaluasi harus menilai apakah kurikulum memenuhi standar nasional atau lokal yang ditetapkan untuk pendidikan.
- Evaluasi Berkelanjutan: Evaluasi kurikulum bukanlah proses sekali jalan, tetapi harus dilakukan secara berkelanjutan untuk memastikan bahwa perubahan-perubahan yang diperlukan dapat diimplementasikan sesuai kebutuhan.
- Efisiensi Sumber Daya: Evaluasi juga harus mempertimbangkan efisiensi penggunaan sumber daya pendidikan, termasuk waktu, tenaga pengajar, dan biaya yang dikeluarkan untuk mengimplementasikan kurikulum.
- Memenuhi tuntutan kurikulum MBKM, memberikan kesempatan belajar diluar kampus untuk membekali kompetensi lulusan.
- Menyesuikan konteks kehidupan era revolusi industry 4.0, yakni suatu era industri yang seluruh entitas di dalamnya dapat saling berkomunikasi secara real time kapan saja dengan berlandaskan pemanfaatan teknologi internet dan creative problem solving guna mencapai tujuan tercapainya kreasi nilai baru.
- Tracer Study merupakan upaya pelacakan dan perekaman data kinerja lulusan dilakukan melalui kegiatan Tracer Study terhadap alumni, pengguna lulusan (user) serta stakeholder atau pemangku kepentingan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh data yang terukur, terarah, dan terorganisir berupa (a) informasi dari alumni mengenai perkembangan kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja untuk bahan perbaikan kurikulum; (b) informasi tentang hal-hal positif dalam penerapan kurikulum di Prodi PTB Unesa yang perlu dipertahankan; (c) memperoleh data alumni Unesa seperti tempat kerja, bidang kerja, waktu tunggu memperoleh pekerjaan; serta (d) informasi dari pengguna lulusan tentang kualitas lulusan (kinerja, penguasaan, dan keterampilan yang perlu ditingkatkan). Melalui penggalian serta pemanfaatan data informasi secara rutin dan berkelanjutan, diharapkan Prodi PTB Unesa dapat memperoleh informasi yang akurat mengenai kondisi otentik berupa kualitas kompetensi/ kemampuan lulusan pada dunia kerja sekaligus tanggapan, kebutuhan dan harapan para pengguna lulusan beserta stakeholder terhadap kualitas yang telah, sedang dan akan dihasilkan.
- Data Hasil Tracer Study S1 Pendidikan Teknik Bangunan Tahun 2023 dengan jumlah responden alumni 26 orang sebagai berikut:
No | Standar | Indikator Kinerja | Capaian |
1 | Standar program studi memiliki lulusan yang bermutu baik (standar 26) | Persentase mahasiswa yang lulus tepat waktu minimal 50% | Persentase mahasiswa yang lulus tepat waktu 56,52% |
2 | Standar program studi memiliki lulusan yang bermutu baik (standar 26) | Rata-rata indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa sarjana minimal 3,25, minimal 3.50 magister, dan doktoral serta profesi | Rata-rata IPK luusan tahun 2023 adalah 3,48 |
3 | Standar alumni kebijakan pelaksanaan tracer studi (standar 26) | Profil lulusan yang memiliki kesesuaian bidang kerja dengan bidang studi | Lulusan yang sesuai dengan bidang kerja sesuai dengan bidang studi sebesar 81,82% |
4 | Standar alumni kebijakan pelaksanaan tracer studi (standar 26) | lama waktu tunggu lulusan | Waktu tunggu lulusan rata-rata 2,9 bulan |
5 | Standar alumni kebijakan pelaksanaan trecer studi (standar 26) | rata-rata lulusan mendapatkan pekerjaan pertama | 93,33% telah mendapatkan pekerjaan pertama |
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | |||
Matematika Terapan | 3 | 100% | 100 % | ||||||
Menggambar Bangunan Sipil | 3 | 60% | 40% | 100 % | |||||
Teori Belajar | 2 | 100% | 100 % | ||||||
Statistik | 2 | 100% | 100 % | ||||||
Rekayasa Gempa | 2 | 25% | 75% | 100 % | |||||
Analisis Struktur Statis Tak Tentu | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||
Teknologi Beton dan Praktikum | 2 | 100% | 100 % | ||||||
Estimasi Biaya Konstruksi | 2 | 25% | 75% | 100 % | |||||
Struktur Baja (Rangka dan Portal) | 3 | 20% | 80% | 100 % | |||||
Perencanaan dan Pengendalian Proyek | 3 | 20% | 80% | 100 % | |||||
Konstruksi Bangunan | 2 | 100% | 100 % | ||||||
Analisis Struktur Statis Tertentu | 3 | 100% | 100 % | ||||||
Teknik Pondasi | 2 | 46.67% | 53.33% | 100 % | |||||
Menggambar Bangunan Fasilitas Umum* | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||
Manajemen Proyek* | 2 | 100% | 100 % | ||||||
Kurikulum Sekolah | 2 | 100% | 100 % | ||||||
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 25% | 12.5% | 37.5% | 25% | 100 % | |||
STRUKTUR BETON BERTULANG | 3 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||
Perkerasan Jalan Raya* | 2 | 100% | 100 % | ||||||
Utilitas Bangunan | 2 | 100% | 100 % | ||||||
Aplikasi BIM 3D | 2 | 42.86% | 57.14% | 100 % | |||||
Teknologi Kayu, Baja Ringan dan Praktikum | 2 | 100% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Filosofi
Dalam pengembangan kurikulum pendidikan teknik bangunan meliputi prinsip-prinsip filosofis yang menjadi dasar pemikiran dalam merancang kurikulum yang efektif dan relevan untuk bidang ini. Berikut adalah beberapa landasan filosofi yang penting dalam konteks pengembangan kurikulum pendidikan teknik bangunan:
- Pragmatisme yaitu menekankan pentingnya pengalaman praktis dan aplikasi pengetahuan dalam pendidikan. Dalam konteks teknik bangunan, pendidikan pragmatis akan menekankan pembelajaran keterampilan langsung yang relevan dengan industri konstruksi. Implementasinya dalam kurikulum PTB dirancang dengan fokus pada pengembangan keterampilan teknis dan praktik lapangan yang dapat diterapkan secara langsung dalam konteks konstruksi.
- Humanisme yaitu menekankan pengembangan pribadi dan potensi individu. Dalam konteks pendidikan teknik bangunan, hal ini mencakup pengembangan keterampilan teknis sekaligus aspek pengembangan pribadi siswa. Implementasinya kurikulum dirancang untuk tidak hanya mengajarkan keterampilan teknis tetapi juga mengembangkan kepemimpinan, kreativitas, dan etika profesional yang diperlukan dalam industri konstruksi.
- Konstruktivisme yaitu menekankan bahwa pengetahuan dibangun oleh siswa melalui interaksi mereka dengan lingkungan belajar mereka. Implementasinya kurikulum PTB menekankan pada pendekatan pembelajaran yang aktif, di mana siswa terlibat dalam model-model pembelajaran project dan studi kasus masalah teknik bangunan untuk membangun pemahaman mahasiswa sendiri.
Landasan Pedagogis
- Konstruktivisme: Teori konstruktivisme menekankan bahwa pengetahuan dibangun oleh siswa melalui interaksi mereka dengan lingkungan belajar mereka. Siswa aktif dalam membangun pemahaman mereka sendiri melalui pengalaman langsung dan refleksi. Implementasinya Kurikulum menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek atau tugas-tugas yang memungkinkan siswa untuk menerapkan konsep teknik bangunan dalam konteks nyata. Ini termasuk simulasi konstruksi, studi kasus, dan proyek-proyek desain yang memerlukan pemecahan masalah dan kerjasama dalam tim.
- Pembelajaran Berbasis Masalah: Pembelajaran berbasis masalah menempatkan siswa dalam situasi nyata atau simulasi di mana mereka harus mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang relevan dengan bidang teknik bangunan. Implementasinya Kurikulum memasukkan studi kasus dari proyek konstruksi yang sebenarnya atau masalah-masalah teknis yang perlu diselesaikan. Siswa diajak untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam proyek-proyek ini.
- Pembelajaran Aktif dan Kolaboratif: Pembelajaran aktif menempatkan siswa sebagai partisipan aktif dalam proses pembelajaran mereka sendiri, sementara pembelajaran kolaboratif menekankan kerja sama dan pembelajaran dari orang lain. Implementasinya Kurikulum merancang kegiatan pembelajaran yang melibatkan diskusi kelompok, proyek tim, atau praktik lapangan di mana siswa dapat belajar dari pengalaman langsung dan berbagi pengetahuan serta keterampilan dengan teman sejawat mereka.
- Pembelajaran Berbasis Kompetensi: Pembelajaran berbasis kompetensi menekankan pengembangan keterampilan praktis dan kognitif yang dapat diukur dan diamati secara jelas. Implementasinya Kurikulum merancang penilaian berbasis proyek atau portofolio yang menunjukkan pencapaian siswa dalam menguasai keterampilan teknis, seperti desain bangunan, manajemen proyek, atau penggunaan perangkat lunak teknik.
- Pembelajaran Seumur Hidup (Lifelong Learning): Teori ini menekankan pentingnya pendidikan yang berkelanjutan dan adaptasi terhadap perubahan teknologi dan industri. Implementasinya Kurikulum dapat mengintegrasikan pembelajaran tentang inovasi teknologi terbaru dalam konstruksi, serta mengajarkan siswa untuk terus mengembangkan keterampilan mereka melalui pelatihan dan pendidikan lanjutan setelah lulus.
Landasan Yuridis:
- Pancasila dan UUD 1945
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
- Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
- Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
- Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
- Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
- Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved