Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Sejarah |
Tanggal Berdiri | : | 11 Juli 1996 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Wisnu, M.Hum. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Prodi yang tangguh, adaptif dan inovatif dalam menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang humanis dan unggul dalam iptek serta berwawasan edupreneur.
Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan Sejarah dan berkarakter tangguh adaptif dan inovatif berbasis edupreneur mampu bersaing di era global.
- Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur dan mampu bersaing di era global.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur bagi kesejahteraan masyarakat dan mampu bersaing di tataran global.
- Menyelenggarakan kegiatan tridharma perguruan tinggi secara sinergi, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan Prodi Pendidikan Sejarah, FISIPOL dan keunggulan UNESA.
- Menyelenggarakan tata Kelola dan tata pamong yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu kapasitas Program Studi Pendidikan Sejarah, FISIPOL secara berkelanjutan ; dan
- Menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Sejarah berbasis kewirausahaan ditataran global
Tujuan
- Menghasilkan lulusan berkarakter, professional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa edupreneur.
- Menghasilkan lulusan yang mampu meningkatlan kualitas inovasi di bidang pendidikan Sejarah berbasis edupreneur.
- Menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur.
- Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur dengan memperhatikan keunggulan UNESA.
Nilai_dasar
UNESA TANGKAAS REK TANG (Tangguh), K (Kolaboratif), A (Adaptif), A (inovAtif), S (inkluSif), RE (belajaR sEpanjang hayat), K (Kewirausahaan)Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-5 | Mampu Merancang, Melaksanakan, Menilai Proses dan Hasil Pembelajaran Sejarah
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-6 | Mampu Memecahkan Kompleksitas Permasalahan Pembelajaran Sejarah Berbasis Riset Inter Disiplin dan Multi Disiplin
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-7 | Menguasai Pengetahuan Peristiwa Sejarah, Fakta, dan Konsep
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum S1 Pendidikan Sejarah
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002003
Bahasa Indonesia
2.00
8720102002
Antropologi Budaya
2.00
8720102078
Pengantar Ilmu Politik
2.00
8720102082
Pengantar Sosiologi
2.00
8720102079
Pengantar Ilmu Sejarah
2.00
8720102141
Sejarah Indonesia Masa Pra-Aksara
2.00
1000002177
Bahasa Inggris
2.00
1000002018
Pancasila
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
8720103204
Pengenalan Lapangan Persekolahan
3.00
8720102081
Pengantar Pendidikan Ips
2.00
1000002005
Dasar-Dasar Pendidikan
2.00
1000002010
Ilmu Alamiah Dasar (Iad)
2.00
8720103011
Bahasa Belanda
3.00
1000002033
Kewarganegaraan
2.00
8720102117
Sejarah Asia Selatan
2.00
8720103137
Sejarah Indonesia Masa Hindu-Budha
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8720102185
Sistem Informasi Geografi
2.00
8720102072
Pendidikan Nilai Dan Karakter
2.00
8720102057
Media Pembelajaran (Sejarah)
2.00
8720102115
Sejarah Asia Barat
2.00
8720102124
Sejarah Eropa
2.00
8720102122
Sejarah Asia Timur
2.00
8720102138
Sejarah Indonesia Masa Islam
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8720102190
Statistik Dan Teknik Analisis Data Kualitatif
2.00
8720102112
Sejarah Agraria (Pil)
2.00
8720102171
Sej. Australia Dan Oceania
2.00
8720102113
Sejarah Amerika
2.00
8720103008
Asesmen Proses Dan Hasil Belajar
3.00
8720102107
Sej. Amerika
2.00
8720103062
Metodologi Penelitian Pendidikan
3.00
8720102032
Filsafat Sejarah
2.00
8720102036
Geohistori
2.00
8720103140
Sejarah Indonesia Masa Kolonial
3.00
8720103066
Pembelajaran Inovatif I
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8720102193
Telaah Kurikulum Ips (Pilihan Ips)
2.00
8720103139
Sejarah Indonesia Masa Kebangkitan Dan Pergerakan Nasional
3.00
8720102157
Sejarah Lokal
2.00
8720102111
Sejarah Agraria
2.00
8720102152
Sejarah Kebudayaan Dunia
2.00
8720103063
Metodologi Penelitian Sejarah
3.00
8720102065
Museologi
2.00
8720102037
Historiografi
2.00
8720102106
Sej. Afrika
2.00
8720102145
Sejarah Intelektual
2.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8720102192
Studi Arsip
2.00
8720103100
Program Pengelolaan Pembelajaran
3.00
8720102033
Fotografi Sejarah Budaya (Pilihan Ips)
2.00
8720102040
Inovasi Pembelajaran Ips
2.00
8720106187
Skripsi
6.00
8720103136
Sejarah Indonesia Kontemporer
3.00
8720102089
Pkl Terpadu
2.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 | |
8720102002 | Antropologi Budaya | 2.00 | |
8720102078 | Pengantar Ilmu Politik | 2.00 | |
8720102082 | Pengantar Sosiologi | 2.00 | |
8720102079 | Pengantar Ilmu Sejarah | 2.00 | |
8720102141 | Sejarah Indonesia Masa Pra-Aksara | 2.00 | |
1000002177 | Bahasa Inggris | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8720103204 | Pengenalan Lapangan Persekolahan | 3.00 | |
8720102081 | Pengantar Pendidikan Ips | 2.00 | |
1000002005 | Dasar-Dasar Pendidikan | 2.00 | |
1000002010 | Ilmu Alamiah Dasar (Iad) | 2.00 | |
8720103011 | Bahasa Belanda | 3.00 | |
1000002033 | Kewarganegaraan | 2.00 | |
8720102117 | Sejarah Asia Selatan | 2.00 | |
8720103137 | Sejarah Indonesia Masa Hindu-Budha | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8720102185 | Sistem Informasi Geografi | 2.00 | |
8720102072 | Pendidikan Nilai Dan Karakter | 2.00 | |
8720102057 | Media Pembelajaran (Sejarah) | 2.00 | |
8720102115 | Sejarah Asia Barat | 2.00 | |
8720102124 | Sejarah Eropa | 2.00 | |
8720102122 | Sejarah Asia Timur | 2.00 | |
8720102138 | Sejarah Indonesia Masa Islam | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8720102190 | Statistik Dan Teknik Analisis Data Kualitatif | 2.00 | |
8720102112 | Sejarah Agraria (Pil) | 2.00 | |
8720102171 | Sej. Australia Dan Oceania | 2.00 | |
8720102113 | Sejarah Amerika | 2.00 | |
8720103008 | Asesmen Proses Dan Hasil Belajar | 3.00 | |
8720102107 | Sej. Amerika | 2.00 | |
8720103062 | Metodologi Penelitian Pendidikan | 3.00 | |
8720102032 | Filsafat Sejarah | 2.00 | |
8720102036 | Geohistori | 2.00 | |
8720103140 | Sejarah Indonesia Masa Kolonial | 3.00 | |
8720103066 | Pembelajaran Inovatif I | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8720102193 | Telaah Kurikulum Ips (Pilihan Ips) | 2.00 | |
8720103139 | Sejarah Indonesia Masa Kebangkitan Dan Pergerakan Nasional | 3.00 | |
8720102157 | Sejarah Lokal | 2.00 | |
8720102111 | Sejarah Agraria | 2.00 | |
8720102152 | Sejarah Kebudayaan Dunia | 2.00 | |
8720103063 | Metodologi Penelitian Sejarah | 3.00 | |
8720102065 | Museologi | 2.00 | |
8720102037 | Historiografi | 2.00 | |
8720102106 | Sej. Afrika | 2.00 | |
8720102145 | Sejarah Intelektual | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8720102192 | Studi Arsip | 2.00 | |
8720103100 | Program Pengelolaan Pembelajaran | 3.00 | |
8720102033 | Fotografi Sejarah Budaya (Pilihan Ips) | 2.00 | |
8720102040 | Inovasi Pembelajaran Ips | 2.00 | |
8720106187 | Skripsi | 6.00 | |
8720103136 | Sejarah Indonesia Kontemporer | 3.00 | |
8720102089 | Pkl Terpadu | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Hasil evaluasi implementasi kurikulum yang sedang berjalan menunjukkan bahwa kurikulum program studi efektif yakni kurang lebih 86.67% mahasiswa lulus tepat waktu dan indeks prestasi kumulatif rata-ratadi atas 3.40. Hasil evaluasi tersebut berdasarkan mekanisme analisis transkrip nilai. Sementara cara sistematis untuk mengetahui dampak positif dan negatif akibat implementasi kurikulum adalah melalui studi pelacakan (tracer study). Hasil pelacakan tahun 2023 dengan populasi alumni sasaran tracer study berjumlah 88 orang. Berdasarkan Laporan Kinerja tahun 2023 Alumni yang bekerja berjumlah 67 orang (76,14%), kemudian yang berwirausaha 3 orang (3,41%), kemudian yang melanjutkan studi ke S2 sejumlah 8 orang (9,09%), yang sedang mencari kerja sejumlah 9 orang (10,23%). Pada IKU 1 lulusan yang mendapat pekerjaan kurang dari 6 bulan dengan gaji 1,2 UMP = 46 orang. Jumlah lulusan yang menjadi wirausaha 3 orang, dan jumlah lulusan yang melanjutkan studi 8 orang. Berdasarkan data tracer study didapatkan jumlah gold standar program studi S1 Pendidikan Sejarah yakni 64,77% kurang dari 6 bulan dengan gaji UMP >1,2. Angka-angka ini berarti terdapat kurikulum program studi Pendidikan Sejarah menghasilkan out put sesuai dengan :
Kebutuhan dan Daya Saing Kerja
Kurikulum program studi dirancang dengan memperhatikan kebutuhan lapangan pekerjaan yang terus berkembang. Hal itu mencakup penelitian mendalam tentang keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan oleh lulusan dalam memasuki dunia kerja yang kompetitif. Dengan memahami persyaratan kerja saat ini, program studi akan melengkapi lulusannya dengan kompetensi yang relevan dan dicari oleh berbagai dunia usaha dan industri, di lembaga pemerintahan dan non pemerintahan.
Penyediaan Sumber Daya Manusia Terampil
Kurikulum program studi berfokus pada penyediaan sumber daya manusia yang terampil dan siap untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. Dalam upaya mendukungperkembangan yang berkelanjutan, lulusan diharapkan tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip pendidikan, tetapi juga memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengantisipasi perubahan dinamis di dunia pendidikan.
Perkembangan Industridan Kewirausahaan
Kurikulum program studi beradaptasi dengan perkembangan industridan kecenderungan terbarudalam dunia pendidikan. Mengacu pada kebutuhan dunia usaha dan industri saat ini serta arah perkembangannya, program studi mengintegrasikan elemen-elemen yang sesuai dalam pembelajaran. Dengan demikian, lulusanakan lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di berbagai sektor dunia usaha dan industri terkait.
Penerapan Metode Pembelajaran SistemGanda (Dual System):
Kurikulum programstudi mengambil pendekatan modern dengan mengintegrasikan metode pembelajaran sistem ganda atau dual system. Hal itu memungkinkan mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman teoritis, tetapi juga memiliki pengalaman langsung di dunia usaha dan industri. Melalui kolaborasi dengan berbagai lembaga pemerintahan dan swasta, dunia industri dan dunia usaha mahasiswa akan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajarinya dalam lingkungan kerja nyata (internship). Pendekatan ini akan mempersiapkan merekadengan lebih baik untuk menghadapi tantangan di dunia profesional.
Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut di atas maka pengembangan dan restrukturisasi kurikulum program studi memiliki tujuan utama yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pengetahuan di bidang ilmunya dan kompetensi keterampilan sehingga lulusan mampu menghadapi berbagai tantangan dunia usaha dan industri serta kebutuhan masyarakat. Pengembangan kurikulum program studi berfokus pada pelayanan pendidikan dan pembelajaran berdaya guna, berdaya saing, inovatif, dan relevan dengan perubahan masyarakat dan tuntutan kebutuhannya.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | |||
Sejarah Asia Barat | 2 | 100% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
- Landasan Filosofi
Esensialisme dan perenialisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan esensi keilmuan pendidikan Sejarah. Progresivisme dan rekonstruksionisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan keterampilan proses pendidikan Sejarah. Berdasarkan filosofi itu implementasi kurikulum prodi mampu menghasilkan lulusan berkesadaran kritis.
2. Landasan Sosiologis
Pluralisme masyarakat Indonesia dan perkembangan masyarakat global (masyarakat 4.0 dan 5.0 atausmart society) menjadi landasan sosiologis pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sosiologis itu implementasi kurikulum program studi mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi komunikasi lintas budaya, kolaborasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.
3. Landasan Historis
Perubahan dan berkelanjutan institusi Universitas Negeri Surabaya sebagai lembaga pendidikan tinggi menjadi landasan sejarah pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sejarah itu implementasi kurikulum program studi mampu melakukan transformasi kurikulum secara dinamis seiring dengan dinamika perkembangan Universitas Negeri Surabaya .
4. Landasan Yuridis.
Landasan yuridis pengembangan kurikulum program studi adalah peraturan perundangan yang berlaku. Berdasarkan aspek hukum itu maka kurikulum program studi mempunyai kekuatan hukum yang dimana mengacu pada
- Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti)
- Surat Edarat Menteri Ristekdikti Nomor 255?B/SE/VII/2016 Tentang Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi
- Buku Panduan “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka” Tahun 2020 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
- Peraturan Menteri Tentang Perguruan Tinggi Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Rumusan Capaian Pembelajaran.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved