Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Unesa
Study Program | : | History Education |
Establishment Date | : | 11 Juli 1996 |
Study Program Coordinator | : | Prof. Dr. Wisnu, M.Hum. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Prodi yang tangguh, adaptif dan inovatif dalam menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang humanis dan unggul dalam iptek serta berwawasan edupreneur.
Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan Sejarah dan berkarakter tangguh adaptif dan inovatif berbasis edupreneur mampu bersaing di era global.
- Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur dan mampu bersaing di era global.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur bagi kesejahteraan masyarakat dan mampu bersaing di tataran global.
- Menyelenggarakan kegiatan tridharma perguruan tinggi secara sinergi, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan Prodi Pendidikan Sejarah, FISIPOL dan keunggulan UNESA.
- Menyelenggarakan tata Kelola dan tata pamong yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu kapasitas Program Studi Pendidikan Sejarah, FISIPOL secara berkelanjutan ; dan
- Menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Sejarah berbasis kewirausahaan ditataran global
Tujuan
- Menghasilkan lulusan berkarakter, professional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa edupreneur.
- Menghasilkan lulusan yang mampu meningkatlan kualitas inovasi di bidang pendidikan Sejarah berbasis edupreneur.
- Menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur.
- Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur dengan memperhatikan keunggulan UNESA.
Nilai_dasar
UNESA TANGKAAS REK TANG (Tangguh), K (Kolaboratif), A (Adaptif), A (inovAtif), S (inkluSif), RE (belajaR sEpanjang hayat), K (Kewirausahaan)Capaian Lulusan Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Mampu Merancang, Melaksanakan, Menilai Proses dan Hasil Pembelajaran Sejarah
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-6 | Mampu Memecahkan Kompleksitas Permasalahan Pembelajaran Sejarah Berbasis Riset Inter Disiplin dan Multi Disiplin
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Menguasai Pengetahuan Peristiwa Sejarah, Fakta, dan Konsep
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum History Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Sejarah 2024--2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720102108
African History
2.00
8720102227
European American
3.00
8720102210
Teori Belajar
2.00
8720103263
History Of Indonesia In The Pre-Literate And Hindu-Buddhist Period
3.00
8720102162
History Of Education
2.00
8720102215
School Curriculum
2.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
8720102021
Basics Of Historical Science
2.00
1000002005
Basics Of Education
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720102122
History Of East Asia
2.00
8720102138
History Of Indonesia During The Islamic Period
2.00
8720102158
Maritime History
2.00
8720102212
Sociocultural Theory
2.00
8720102208
Development Of Teaching Materials
2.00
8720102213
Learning Planning
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
1000002033
Citizenship
2.00
8720102264
Dutch Language
2.00
8720102038
Ilmu Politik
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720102115
History Of West Asia
2.00
8720102218
History Of South And Southeast Asia
2.00
8720102145
Intellectual History
2.00
8720102219
Local History And Indonesian Culture
2.00
8720102226
Socioeconomic History
2.00
8720102223
Statistik
2.00
8720102265
History Of Colonial Indonesia
2.00
1000002003
Indonesian
2.00
8720102216
Evaluation Of Learning And Learning
2.00
8720102032
Philosophy Of History
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002176
Entrepreneurship
2.00
8720102123
History Of Australia And Oceania
2.00
8720102267
History Of Indonesia During The National Movement
2.00
8720102217
Teaching Skills And Microlearning
2.00
8720103222
Research Methods
3.00
8720103060
Historical Method
3.00
8720102064
Metodologi Sejarah
2.00
1000002047
Physical Education And Fitness
2.00
8720102005
Archeology
2.00
Semester ke 5
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (2 SKS)
- Paket Matakuliah Bela Negara (2 SKS)
- Paket Matakuliah Magang (2 SKS)
- Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (2 SKS)
- Paket Matakuliah Pertukaran Mahasiswa (2 SKS)
- Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (2 SKS)
- Paket Matakuliah Riset (2 SKS)
- Paket Matakuliah Studi Independen (2 SKS)
- Paket Matakuliah Wirausaha (2 SKS)
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020171
Teaching Assistance Program Planning
2.00
Matakuliah Bela Negara
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020169
National Defense Program Planning
2.00
Matakuliah Magang
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020174
Internship Program Planning
2.00
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020168
Project Program Planning In The Village
2.00
Matakuliah Pertukaran Mahasiswa
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020170
Student Exchange Program Planning
2.00
Matakuliah Proyek Kemanusiaan
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020166
Humanitarian Project Program Planning
2.00
Matakuliah Riset
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020172
Research Program Planning
2.00
Matakuliah Studi Independen
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020173
Independent Study Program Planning
2.00
Matakuliah Wirausaha
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020167
Entrepreneurship Program Planning
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002051
Plp Analisis Kurikulum
2.00
1000002055
Plp Asesmen Pembelajaran
2.00
1000002049
Plp Manajemen Sekolah
2.00
1000003053
Plp Pengembangan Bahan Ajar
3.00
1000002054
Plp Pengembangan Media Pembelajaran
2.00
1000002050
Plp Pengembangan Program Sekolah
2.00
1000003052
Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran
3.00
1000004056
Plp Praktik Mengajar
4.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720102259
Search Resources History
2.00
8720102271
Historical Libraries And Archives
2.00
8720102274
Historical Research Practice
2.00
8720102269
Thesis Proposal
2.00
8720102111
Agrarian History
2.00
8720102268
History Of Indonesia From Independence To Reformation
2.00
8720102252
Oral History
2.00
8720102262
Sejarah Publik
2.00
8720102272
History Seminar
2.00
8720102275
Cultural Heritage Management
2.00
8720102273
Recorded Media And Historical Antiquities
2.00
8720102065
Museology
2.00
8720102036
Geohistory
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720104270
Thesis
4.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720102108 | African History | 2.00 | |
8720102227 | European American | 3.00 | |
8720102210 | Teori Belajar | 2.00 | |
8720103263 | History Of Indonesia In The Pre-Literate And Hindu-Buddhist Period | 3.00 | |
8720102162 | History Of Education | 2.00 | |
8720102215 | School Curriculum | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
8720102021 | Basics Of Historical Science | 2.00 | |
1000002005 | Basics Of Education | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720102122 | History Of East Asia | 2.00 | |
8720102138 | History Of Indonesia During The Islamic Period | 2.00 | |
8720102158 | Maritime History | 2.00 | |
8720102212 | Sociocultural Theory | 2.00 | |
8720102208 | Development Of Teaching Materials | 2.00 | |
8720102213 | Learning Planning | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
8720102264 | Dutch Language | 2.00 | |
8720102038 | Ilmu Politik | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720102115 | History Of West Asia | 2.00 | |
8720102218 | History Of South And Southeast Asia | 2.00 | |
8720102145 | Intellectual History | 2.00 | |
8720102219 | Local History And Indonesian Culture | 2.00 | |
8720102226 | Socioeconomic History | 2.00 | |
8720102223 | Statistik | 2.00 | |
8720102265 | History Of Colonial Indonesia | 2.00 | |
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8720102216 | Evaluation Of Learning And Learning | 2.00 | |
8720102032 | Philosophy Of History | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002176 | Entrepreneurship | 2.00 | |
8720102123 | History Of Australia And Oceania | 2.00 | |
8720102267 | History Of Indonesia During The National Movement | 2.00 | |
8720102217 | Teaching Skills And Microlearning | 2.00 | |
8720103222 | Research Methods | 3.00 | |
8720103060 | Historical Method | 3.00 | |
8720102064 | Metodologi Sejarah | 2.00 | |
1000002047 | Physical Education And Fitness | 2.00 | |
8720102005 | Archeology | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020171 | Teaching Assistance Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020169 | National Defense Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020174 | Internship Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020168 | Project Program Planning In The Village | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020170 | Student Exchange Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020166 | Humanitarian Project Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020172 | Research Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020173 | Independent Study Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020167 | Entrepreneurship Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002051 | Plp Analisis Kurikulum | 2.00 | |
1000002055 | Plp Asesmen Pembelajaran | 2.00 | |
1000002049 | Plp Manajemen Sekolah | 2.00 | |
1000003053 | Plp Pengembangan Bahan Ajar | 3.00 | |
1000002054 | Plp Pengembangan Media Pembelajaran | 2.00 | |
1000002050 | Plp Pengembangan Program Sekolah | 2.00 | |
1000003052 | Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran | 3.00 | |
1000004056 | Plp Praktik Mengajar | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720102259 | Search Resources History | 2.00 | |
8720102271 | Historical Libraries And Archives | 2.00 | |
8720102274 | Historical Research Practice | 2.00 | |
8720102269 | Thesis Proposal | 2.00 | |
8720102111 | Agrarian History | 2.00 | |
8720102268 | History Of Indonesia From Independence To Reformation | 2.00 | |
8720102252 | Oral History | 2.00 | |
8720102262 | Sejarah Publik | 2.00 | |
8720102272 | History Seminar | 2.00 | |
8720102275 | Cultural Heritage Management | 2.00 | |
8720102273 | Recorded Media And Historical Antiquities | 2.00 | |
8720102065 | Museology | 2.00 | |
8720102036 | Geohistory | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720104270 | Thesis | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
Hasil evaluasi implementasi kurikulum yang sedang berjalan menunjukkan bahwa kurikulum program studi efektif yakni kurang lebih 86.67% mahasiswa lulus tepat waktu dan indeks prestasi kumulatif rata-ratadi atas 3.40. Hasil evaluasi tersebut berdasarkan mekanisme analisis transkrip nilai. Sementara cara sistematis untuk mengetahui dampak positif dan negatif akibat implementasi kurikulum adalah melalui studi pelacakan (tracer study). Hasil pelacakan tahun 2023 dengan populasi alumni sasaran tracer study berjumlah 88 orang. Berdasarkan Laporan Kinerja tahun 2023 Alumni yang bekerja berjumlah 67 orang (76,14%), kemudian yang berwirausaha 3 orang (3,41%), kemudian yang melanjutkan studi ke S2 sejumlah 8 orang (9,09%), yang sedang mencari kerja sejumlah 9 orang (10,23%). Pada IKU 1 lulusan yang mendapat pekerjaan kurang dari 6 bulan dengan gaji 1,2 UMP = 46 orang. Jumlah lulusan yang menjadi wirausaha 3 orang, dan jumlah lulusan yang melanjutkan studi 8 orang. Berdasarkan data tracer study didapatkan jumlah gold standar program studi S1 Pendidikan Sejarah yakni 64,77% kurang dari 6 bulan dengan gaji UMP >1,2. Angka-angka ini berarti terdapat kurikulum program studi Pendidikan Sejarah menghasilkan out put sesuai dengan :
Kebutuhan dan Daya Saing Kerja
Kurikulum program studi dirancang dengan memperhatikan kebutuhan lapangan pekerjaan yang terus berkembang. Hal itu mencakup penelitian mendalam tentang keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan oleh lulusan dalam memasuki dunia kerja yang kompetitif. Dengan memahami persyaratan kerja saat ini, program studi akan melengkapi lulusannya dengan kompetensi yang relevan dan dicari oleh berbagai dunia usaha dan industri, di lembaga pemerintahan dan non pemerintahan.
Penyediaan Sumber Daya Manusia Terampil
Kurikulum program studi berfokus pada penyediaan sumber daya manusia yang terampil dan siap untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. Dalam upaya mendukungperkembangan yang berkelanjutan, lulusan diharapkan tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip pendidikan, tetapi juga memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengantisipasi perubahan dinamis di dunia pendidikan.
Perkembangan Industridan Kewirausahaan
Kurikulum program studi beradaptasi dengan perkembangan industridan kecenderungan terbarudalam dunia pendidikan. Mengacu pada kebutuhan dunia usaha dan industri saat ini serta arah perkembangannya, program studi mengintegrasikan elemen-elemen yang sesuai dalam pembelajaran. Dengan demikian, lulusanakan lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di berbagai sektor dunia usaha dan industri terkait.
Penerapan Metode Pembelajaran SistemGanda (Dual System):
Kurikulum programstudi mengambil pendekatan modern dengan mengintegrasikan metode pembelajaran sistem ganda atau dual system. Hal itu memungkinkan mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman teoritis, tetapi juga memiliki pengalaman langsung di dunia usaha dan industri. Melalui kolaborasi dengan berbagai lembaga pemerintahan dan swasta, dunia industri dan dunia usaha mahasiswa akan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajarinya dalam lingkungan kerja nyata (internship). Pendekatan ini akan mempersiapkan merekadengan lebih baik untuk menghadapi tantangan di dunia profesional.
Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut di atas maka pengembangan dan restrukturisasi kurikulum program studi memiliki tujuan utama yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pengetahuan di bidang ilmunya dan kompetensi keterampilan sehingga lulusan mampu menghadapi berbagai tantangan dunia usaha dan industri serta kebutuhan masyarakat. Pengembangan kurikulum program studi berfokus pada pelayanan pendidikan dan pembelajaran berdaya guna, berdaya saing, inovatif, dan relevan dengan perubahan masyarakat dan tuntutan kebutuhannya.
Rekap PLO Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | |||
History of West Asia | 2 | 10.53% | 42.11% | 47.37% | 100 % | ||||
European American | 3 | 11.11% | 88.89% | 100 % | |||||
Agrarian History | 2 | 36.36% | 63.64% | 100 % | |||||
Basics of Historical Science | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||
History of Colonial Indonesia | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||
Museology | 3 | 41.18% | 58.82% | 100 % | |||||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 40% | 60% | 100 % | |||||
Dutch language | 3 | 100% | 100 % | ||||||
Local History and Indonesian Culture | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
- Landasan Filosofi
Esensialisme dan perenialisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan esensi keilmuan pendidikan Sejarah. Progresivisme dan rekonstruksionisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan keterampilan proses pendidikan Sejarah. Berdasarkan filosofi itu implementasi kurikulum prodi mampu menghasilkan lulusan berkesadaran kritis.
2. Landasan Sosiologis
Pluralisme masyarakat Indonesia dan perkembangan masyarakat global (masyarakat 4.0 dan 5.0 atausmart society) menjadi landasan sosiologis pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sosiologis itu implementasi kurikulum program studi mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi komunikasi lintas budaya, kolaborasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.
3. Landasan Historis
Perubahan dan berkelanjutan institusi Universitas Negeri Surabaya sebagai lembaga pendidikan tinggi menjadi landasan sejarah pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sejarah itu implementasi kurikulum program studi mampu melakukan transformasi kurikulum secara dinamis seiring dengan dinamika perkembangan Universitas Negeri Surabaya .
4. Landasan Yuridis.
Landasan yuridis pengembangan kurikulum program studi adalah peraturan perundangan yang berlaku. Berdasarkan aspek hukum itu maka kurikulum program studi mempunyai kekuatan hukum yang dimana mengacu pada
- Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti)
- Surat Edarat Menteri Ristekdikti Nomor 255?B/SE/VII/2016 Tentang Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi
- Buku Panduan “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka” Tahun 2020 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
- Peraturan Menteri Tentang Perguruan Tinggi Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Rumusan Capaian Pembelajaran.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved