Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Biologi Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Biologi |
Tanggal Berdiri | : | 11 Juli 1996 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Program studi S1 Pendidikan Biologi yang unggul, adaptif, inovatif, kolaboratif berbasis penelitian dan memiliki daya saing global.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan berbasis riset di bidang pendidikan Biologi yang adaptif, inovatif, kolaboratif
- Menyelenggarakan penelitian yang inovatif di bidang pendidikan biologi melalui kolaborasi global
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, Â kompetensi profesional, dan kompetensi pedagogik,Â
- Menghasilkan lulusan yang inovatif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan pendidikan biologi,Â
- Menjalin kerjasama dengan stakeholder untuk menghasilkan pendidik biologi yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan dasar dan menengah,Â
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan kemampuan kewirausahaan untuk meningkatkan kualitas hidup di masyarakat.
Tujuan
- Lulusan yang menguasai konsep dasar biologi, pedagogik serta dapat menerapkannya dalam penyelesaian masalah yang terkait dengan Pendidikan Biologi
- Lulusan yang memiliki kemampuan untuk terus menerus mengembangkan diri dalam pengetahuan biologi dan pendidikan biologi secara formal dan atau informal
- Lulusan yang menguasai metode ilmiah untuk mengamati, mencoba, dan menganalisis permasalahan pendidikan biologi, menguasai metode deduksi dan induksi serta penerapannya untuk mendukung karier
- Lulusan yang memiliki etika, tanggung jawab, dan jiwa kepemimpinan serta memiliki kemampuan mendidik melalui metodologi pendidikan yang mutakhir
- Lulusan yang mampu berkomunikasi dalam aktivitas profesional di tingkat nasional maupun internasional.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-5 | Mampu mendemonstrasikan pengetahuan biologi pada tingkat molekul, sel, dan organisme serta interaksinya dengan lingkungan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-6 | Mampu mendemonstrasikan kemampuan mengaplikasikan konsep biologi dan isu-isu lingkungan dengan teknologi yang relevan dalam pengelolaan sumber daya alam
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-8 | Mampu mendemonstrasikan pengetahuan terkait dengan penelitian pendidikan biologi
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-9 | Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi dengan memanfaatkan ICT
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-10 | Mampu merancang dan melakukan eksperimen dalam pembelajaran biologi untuk memperoleh, menganalisis, dan menginterpretasikan data guna meyelesaikan masalah.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-11 | Mampu merancang penyelesaian masalah dengan mengimplementasikan transferable skill dalam bidang biologi untuk mengembangkan ecopreneurship (eco-innovation,eco-oppurtunity, eco-commitment).
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-12 | Mampu mengomunikasikan ide, gagasan, dan hasil penelitiannya secara efektif, baik lisan maupun tulisan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-13 | Mampu membuat keputusan berdasarkan data/informasi dalam rangka menyelesaikan tugas sebagai bagian dari tanggungjawabnya dalam pekerjaan yang telah dilakukan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik Biologi
- Menguasai konsep dasar biologi, pedagogik serta dapat menerapkan dalam penyelesaian masalah yang terkait dengan Pendidikan Biologi
- Memiliki kemampuan terus menerus mengembangkan diri dalam pengetahuan biologi dan Pendidikan biologi secara formal dan atau informal
- Menguasai metode ilmiah untuk mengamati, mencoba, dan menganalisis permasalahan pendidikan biologi, menguasai metode deduksi dan induksi serta penerapannya untuk mendukung karier
- Memiliki etika, tanggungjawab, dan jiwa kepemimpinan serta memiliki kemampuan mendidik melalui metodologi pendidikan yang mutakhir
- Mampu berkomunikasi dalam aktivitas profesional di tingkat nasional maupun internasional.
- Asisten Peneliti Muda
- Memiliki kemampuan terus menerus mengembangkan diri dalam pengetahuan biologi dan Pendidikan biologi secara formal dan atau informal.
- Menguasai metode ilmiah untuk mengamati, mencoba, dan menganalisis permasalahan pendidikan biologi, menguasai metode deduksi dan induksi serta penerapannya untuk mendukung karier.
- Memiliki etika, tanggungjawab, dan jiwa kepemimpinan serta memiliki kemampuan mendidik melalui metodologi pendidikan yang mutakhi.
- Mampu berkomunikasi dalam aktivitas profesional di tingkat nasional maupun internasional.
- Wirausaha
- Menguasai konsep dasar biologi, pedagogik serta dapat menerapkan dalam penyelesaian masalah yang terkait dengan Pendidikan Biologi.
- Memiliki etika, tanggungjawab, dan jiwa kepemimpinan serta memiliki kemampuan mendidik melalui metodologi pendidikan yang mutakhir.
- Mampu berkomunikasi dalam aktivitas profesional di tingkat nasional maupun internasional.
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum S1 Pendidikan Biologi
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420503151
Matematika Dasar I
3.00
1000002003
Bahasa Indonesia
2.00
8420503136
Kimia Umum
3.00
8420502032
Bahasa Inggris I
2.00
8420503196
Perkembangan Peserta Didik
3.00
8420503098
Fisika Dasar I
3.00
8420503056
Biologi Umum
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
8420503252
Teori Belajar
3.00
8420503135
Kimia Dasar Ii (Anorganik)
3.00
8420503099
Fisika Dasar Ii
3.00
8420502033
Bahasa Inggris Ii
2.00
8420503172
Morfologi Tumbuhan
3.00
8420503189
Pengetahuan Lingkungan
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420503013
Anatomi Hewan
3.00
8420504168
Mkpbm I
4.00
8420503240
Taksonomi Tumbuhan Rendah
3.00
8420504023
Asesmen
4.00
1000002011
Isbd
2.00
8420502156
Media Pembelajaran
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420502047
Biokimia
2.00
8420502225
Statistika
2.00
8420504180
Pembelajaran Inovatif Ii
4.00
8420503015
Anatomi Tumbuhan
3.00
8420503212
Reproduksi Hewan
3.00
8420503241
Taksonomi Tumbuhan Tinggi
3.00
8420503236
Taksonomi Invertebrata
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420503165
Mikrobiologi Dasar
3.00
8420504170
Mkpbm Iii
4.00
8420504108
Genetika
4.00
8420503158
Metode Penelitian Pend.biologi
3.00
8420503242
Taksonomi Vertebrata
3.00
8420504102
Fisiologi Tumbuhan
4.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420502262
Kkn
2.00
8420502122
Inovasi Dan Problematika Pendidikan
2.00
8420502012
Anatomi Fisiologi Manusia
2.00
8420502083
Ekologi Terapan
2.00
8420504085
Ekologi Umum
4.00
8420502052
Biologi Sekolah
2.00
8420502053
Biologi Sel
2.00
8420502205
Ppl I
2.00
8420504101
Fisiologi Hewan
4.00
8420502219
Seminar
2.00
8420502162
Mikologi
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420502133
Kapita Selekta Biologi Sekolah
2.00
8420503148
Lower Plant Taxonomy
3.00
8420502174
Nutrient In Relation To Healthy
2.00
8420503208
Program Pengelolaan Pembelajaran
3.00
8420502096
Evolution
2.00
8420502265
Developing Of Teaching Materials Ii
2.00
8420502095
Evolusi
2.00
8420503020
Animal Reproduction System
3.00
8420503244
Teaching And Learning Program
3.00
8420502218
Selecta Capita Of Biology In School
2.00
8420502187
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ii
2.00
8420506255
Thesis
6.00
8420506222
Skripsi
6.00
8420502109
Gizi Dan Kesehatan
2.00
8420502090
Entrepreneurship
2.00
8420502258
Waste Management
2.00
8420502192
Pengelolaan Limbah
2.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420503151 | Matematika Dasar I | 3.00 | |
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 | |
8420503136 | Kimia Umum | 3.00 | |
8420502032 | Bahasa Inggris I | 2.00 | |
8420503196 | Perkembangan Peserta Didik | 3.00 | |
8420503098 | Fisika Dasar I | 3.00 | |
8420503056 | Biologi Umum | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8420503252 | Teori Belajar | 3.00 | |
8420503135 | Kimia Dasar Ii (Anorganik) | 3.00 | |
8420503099 | Fisika Dasar Ii | 3.00 | |
8420502033 | Bahasa Inggris Ii | 2.00 | |
8420503172 | Morfologi Tumbuhan | 3.00 | |
8420503189 | Pengetahuan Lingkungan | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420503013 | Anatomi Hewan | 3.00 | |
8420504168 | Mkpbm I | 4.00 | |
8420503240 | Taksonomi Tumbuhan Rendah | 3.00 | |
8420504023 | Asesmen | 4.00 | |
1000002011 | Isbd | 2.00 | |
8420502156 | Media Pembelajaran | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420502047 | Biokimia | 2.00 | |
8420502225 | Statistika | 2.00 | |
8420504180 | Pembelajaran Inovatif Ii | 4.00 | |
8420503015 | Anatomi Tumbuhan | 3.00 | |
8420503212 | Reproduksi Hewan | 3.00 | |
8420503241 | Taksonomi Tumbuhan Tinggi | 3.00 | |
8420503236 | Taksonomi Invertebrata | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420503165 | Mikrobiologi Dasar | 3.00 | |
8420504170 | Mkpbm Iii | 4.00 | |
8420504108 | Genetika | 4.00 | |
8420503158 | Metode Penelitian Pend.biologi | 3.00 | |
8420503242 | Taksonomi Vertebrata | 3.00 | |
8420504102 | Fisiologi Tumbuhan | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420502262 | Kkn | 2.00 | |
8420502122 | Inovasi Dan Problematika Pendidikan | 2.00 | |
8420502012 | Anatomi Fisiologi Manusia | 2.00 | |
8420502083 | Ekologi Terapan | 2.00 | |
8420504085 | Ekologi Umum | 4.00 | |
8420502052 | Biologi Sekolah | 2.00 | |
8420502053 | Biologi Sel | 2.00 | |
8420502205 | Ppl I | 2.00 | |
8420504101 | Fisiologi Hewan | 4.00 | |
8420502219 | Seminar | 2.00 | |
8420502162 | Mikologi | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420502133 | Kapita Selekta Biologi Sekolah | 2.00 | |
8420503148 | Lower Plant Taxonomy | 3.00 | |
8420502174 | Nutrient In Relation To Healthy | 2.00 | |
8420503208 | Program Pengelolaan Pembelajaran | 3.00 | |
8420502096 | Evolution | 2.00 | |
8420502265 | Developing Of Teaching Materials Ii | 2.00 | |
8420502095 | Evolusi | 2.00 | |
8420503020 | Animal Reproduction System | 3.00 | |
8420503244 | Teaching And Learning Program | 3.00 | |
8420502218 | Selecta Capita Of Biology In School | 2.00 | |
8420502187 | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ii | 2.00 | |
8420506255 | Thesis | 6.00 | |
8420506222 | Skripsi | 6.00 | |
8420502109 | Gizi Dan Kesehatan | 2.00 | |
8420502090 | Entrepreneurship | 2.00 | |
8420502258 | Waste Management | 2.00 | |
8420502192 | Pengelolaan Limbah | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum dilakukan melalui mekanisme tracer study untuk mengukur capaian Tujuan program studi (Program Educational Objectives/PEO) atau Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). PEO dan CPL dikembangkan untuk mendukung terwujudnya profil lulusan yang ditetapkan. Profil lulusan ditetapkan dengan memperhatikan evaluasi diri, kebutuhan pasar dan hasil tracer study. PEO dirumuskan berdasarkan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Perkembangan Iptek, Asosiasi Konsorsium Biologi Indonesia/KOBI, HPPBI, Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Universitas Negeri Surabaya yang memiliki karakter Idaman Jelita, dan dokumen kurikulum Ecopreunership sebagai penciri FMIPA, dan Kurikulum Berbasis KKNI Dan SNPT Berciri Ecopreneurship. Tujuan program studi (PEO) dikembangkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai pendidik biologi, asisten peneliti muda di bidang Biologi , dan wirausahawan di bidang pendidikan Biologi yang mampu bersaing secara internasional.
Melalui tracer study diperoleh data dan diakukan analisis yang menunjukkan bahwa profil lulusan prodi yang terdiri dari tiga profesi, yaitu pendidik biologi, asisten peneliti muda, dan wirausaha tercapai dengan persentase tertinggi adalah pendidik biologi, diikuti profesi wirausaha dan asisten peneliti muda.
Pada pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) melalui tracer study dikembangan sejumlah indikator keberhasilan yang merupakan operasionalisasi dari CPL. Hasil tracer study menunjukkan penguasaan kompetensi lulusan dari penilaian pengguna sebagai berikut.
Skor Kompetensi Lulusan yang diberikan oleh Pengguna
Aspek Kompetensi | Skor dari Pengguna | Keterangan |
---|---|---|
Kedisiplinan | 3,571 | Baik sekali |
Kejujuran | 3,786 | Baik sekali |
Motivasi Kerja | 3,786 | Baik sekali |
Etos Kerja | 3,786 | Baik sekali |
Menerapkan keilmuan pada pekerjaan | 3,357 | Baik sekali |
Produktivitas kerja | 3,643 | Baik sekali |
Inovasi | 3,500 | Baik sekali |
Penyelesaian masalahan | 3,643 | Baik sekali |
Adaptasi dengan lingkungan | 3,714 | Baik sekali |
Penggunaan bahasa Inggris lisan | 2,571 | Baik |
Penggunaan bahasa Inggris tulis | 2,786 | Baik |
Komunikasi tertulis | 3,571 | Baik sekali |
Komunikasi lisan dalam pekerjaan | 3,786 | Baik sekali |
Mengemukakan ide | 3,500 | Baik sekali |
Kemampuan manajerial | 3,429 | Baik sekali |
Motivator dalam lingkungan kerja | 3,429 | Baik sekali |
Memanfaatkan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) | 3,643 | Baik sekali |
Bersosialisasi dalam lingkungan kerja | 3,786 | Baik sekali |
Keterbukaan terhadap kritik dan saran | 3,714 | Baik sekali |
Bekerja dalam tim | 3,714 | Baik sekali |
Motivasi dalam mempelajari hal baru | 3,643 | Baik sekali |
Kemampuan untuk mempelajari pengetahuan/keterampilan/hal baru secara mandiri | 3,643 | Baik sekali |
Kompetensi lulusan terkait softskill digambarkan sebagai jarring laba-laba berikut, yang secara garis besar menunjukkan kompetensi yang sangat baik. Penilaian tersebut dilakukan oleh lulusan sebagai bentuk evaluasi diri, maupun oleh pengguna sebagai atasan para lulusan yang telah memasuki dunia kerja antara 2-3 tahun.
Gambar 1. Profil Soft Skill Lulusan Pendidikan Biologi Unesa Berdasarkan Evaluasi Diri Lulusan (n=111)
Gambar 2. Rata-rata skor soft skill lulusan Pendidikan Biologi Unesa berdasarkan evaluasi pengguna lulusan (4= sangat baik; 3= baik; 2= cukup; 1= kurang)
Berdasarkan capaian tersebut dapat diberikan rekomendasi perbaikan yang dapat digunakan sebagai masukan saat peninjauan kurikulum, baik untuk membenahi isi perkuliahan maupun untuk penambahan mata kuliah. Rekomendasi yang diperikan oleh lulusan maupun pengguna lulusan. Dari pengguna lulusan dapat teridentifikasi kompetensi yang diperlukan untuk membangun karir di lembaganya, juga saran untuk pembekalan bagi mahasiswa bagi program studi pendidikan biologi.
Tabel Kompetensi yang diperlukan di Instansi Kerja dan Masukkan untuk Kurikulum Prodi Pendidikan Biologi
Kompetensi yang diperlukan di Lembaga tempat bekerja (menurut pengguna lulusan) | Bidang Kerja | Usulan untuk prodi Pendidikan Biologi |
---|---|---|
Kompetensi pedagogik, |
|
|
Kemampuan analisis terhadap data | ||
Kemampuan dalam memberikan solusi terhadap permasalahan | ||
Mampu berkomunikasi dengan baik | ||
Tanggap dan responsive pada kondisi lingkungan kerja | ||
Teliti, kreatif, bekerja sesuai deadline | ||
Kolaboratif | ||
Belajar bidang lain secara mandiri | ||
Kompetensi Andragogik | ||
Kompetensi Pedagogi | ||
Keterampilan lifeskill yang kontekstual | ||
Kompetensi menerapkan IPTEK | ||
Kompetensi Spiritual | ||
Kompetensi managerial |
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | CPL13 | |||
Asesmen Proses dan Hasil Belajar | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||||
Evolusi | 2 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||||
Metodologi Penelitian | 3 | 40% | 20% | 40% | 100 % | ||||||||||
Fisiologi Hewan | 4 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||||
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Pengembangan Bahan Ajar | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||
PENGEMBANGAN INSTRUMEN | 2 | 50% | 50% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Perancangan dan Pengembangan Kurikulum meliputi:
- Landasan Hukum , meliputi
- Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
- Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 04 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
- Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka ualifikasi Nasional Indonesia.
- Statuta UNESA
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
- Keputusan Rektor UNESA tentang Kurikulum
2. Acuan Pengembangan Kurikulum
Proses penyusunan kurikulum merdeka mengacu pada beberapa dokumen berikut :
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
- Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
- Subject Specific Criteria of the Technical Committee 10- Life Sciences for the Accreditation of Bachelor and Master Degree Programmes in Life Sciences, ASIIN General Criteria for the Accreditation of Degree Programmes 2019
- Rumusan Naskah Akademik Standar Nasional Berbasis KKNI Sarjana Biologi KOBI (Konsorsium Biologi Indonesia)
- Rumusan Naskah Akademik Standar Nasional Berbasis KKNI Sarjana Pendidikan Biologi KPBI (Konsorsium Prodi Pendidikan Biologi Indonesia) 2019, dan Himpunan Pendidik dan Peneliti Biologi Indonesia (HPPBI) 2914
3. Analisis Kebutuhan dan Tantangan Masa Depan Profesi Pendidik Biologi, Peneliti Pendidikan Biologi, dan Wirausahawan Pendidikan Biologi
Bidang ilmu Biologi, khususnya yang terkait dengan pendidikan biologi merupakan bidang ilmu yang tidak baru. Pada perkembangannya bidang ini telah memberikan kontribusi pada kesejahteraan hidup manusia, dan keberlanjutan kehidupan yang harmonis antarmakhluk hidup.
Penemuan sebagai hasil penelitian, dan inovasi dalam bidang biologi berlangsung sangat cepat. Selain itu, bidang biologiberkembang tidak secaramandiri, tetapi beririsan dan berintegrasi dengan perkembangan bidang ilmu pengetahuan sains teknologi, sosial humaniora, budaya, dan matematik.
Berbagai tuntutan masa depan perlu diadopsi oleh Prodi Pendidikan Biologi agar lulusannya tidak tertinggal, dan dapat beradaptasi dengan cepat pada perubahan dan tuntutan masa depan, termasuk tuntutan abad 21. Di samping itu tuntutan untuk terlibat dalam menjaga keberlanjutan ketersediaan sumber-sumber daya alam dan biodiversity di Indonesia maupun global, serta tuntutan untuk mengadopsi keterampilan yang diperlukan pada abad 21, membuat Prodi Pendidikan Biologi perlu merumuskan tujuan dan profil lulusannya.
Mengacu pada framework skills abad 21 yang disampaikan pada Partnership for 21st Century Skills, yaitu penguasaan terhdap core subject dan tema-tema pendidikan abad 21, learning and innovation skills, information, media, and technology skills, dan life and career skills yang diperlukan di masa depan.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved