Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Tanggal Berdiri | : | 7 November 1996 |
Koordinator Program Studi | : | Rusmiyati, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Surabaya
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan calon pendidik bahasa Jepang yang kompeten dan berdikariÂ
- Melaksanakan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Jepang,Â
- Melaksanakan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan bahasa Jepang
- Mengembangkan kerja sama dengan institusi tingkat nasional maupun internasional.
Tujuan
- Menghasilkan calon pendidik bidang bahasa Jepang berkepribadian unggul yang memiliki kompetensi pedagogik, akademik, sosial, dan profesional sesuai tuntutan dunia keilmuan, pendidikan dan pembelajaran bahasa Jepang, serta perkembangan dan perubahan masyarakat,Â
- Menghasilkan produk-produk penelitian bidang keilmuan pendidikan dan bahasa Jepang yang bermutu baik secara kuantitas maupun kualitas,Â
- Tersedianya program-program pemberdayaan masyarakat dari hasil-hasil penelitian
- Terciptanya networking melalui kerjasama dengan institusi nasional maupun internasional.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-5 | Mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran bahasa Jepang, ilmu bahasa, ilmu pendidikan, dan ilmu penelitian yang berorientasi pada standar proses dengan menggunakan sumber belajar dan media pembelajaran bahasa Jepang berbasis IPTEKS.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-6 | Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium, sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait dengan bidang pendidikan bahasa Jepang dan mengevaluasi aktivitas yang dilaksanakan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | Mampu berbahasa Jepang secara reseptif dan produktif dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-8 | Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa Jepang; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa Jepang.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-9 | Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa Jepang melalui pendekatan secara terintegrasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-10 | Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa Jepang, serta pembelajarannya
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-11 | Menguasai konsep dasar kebahasaan, pembelajaran bahasa, keterampilan berbahasa, penelitian bahasa dan pendidikan bahasa Jepang.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-12 | Menguasai konsep dasar pedagogi pendidikan bahasa Jepang mencakup teori belajar, strategi, perencanaan, dan evaluasi pembelajaran dalam bahasa Jepang
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Surabaya
- Dosen, guru bidang studi Bahasa Jepang
Dosen dan guru memiliki kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial
- Instruktur bahasa Jepang
Instruktur bahasa Jepang memiliki kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan dan kompetensi profesional
- Staf administrasi, penerjemah
Staf administrasi dan penerjemah memiliki kompetensi yang menunjang pekerjaan administrasi yang berhubungan dengan Bahasa Jepang
- Pengelola lembaga pendidikan non formal (kursus Bahasa Jepang)
Pengelola lembaga pendidikan memiliki kompetensi kewirausahaan dan pengetahuan bahasa Jepang
- Agen perjalanan wisata, pemandu wisata, hospitality
Agen perjalanan wisata, pemandu wisata, dan hospitality memiliki kemampuan terkait percakapan bahasa Jepang, menerjemahkan, dan kewirausahaan
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum MBKM S1 Pendidikan Bahasa Jepang 2022
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820502304
Dasar Kependidikan
2.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
8820502201
Nihon Shakai To Bunka
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Islam
2.00
✔
8820502214
Pengantar Linguistik
2.00
8820502303
Shokyu Chokai
2.00
8820502252
Shokyu Dokkai
2.00
8820502254
Shokyu Hanashikata
2.00
8820503255
Shokyu Hyoki
3.00
8820503261
Shokyu Nihongo
3.00
8820500301
Teori Belajar
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820502305
Kurikulum Sekolah
2.00
1000002003
Bahasa Indonesia
2.00
1000002047
Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran
2.00
1000002018
Pancasila
2.00
8820502216
Perencanaan Pembelajaran
2.00
8820502309
Shochukyu Chokai
2.00
8820502253
Shokyu Dokkai Oyo
2.00
8820502308
Shokyu Hanashikata Oyo
2.00
8820502307
Shokyu Hyoki Oyo
2.00
8820503273
Shokyu Nihongo Oyo
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820502319
Chukyu Chokai Oyo
2.00
8820502042
Chukyu Dokkai Oyo
2.00
8820502320
Chukyu Hanashikata Oyo
2.00
8820502047
Chukyu Hyoki Oyo
2.00
8820503053
Chukyu Nihongo Oyo
3.00
8820502054
Chukyu Sakubun
2.00
8820502300
Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran
2.00
8820502311
Keterampilan Mengajar Dan Pembelajaran Mikro
2.00
8820502162
Metode Penelitian
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020101
Kknt
20.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820520325
Plp
20.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820506276
Skripsi
6.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820502304 | Dasar Kependidikan | 2.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
8820502201 | Nihon Shakai To Bunka | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Islam |
2.00 | ✔ |
8820502214 | Pengantar Linguistik | 2.00 | |
8820502303 | Shokyu Chokai | 2.00 | |
8820502252 | Shokyu Dokkai | 2.00 | |
8820502254 | Shokyu Hanashikata | 2.00 | |
8820503255 | Shokyu Hyoki | 3.00 | |
8820503261 | Shokyu Nihongo | 3.00 | |
8820500301 | Teori Belajar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820502305 | Kurikulum Sekolah | 2.00 | |
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 | |
1000002047 | Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila | 2.00 | |
8820502216 | Perencanaan Pembelajaran | 2.00 | |
8820502309 | Shochukyu Chokai | 2.00 | |
8820502253 | Shokyu Dokkai Oyo | 2.00 | |
8820502308 | Shokyu Hanashikata Oyo | 2.00 | |
8820502307 | Shokyu Hyoki Oyo | 2.00 | |
8820503273 | Shokyu Nihongo Oyo | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820502319 | Chukyu Chokai Oyo | 2.00 | |
8820502042 | Chukyu Dokkai Oyo | 2.00 | |
8820502320 | Chukyu Hanashikata Oyo | 2.00 | |
8820502047 | Chukyu Hyoki Oyo | 2.00 | |
8820503053 | Chukyu Nihongo Oyo | 3.00 | |
8820502054 | Chukyu Sakubun | 2.00 | |
8820502300 | Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran | 2.00 | |
8820502311 | Keterampilan Mengajar Dan Pembelajaran Mikro | 2.00 | |
8820502162 | Metode Penelitian | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020101 | Kknt | 20.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820520325 | Plp | 20.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820506276 | Skripsi | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang disusun berdasarkan pada naskah akademik Unesa tentang pengembangan Kurikulum Unesa Tahun 2020. Naskah akademik ini mengakomodasi berbagai regulasi pengembangan kurikulum perguruan tinggi seperti Undang-undang No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, Perpres No. 8/2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Permendikbud No.49/2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Restrukturisasi kurikulum Prodi S1 pendidikan Bahasa Jepang dalam lima tahun terakhir dilakukan pada tahun 2020, namun peninjauan kurikulum dilakukan setiap tahun.
Restrukturisasi kurikulum dilaksanakan setiap lima tahun sekali, melalui tahapan secara umum sebagai berikut:
- Tahap perencanaan pengembangan kurikulum :Pembentukan tim pengembang kurikulum di tingkat Prodi melalui rapat Prodi
- Tahap analisis : Tim Pengembang Kurikulum bersama Unit Penjaminan Mutu (UPM) mengadakan rapat tinjauan kurikulum untuk meninjau isi kurikulum Prodi dengan cara melakukan analisis SWOT, misalnya: meninjau RPS (untuk pemutakhiran materi), dan sebagainya. kemudian Membuat laporan hasil analisis tinjauan kurikulum yang sedang berjalan, dan draf kurikulum yang baru. Melaporkan hasil analisis tinjauan kurikulum dan draf Kurikulum terbaru kepada Kaprodi.
- Tahap Pengembangan/Perancangan : Pembahasan draf kurikulum terbaru melalui rapat kurikulum prodi dipimpin Kaprodi dihadiri oleh seluruh dosen Prodi. Menetapkan draf final kurikulum Prodi berdasarkan masukan dari dosen, Tim UPM, dan tim kurikulum. Prodi mengundang Dekanat untuk memberikan masukan pada isi draf final kurikulum Prodi. Masukan dari Dekanat untuk kurikulum Prodi satu diantaranya adalah memperkuat kerjasama dengan dunia industri dan dunia pendidikan melalui program PLP di sekolah dan program KKNT. Mengundang stakeholder (termasuk alumni) untuk memberikan masukan terkait pengembangan kurikulum tentang kesesuaian kompetensi lulusan dengan apa yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan dan industri.
- Tahap sanctioning : Hasil rapat kurikulum pada tahap pengembangan draf kurikulum mendapatkan masukan dari pihak eksternal dalam tahap sanctioning.
- Tahap Uji publik : Prodi mengundang dua narsum dari luar juga untuk memberikan masukan pada kurikulum prodi kedua ahli tersebut merupakan alumni senior dari prodi yang menjabat sebagai pengelola Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) bahasa Jepang di tahun tersebut.
- Tahap implementasi kurikulum : Setelah tahap sanctioning dan uji publik berdasarkan masukan dari beberapa narasumber tersebut, dilakukan revisi draf kurikulum melalui rapat prodi. Selanjutnya hasil dari rapat kurikulum ditetapkanlah draf final kurikulum prodi. Tahap selanjutnya, prodi mengajukan laporan kurikulum pada Dekanat, dan selanjutnya dimuat di Buku Pedoman Akademik Unesa. Kemudian Kurikulum dilaksanakan pada tahun ajaran berikutnya.
- Tahap evaluasi : Evaluasi kurikulum dilakukan sekali dalam setahun melalui audit kurikulum. Audit kurikulum dilakukan secara terjadwal oleh Tim Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Bahasa dan Seni Unesa.
Tim tracer study Universitas Negeri Surabaya terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu tingkat Universitas, Fakultas, dan Program Studi. Setiap tim terdiri dari para dosen UNESA yang telah sah dipilih serta ditetapkan oleh pimpinan UNESA (ST/SK). Semua tim akan bekerja sesuai dengan tupoksinya, dengan jalur koordinasi Universitas – Fakultas – Prodi dan Prodi – Fakultas – Universitas sesuai dengan buku panduan tracer study Unesa.
Koordinasi yang terjadi adalah, Tim tracer study pusat Universitas Negeri Surabaya telah memiliki data saringan alumni yang perlu untuk dilacak (satu tahun setelah lulus) akan melakukan pengiriman email (email blast) kepada alumni yang dituju tersebut.
Sasaran tracer Study UNESA yaitu alumni setelah satu tahun dan sesuai dengan kohort/sasaran lulusan (kelompok homogen mahasiswa yang menyelesaikan studinya pada titik waktu yang sama/sesuai cut-off. Kelompok sasaran tracer telah ditentukan melalui Keputusan Rektor pada program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor, yang berasal dari data SIM Yudisium UNESA dan melalui FGD bersama bidang Akademik dan PPTI UNESA.
Penetapan dilakukan melalui metode kohort/pemetaan sasaran berdasarkan fakultas dan program studi. Selanjutnya data sasaran tracer study dilakukan rekapitulasi dan penetapan data sasaran melalui surat edaran atas nama Rektor (Wakil Rektor Bidang I atau Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UNESA). Tim tracer study tingkat Prodi juga dapat memantau capaian, serta data terperinci dari alumni melalui sistem tersebut. Kemudian info email blast tersebut akan diteruskan kepada tim Tracer study tingkat Fakultas yang langsung akan diarahkan kepada tim tracer study tingkat Prodi. Pada masa pengisian data tracer study, jika ada alumni yang belum mengisi akan menjadi tanggung jawab tim tracer study tingkat Prodi. Tim tracer study dari setiap program studi bertanggung jawab untuk memantau partisipasi alumni dan mengkoordinasikan upaya untuk mendapatkan data dari alumni yang belum mengisi.
Organisasi pelaksanaan tracer study di UNESA dapat digambarkan dengan bagan alir sebagai berikut
Gambar Alur prosedur pengambilan data pelacakan kepada para alumni
Pengambilan data pelacakan tidak hanya dilakukan pada alumni saja, tetapi juga ditujukan kepada para pengguna alumni (user survei) Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNESA. Pengguna yang dimaksud yaitu pimpinan instansi tempat para alumni bekerja. Pengambilan data tersebut dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut
Gambar Alur prosedur pengambilan data kepada pengguna alumni
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | |||
TEORI BELAJAR | 2 | 75% | 25% | 100 % | ||||||||||
Chukyu Dokkai Oyo | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Shokyu Hanashikata | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Chukyu Dokkai | 2 | 25% | 75% | 100 % | ||||||||||
Chukyu Nihongo | 3 | 75% | 25% | 100 % | ||||||||||
Shokyu Sakubun | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | ||||||||||
Shokyu Dokkai | 2 | 60% | 40% | 100 % | ||||||||||
Chukyu Chokai | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Shokyu Hyoki | 3 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||||
Shokyu Nihongo | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Kewirausahaan | 2 | 45.45% | 54.55% | 100 % | ||||||||||
Chukyu Sakubun | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Chukyu Hanashikata | 2 | 91.67% | 8.33% | 100 % | ||||||||||
Statistik | 2 | 75% | 25% | 100 % | ||||||||||
Shokyu Chokai | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Dasar Kependidikan | 2 | 50% | 50% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam seluruh aspek kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya peranan kurikulum di dalam pendidikan maupun perkembangan kehidupan manusia, maka dalam penyusunan kurikulum tidak bisa dilakukan tanpa menggunakan landasan yang kokoh dan kuat. Pengembangan kurikulum yang ideal dilakukan atas landasan yang kuat untuk menghasilkan kurikulum yang kokoh. Hal ini untuk memastikan bahwa sistem sudah mengakomodasi seluruh aktivitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Aktivitas yang dilakukan merupakan usaha untuk menerapkan kurikulum dalam mencapai tujuan. Aktivitas ini bukan hanya dimaknai dengan aktivitas akademik semata, namun aktivitas non-akademik guna menunjang pencapaian visi dan misi. Secara pokok landasan pengembangan kurikulum diilustrasikan dalam bagan berikut.
Bagan Landasan Pengembangan Kurikulum
Filosofis
Landasan filosofis merupakan asumsi atau rumusan yang didapatkan dari hasil berfikir secara mendalam, analitis, logis, dan sistematis dalam perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, dan pengembangan kurikulum. Hal tersebut diperlukan sebab pengembangan kurikulum adalah sebuah proses merencanakan, menghasilkan suatu yang lebih baik dengan didasarkan pada hasil penilaian terhadap kurikulum yang telah berlaku, sehingga dapat memberikan kondisi pembelajaran yang baik. dengan demikian sebuah proses pengembangan kurikulum perlu memiliki landasan filosofis yang sesuai dengan hasil berfikirnya untuk mencapai hasil yang lebih baik.
Landasan filosofis pengembangan kurikulum lembaga pendidikan merupakan landasan yang berdasarkan atau bersifat filsafat yang berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan, yaitu sesuatu yang diyakini kebenarannya berdasarkan sudut pandang yang diambil. Berbagai filosifi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme, romantic naturalism, dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk berbuara pada visi dan misi. Dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan berbagai landasan filosifi di atas, pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unesa menganut filosofi eklektik, yaitu melihat bagian-bagian baik dari landasan filosifi yang sesuai untuk pencapaian visi dan misi Prodi Pendidikan Bahasa Jepang.
Sebagaimana tertuang dalam visi, landasan filosofi pengembangan kurikulum harus bermuara pada keunggulan dalam bidang kependidikan. Hal ini sesuai dengan amanat Unesa sebagai salah satu Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan yang mendalami bidang kependidikan dan menghasilkan lulusan sebagai tenaga pendidik dan kependidikan. Keunggulan dalam bidang kependidikan juga didukung melalui penguatan keilmuan, dalam konteks prodi keilmuan bahasa Jepang.
Sosiologis
Landasan sosiologis mengarahkan kajian mengenai kurikulum yang dikaitkan dengan masyarakat dan kebudayaan yang berkembang dalam masyarakat yang bersangkutan. Kedua hal tersebut merupakan landasan yang sangat mempengaruhi isi kurikulum. Hal ini dikarenakan peserta didik berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan baik formal maupun informal dalam lingkungan masyarakat dan diarahkan bagi kehidupan masyarakat pula.
Kurikulum harus mampu menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat. Penerapan teori, prinsip, dan hukum yang terdapat dalam semua ilmu pengetahuan yang ada dalam kurikulum harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat baik masyarakat setempat sebagai local content lembaga pendidikan berada ataupun masyarakat global sebagai sasaran pengguna lulusan yang dihasilkan dari kurikulum yang dikembangkan.
Kurikulum yang dikembangkan di Prodi memiliki landasan sosiologis yang berakar pada kehidupan masyarakat dan budaya yang berkembang. Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, pengembangan kurikulum didasarkan pada kehidupan masyarakat Indonesia yang berdasarkan pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Pada kehidupan masyarakat tersebut tumbuh budaya yang mengiringi, dengan demikian budaya dan masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan.
Psikologis
Landasan psikologis adalah kondisi karakteristik manusia sebagai individu, yang dinyatakan dalam berbagai bentuk perilaku dalam interaksinya dengan lingkungan. Perilaku merupakan manifestasi dari ciri-ciri kehidupan berupa perilaku kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai akibat interaksi individu dengan lingkungannya. Kondisi psikologis yang dimaksud adalam kondisi psikologis mahasiswa sebagai subjek dalam pembelajaran.
Pada pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, landasan psikologis yang digunakan memandang mahasiswa selaku peserta didik sebagai individu dalam satu kesatuan psikofisik yang selalu beraktivitas dan berinteraksi dengan lingkungannya. Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang secara psikologis berada pada tahap berfikir formal, tahap perkembangan moral yang pada umumnya telah mencapai pascakonvensional dan tahap perkembangan social yang telah mencapai usia remaja dengan karakteristik khas, sehingga kurikulum prodi memperhatikan tahap perkembangan psikologi mahasiswa tersebut. Pada sisi lain, mahasiswa dipandang sebagai individu yang memiliki keunikan, kekhasan yang membentuk satu kesatuan. Mahasiswa pada tahap psikologi yang mempunyai sifat khas yakni perkembangan dinamis sesuai dengan tingkat kematangannya. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum prodi memperhatikan dan mempertimbangkan tingkat perkembangan psikologi mahasiswa sehingga mahasiswa bisa merasakan kenyamanan dan terfasilitasi dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Historis
Secara historis pengembangan kurikulum di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang selaras dengan pengembangan lembaga yakni IKIP Negeri Surabaya, sejak Prodi didirikan pada tahun 1982. Selanjutnya kurikulum prodi juga mengalami perkembangan historis sejak IKIP Negeri Surabaya berubah menjadi universitas pada tahun 2000, sebagai perluasan mandat untuk mengembangkan program nonkependidikan disamping program kependidikan. Kurikulum Prodi juga direview secara bertahap, lebih-lebih prodi juga telah mengajukan akreditasi pada tahun 2005, secara tidak langsung pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Jepang mendapatkan masukan dan telah direview oleh para asesor BAN-PT secara tidak langsung.
Yuridis
Pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Unesa dilakukan dengan dasar:
1. Pancasila dan UUD 1945
2. Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS
3. Undang-undang RI No. 12 tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi
4. Peraturan Presiden No. 08 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
5. Peraturan pemerintah RI No. 32 tahun 2013 tentang perubahan peraturan pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
6. Peraturan pemerintan RI No. 17 tahun 2000 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan junto PPRI no. 66 tahun 2000 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
7. Peraturan Menteri Riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI)
8. Permendikbud No. 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti
9. Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
10. Renstra Universitas Negeri Surabaya 2020-2024
11. Renstra Fakultas Bahasa dan Seni 2020-2024
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved