Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang Unesa
Study Program | : | Japanese Language and Literature Education |
Establishment Date | : | 7 November 1996 |
Study Program Coordinator | : | Rusmiyati, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Surabaya
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan calon pendidik bahasa Jepang yang kompeten dan berdikari
- Melaksanakan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Jepang,
- Melaksanakan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan bahasa Jepang
- Mengembangkan kerja sama dengan institusi tingkat nasional maupun internasional.
Tujuan
- Menghasilkan calon pendidik bidang bahasa Jepang berkepribadian unggul yang memiliki kompetensi pedagogik, akademik, sosial, dan profesional sesuai tuntutan dunia keilmuan, pendidikan dan pembelajaran bahasa Jepang, serta perkembangan dan perubahan masyarakat,
- Menghasilkan produk-produk penelitian bidang keilmuan pendidikan dan bahasa Jepang yang bermutu baik secara kuantitas maupun kualitas,
- Tersedianya program-program pemberdayaan masyarakat dari hasil-hasil penelitian
- Terciptanya networking melalui kerjasama dengan institusi nasional maupun internasional.
Capaian Lulusan Program Studi Japanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-5 | Mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran bahasa Jepang, ilmu bahasa, ilmu pendidikan, dan ilmu penelitian yang berorientasi pada standar proses dengan menggunakan sumber belajar dan media pembelajaran bahasa Jepang berbasis IPTEKS.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium, sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait dengan bidang pendidikan bahasa Jepang dan mengevaluasi aktivitas yang dilaksanakan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Mampu berbahasa Jepang secara reseptif dan produktif dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa Jepang; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa Jepang.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa Jepang melalui pendekatan secara terintegrasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa Jepang, serta pembelajarannya
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-11 | Menguasai konsep dasar kebahasaan, pembelajaran bahasa, keterampilan berbahasa, penelitian bahasa dan pendidikan bahasa Jepang.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-12 | Menguasai konsep dasar pedagogi pendidikan bahasa Jepang mencakup teori belajar, strategi, perencanaan, dan evaluasi pembelajaran dalam bahasa Jepang
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Japanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
- Dosen, guru bidang studi Bahasa Jepang
Dosen dan guru memiliki kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial
- Instruktur bahasa Jepang
Instruktur bahasa Jepang memiliki kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan dan kompetensi profesional
- Staf administrasi, penerjemah
Staf administrasi dan penerjemah memiliki kompetensi yang menunjang pekerjaan administrasi yang berhubungan dengan Bahasa Jepang
- Pengelola lembaga pendidikan non formal (kursus Bahasa Jepang)
Pengelola lembaga pendidikan memiliki kompetensi kewirausahaan dan pengetahuan bahasa Jepang
- Agen perjalanan wisata, pemandu wisata, hospitality
Agen perjalanan wisata, pemandu wisata, dan hospitality memiliki kemampuan terkait percakapan bahasa Jepang, menerjemahkan, dan kewirausahaan
Struktur Kurikulum Japanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Bahasa Jepang 2024--2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
8820502304
Basic Education
2.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
8820502303
Shokyu
2.00
8820502252
Shokyu Dokkai
2.00
8820502254
Shokyu Hanashikata
2.00
8820500301
Teori Belajar
2.00
8820503255
Shokyu
3.00
8820503261
Nihongo
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002003
Indonesian
2.00
8820502305
School Curriculum
2.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
1000002047
Physical Education And Fitness
2.00
8820502309
Shochukyu Chokai
2.00
8820502253
Chokai
2.00
8820502308
Shokyu Hanashikata Oyo
2.00
8820502307
Shokyu Hyoki Oyo
2.00
8820503273
Oyo
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820502040
Chukyu Chokai
2.00
8820502041
Chukyu Dokkai
2.00
8820502043
Chukyu Hanashikata
2.00
8820502044
Chukyu Hyoki
2.00
8820503050
Chukyu Nihongo
3.00
8820502312
Development Of Teaching Materials
2.00
8820502216
Learning Planning
2.00
8820502277
Statistik
2.00
1000002033
Citizenship
2.00
8820502214
Introductory Linguistics
2.00
8820502274
Shokyu Sakubun
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002177
English
2.00
8820502319
Chukyu Chokai Oyo
2.00
8820502042
Chukyu Dokkai Oyo
2.00
8820502320
Chukyu Hanashikata Oyo
2.00
8820502047
Chukyu Hyoki Oyo
2.00
8820503053
Chukyu Nihongo Oyo
3.00
8820502054
Sakubun
2.00
8820503321
Research Methods
3.00
8820502300
Evaluation Of Learning And Learning
2.00
8820502311
Teaching Skills And Microlearning
2.00
1000002176
Entrepreneurship
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002051
Plp Analisis Kurikulum
2.00
1000002055
Plp Asesmen Pembelajaran
2.00
1000002049
Plp Manajemen Sekolah
2.00
1000003053
Plp Pengembangan Bahan Ajar
3.00
1000002054
Plp Pengembangan Media Pembelajaran
2.00
1000003052
Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran
3.00
1000002050
Plp Pengembangan Program Sekolah
2.00
MBKM0032
Plp Program Planning
2.00
MBKM0031
Plp Program Evaluation
2.00
Semester ke 6
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 6 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (20 SKS)
- Paket Matakuliah Bela Negara (20 SKS)
- Paket Matakuliah Magang (20 SKS)
- Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (20 SKS)
- Paket Matakuliah Pertukaran Mahasiswa (20 SKS)
- Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (20 SKS)
- Paket Matakuliah Riset (20 SKS)
- Paket Matakuliah Studi Independen (20 SKS)
- Paket Matakuliah Wirausaha (20 SKS)
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002104
Seminar Proposal Final Project
2.00
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020113
Evaluation Of Teaching Programs In Schools
2.00
8820504348
Implementation Of Teaching Programs In Schools
4.00
8820504351
Reporting On Teaching Programs In Schools
4.00
8820504350
Dissemination Of Teaching Programs In Schools
4.00
8820504349
Development Of Teaching Activity Programs In Schools
4.00
1000020171
Teaching Assistance Program Planning
2.00
Matakuliah Bela Negara
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820504374
Implementation Of The National Defense Program
4.00
8820504377
Reporting On The National Defense Program
4.00
8820509376
Dissemination Of The National Defense Program
4.00
1000020169
National Defense Program Planning
2.00
1000020148
Evaluation Of The National Defense Program
2.00
8820504375
Development Of The National Defense Activity Program
4.00
Matakuliah Magang
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820504344
Implementation Of Industrial Practical Internships
4.00
8820504345
Dissemination Of The Industrial Practical Internship Program
4.00
8820504347
Development Of Industrial Practical Internship Activity Program
4.00
8820504346
Industrial Practical Internship Program Reporting
4.00
1000020174
Internship Program Planning
2.00
1000020108
Evaluation Of The Industrial Practical Internship Program
2.00
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020175
Evaluation Of Project Programs In Villages
2.00
8820504370
Implementation Of Project Programs In Villages
4.00
8820504373
Reporting On Project Programs In Villages
4.00
8820504372
Dissemination Of Project Programs In Villages
4.00
8820504371
Development Of Project Programs In Villages
4.00
1000020168
Project Program Planning In The Village
2.00
Matakuliah Pertukaran Mahasiswa
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020138
Evaluation Of Student Exchange Programs
2.00
8820504366
Implementation Of The Student Exchange Program
4.00
8820504369
Student Exchange Program Reporting
4.00
8820504368
Dissemination Of Student Exchange Programs
4.00
1000020170
Student Exchange Program Planning
2.00
8820504367
Development Of Student Exchange Activity Programs
4.00
Matakuliah Proyek Kemanusiaan
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020118
Humanitarian Project Program Evaluation
2.00
8820504352
Implementation Of The Humanitarian Project Program
4.00
8820504355
Humanitarian Project Program Reporting
4.00
8820504354
Dissemination Of Humanitarian Project Programs
4.00
1000020166
Humanitarian Project Program Planning
2.00
8820504353
Development Of Humanitarian Project Activity Programs
4.00
Matakuliah Riset
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020133
Evaluation Of Research And Research Programs
2.00
8820504362
Implementation Of Research Programs
4.00
8820504364
Research Program Dissemination
4.00
8820504363
Research Program Development
4.00
8820504365
Research Program Reporting
4.00
1000020172
Research Program Planning
2.00
Matakuliah Studi Independen
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020123
Evaluation Of Independent Study Programs And Projects
2.00
8820504333
Implementation Of Study Programs
4.00
8820504335
Dissemination Of Study Programs
4.00
8820504334
Study Program Development
4.00
8820504336
Study Program Reporting
4.00
1000020173
Independent Study Program Planning
2.00
Matakuliah Wirausaha
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820504356
Implementation Of The Entrepreneurship Program
4.00
8820504360
Dissemination Of Entrepreneurship Programs
4.00
8820504357
Entrepreneurship Program Development
4.00
8820504361
Entrepreneurship Program Reporting
4.00
1000020167
Entrepreneurship Program Planning
2.00
1000020128
Evaluation Of Entrepreneurship Programs
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020158
Critical And Creative Thinking
2.00
8820502324
Bijinesu Kaiwa
2.00
8820502340
Bunpo To Bunkei No Jissen Renshu
2.00
1000020163
Communication Skills
2.00
1000020157
Event Management
2.00
1000020165
National Conference
2.00
8820502341
Nihongo Shiken Junbi Kosu
2.00
8820502201
Shokyu
2.00
1000020162
Soft Skills
2.00
8820502338
Tabunka Komunikeshon
2.00
1000020160
Empathy And Emotional Intelligence
2.00
8820502342
Dokkai Kyoka Kosu
2.00
8820502339
Genba Nihongo Kosu
2.00
8820502337
Honyaku To Tsuyaku Jisshu
2.00
1000020164
International Conference
3.00
1000020159
Inclusive Leadership
2.00
1000020161
Communication And Teamwork
2.00
1000020156
Emotional And Social Learning
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000004105
Thesis
4.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8820502304 | Basic Education | 2.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
8820502303 | Shokyu | 2.00 | |
8820502252 | Shokyu Dokkai | 2.00 | |
8820502254 | Shokyu Hanashikata | 2.00 | |
8820500301 | Teori Belajar | 2.00 | |
8820503255 | Shokyu | 3.00 | |
8820503261 | Nihongo | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8820502305 | School Curriculum | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
1000002047 | Physical Education And Fitness | 2.00 | |
8820502309 | Shochukyu Chokai | 2.00 | |
8820502253 | Chokai | 2.00 | |
8820502308 | Shokyu Hanashikata Oyo | 2.00 | |
8820502307 | Shokyu Hyoki Oyo | 2.00 | |
8820503273 | Oyo | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820502040 | Chukyu Chokai | 2.00 | |
8820502041 | Chukyu Dokkai | 2.00 | |
8820502043 | Chukyu Hanashikata | 2.00 | |
8820502044 | Chukyu Hyoki | 2.00 | |
8820503050 | Chukyu Nihongo | 3.00 | |
8820502312 | Development Of Teaching Materials | 2.00 | |
8820502216 | Learning Planning | 2.00 | |
8820502277 | Statistik | 2.00 | |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
8820502214 | Introductory Linguistics | 2.00 | |
8820502274 | Shokyu Sakubun | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002177 | English | 2.00 | |
8820502319 | Chukyu Chokai Oyo | 2.00 | |
8820502042 | Chukyu Dokkai Oyo | 2.00 | |
8820502320 | Chukyu Hanashikata Oyo | 2.00 | |
8820502047 | Chukyu Hyoki Oyo | 2.00 | |
8820503053 | Chukyu Nihongo Oyo | 3.00 | |
8820502054 | Sakubun | 2.00 | |
8820503321 | Research Methods | 3.00 | |
8820502300 | Evaluation Of Learning And Learning | 2.00 | |
8820502311 | Teaching Skills And Microlearning | 2.00 | |
1000002176 | Entrepreneurship | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002051 | Plp Analisis Kurikulum | 2.00 | |
1000002055 | Plp Asesmen Pembelajaran | 2.00 | |
1000002049 | Plp Manajemen Sekolah | 2.00 | |
1000003053 | Plp Pengembangan Bahan Ajar | 3.00 | |
1000002054 | Plp Pengembangan Media Pembelajaran | 2.00 | |
1000003052 | Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran | 3.00 | |
1000002050 | Plp Pengembangan Program Sekolah | 2.00 | |
MBKM0032 | Plp Program Planning | 2.00 | |
MBKM0031 | Plp Program Evaluation | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002104 | Seminar Proposal Final Project | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020113 | Evaluation Of Teaching Programs In Schools | 2.00 | |
8820504348 | Implementation Of Teaching Programs In Schools | 4.00 | |
8820504351 | Reporting On Teaching Programs In Schools | 4.00 | |
8820504350 | Dissemination Of Teaching Programs In Schools | 4.00 | |
8820504349 | Development Of Teaching Activity Programs In Schools | 4.00 | |
1000020171 | Teaching Assistance Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820504374 | Implementation Of The National Defense Program | 4.00 | |
8820504377 | Reporting On The National Defense Program | 4.00 | |
8820509376 | Dissemination Of The National Defense Program | 4.00 | |
1000020169 | National Defense Program Planning | 2.00 | |
1000020148 | Evaluation Of The National Defense Program | 2.00 | |
8820504375 | Development Of The National Defense Activity Program | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820504344 | Implementation Of Industrial Practical Internships | 4.00 | |
8820504345 | Dissemination Of The Industrial Practical Internship Program | 4.00 | |
8820504347 | Development Of Industrial Practical Internship Activity Program | 4.00 | |
8820504346 | Industrial Practical Internship Program Reporting | 4.00 | |
1000020174 | Internship Program Planning | 2.00 | |
1000020108 | Evaluation Of The Industrial Practical Internship Program | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020175 | Evaluation Of Project Programs In Villages | 2.00 | |
8820504370 | Implementation Of Project Programs In Villages | 4.00 | |
8820504373 | Reporting On Project Programs In Villages | 4.00 | |
8820504372 | Dissemination Of Project Programs In Villages | 4.00 | |
8820504371 | Development Of Project Programs In Villages | 4.00 | |
1000020168 | Project Program Planning In The Village | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020138 | Evaluation Of Student Exchange Programs | 2.00 | |
8820504366 | Implementation Of The Student Exchange Program | 4.00 | |
8820504369 | Student Exchange Program Reporting | 4.00 | |
8820504368 | Dissemination Of Student Exchange Programs | 4.00 | |
1000020170 | Student Exchange Program Planning | 2.00 | |
8820504367 | Development Of Student Exchange Activity Programs | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020118 | Humanitarian Project Program Evaluation | 2.00 | |
8820504352 | Implementation Of The Humanitarian Project Program | 4.00 | |
8820504355 | Humanitarian Project Program Reporting | 4.00 | |
8820504354 | Dissemination Of Humanitarian Project Programs | 4.00 | |
1000020166 | Humanitarian Project Program Planning | 2.00 | |
8820504353 | Development Of Humanitarian Project Activity Programs | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020133 | Evaluation Of Research And Research Programs | 2.00 | |
8820504362 | Implementation Of Research Programs | 4.00 | |
8820504364 | Research Program Dissemination | 4.00 | |
8820504363 | Research Program Development | 4.00 | |
8820504365 | Research Program Reporting | 4.00 | |
1000020172 | Research Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020123 | Evaluation Of Independent Study Programs And Projects | 2.00 | |
8820504333 | Implementation Of Study Programs | 4.00 | |
8820504335 | Dissemination Of Study Programs | 4.00 | |
8820504334 | Study Program Development | 4.00 | |
8820504336 | Study Program Reporting | 4.00 | |
1000020173 | Independent Study Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820504356 | Implementation Of The Entrepreneurship Program | 4.00 | |
8820504360 | Dissemination Of Entrepreneurship Programs | 4.00 | |
8820504357 | Entrepreneurship Program Development | 4.00 | |
8820504361 | Entrepreneurship Program Reporting | 4.00 | |
1000020167 | Entrepreneurship Program Planning | 2.00 | |
1000020128 | Evaluation Of Entrepreneurship Programs | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020158 | Critical And Creative Thinking | 2.00 | |
8820502324 | Bijinesu Kaiwa | 2.00 | |
8820502340 | Bunpo To Bunkei No Jissen Renshu | 2.00 | |
1000020163 | Communication Skills | 2.00 | |
1000020157 | Event Management | 2.00 | |
1000020165 | National Conference | 2.00 | |
8820502341 | Nihongo Shiken Junbi Kosu | 2.00 | |
8820502201 | Shokyu | 2.00 | |
1000020162 | Soft Skills | 2.00 | |
8820502338 | Tabunka Komunikeshon | 2.00 | |
1000020160 | Empathy And Emotional Intelligence | 2.00 | |
8820502342 | Dokkai Kyoka Kosu | 2.00 | |
8820502339 | Genba Nihongo Kosu | 2.00 | |
8820502337 | Honyaku To Tsuyaku Jisshu | 2.00 | |
1000020164 | International Conference | 3.00 | |
1000020159 | Inclusive Leadership | 2.00 | |
1000020161 | Communication And Teamwork | 2.00 | |
1000020156 | Emotional And Social Learning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000004105 | Thesis | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Japanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang disusun berdasarkan pada naskah akademik Unesa tentang pengembangan Kurikulum Unesa Tahun 2020. Naskah akademik ini mengakomodasi berbagai regulasi pengembangan kurikulum perguruan tinggi seperti Undang-undang No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, Perpres No. 8/2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Permendikbud No.49/2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Restrukturisasi kurikulum Prodi S1 pendidikan Bahasa Jepang dalam lima tahun terakhir dilakukan pada tahun 2020, namun peninjauan kurikulum dilakukan setiap tahun.
Restrukturisasi kurikulum dilaksanakan setiap lima tahun sekali, melalui tahapan secara umum sebagai berikut:
- Tahap perencanaan pengembangan kurikulum :Pembentukan tim pengembang kurikulum di tingkat Prodi melalui rapat Prodi
- Tahap analisis : Tim Pengembang Kurikulum bersama Unit Penjaminan Mutu (UPM) mengadakan rapat tinjauan kurikulum untuk meninjau isi kurikulum Prodi dengan cara melakukan analisis SWOT, misalnya: meninjau RPS (untuk pemutakhiran materi), dan sebagainya. kemudian Membuat laporan hasil analisis tinjauan kurikulum yang sedang berjalan, dan draf kurikulum yang baru. Melaporkan hasil analisis tinjauan kurikulum dan draf Kurikulum terbaru kepada Kaprodi.
- Tahap Pengembangan/Perancangan : Pembahasan draf kurikulum terbaru melalui rapat kurikulum prodi dipimpin Kaprodi dihadiri oleh seluruh dosen Prodi. Menetapkan draf final kurikulum Prodi berdasarkan masukan dari dosen, Tim UPM, dan tim kurikulum. Prodi mengundang Dekanat untuk memberikan masukan pada isi draf final kurikulum Prodi. Masukan dari Dekanat untuk kurikulum Prodi satu diantaranya adalah memperkuat kerjasama dengan dunia industri dan dunia pendidikan melalui program PLP di sekolah dan program KKNT. Mengundang stakeholder (termasuk alumni) untuk memberikan masukan terkait pengembangan kurikulum tentang kesesuaian kompetensi lulusan dengan apa yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan dan industri.
- Tahap sanctioning : Hasil rapat kurikulum pada tahap pengembangan draf kurikulum mendapatkan masukan dari pihak eksternal dalam tahap sanctioning.
- Tahap Uji publik : Prodi mengundang dua narsum dari luar juga untuk memberikan masukan pada kurikulum prodi kedua ahli tersebut merupakan alumni senior dari prodi yang menjabat sebagai pengelola Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) bahasa Jepang di tahun tersebut.
- Tahap implementasi kurikulum : Setelah tahap sanctioning dan uji publik berdasarkan masukan dari beberapa narasumber tersebut, dilakukan revisi draf kurikulum melalui rapat prodi. Selanjutnya hasil dari rapat kurikulum ditetapkanlah draf final kurikulum prodi. Tahap selanjutnya, prodi mengajukan laporan kurikulum pada Dekanat, dan selanjutnya dimuat di Buku Pedoman Akademik Unesa. Kemudian Kurikulum dilaksanakan pada tahun ajaran berikutnya.
- Tahap evaluasi : Evaluasi kurikulum dilakukan sekali dalam setahun melalui audit kurikulum. Audit kurikulum dilakukan secara terjadwal oleh Tim Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Bahasa dan Seni Unesa.
Tim tracer study Universitas Negeri Surabaya terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu tingkat Universitas, Fakultas, dan Program Studi. Setiap tim terdiri dari para dosen UNESA yang telah sah dipilih serta ditetapkan oleh pimpinan UNESA (ST/SK). Semua tim akan bekerja sesuai dengan tupoksinya, dengan jalur koordinasi Universitas – Fakultas – Prodi dan Prodi – Fakultas – Universitas sesuai dengan buku panduan tracer study Unesa.
Koordinasi yang terjadi adalah, Tim tracer study pusat Universitas Negeri Surabaya telah memiliki data saringan alumni yang perlu untuk dilacak (satu tahun setelah lulus) akan melakukan pengiriman email (email blast) kepada alumni yang dituju tersebut.
Sasaran tracer Study UNESA yaitu alumni setelah satu tahun dan sesuai dengan kohort/sasaran lulusan (kelompok homogen mahasiswa yang menyelesaikan studinya pada titik waktu yang sama/sesuai cut-off. Kelompok sasaran tracer telah ditentukan melalui Keputusan Rektor pada program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor, yang berasal dari data SIM Yudisium UNESA dan melalui FGD bersama bidang Akademik dan PPTI UNESA.
Penetapan dilakukan melalui metode kohort/pemetaan sasaran berdasarkan fakultas dan program studi. Selanjutnya data sasaran tracer study dilakukan rekapitulasi dan penetapan data sasaran melalui surat edaran atas nama Rektor (Wakil Rektor Bidang I atau Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UNESA). Tim tracer study tingkat Prodi juga dapat memantau capaian, serta data terperinci dari alumni melalui sistem tersebut. Kemudian info email blast tersebut akan diteruskan kepada tim Tracer study tingkat Fakultas yang langsung akan diarahkan kepada tim tracer study tingkat Prodi. Pada masa pengisian data tracer study, jika ada alumni yang belum mengisi akan menjadi tanggung jawab tim tracer study tingkat Prodi. Tim tracer study dari setiap program studi bertanggung jawab untuk memantau partisipasi alumni dan mengkoordinasikan upaya untuk mendapatkan data dari alumni yang belum mengisi.
Organisasi pelaksanaan tracer study di UNESA dapat digambarkan dengan bagan alir sebagai berikut
Gambar Alur prosedur pengambilan data pelacakan kepada para alumni
Pengambilan data pelacakan tidak hanya dilakukan pada alumni saja, tetapi juga ditujukan kepada para pengguna alumni (user survei) Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNESA. Pengguna yang dimaksud yaitu pimpinan instansi tempat para alumni bekerja. Pengambilan data tersebut dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut
Gambar Alur prosedur pengambilan data kepada pengguna alumni
Rekap PLO Program Studi Japanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | |||
Chujokyu Nihongo | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Chukyu Hyoki | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Chujokyu Chokai | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Chukyu Nihongo Oyo | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Teori Belajar | 2 | 75% | 25% | 100 % | ||||||||||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Chukyu Hanashikata Oyo | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Chukyu Chokai Oyo | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Research methods | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Bunporon | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Chujokyu Hyoki | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Bijinesu Kaiwa | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Development of Teaching Materials | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Chukyu Dokkai Oyo | 2 | 60% | 40% | 100 % | ||||||||||
Shokyu Hanashikata | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Chukyu Dokkai | 2 | 25% | 75% | 100 % | ||||||||||
Chukyu Nihongo | 3 | 75% | 25% | 100 % | ||||||||||
Shokyu Sakubun | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | ||||||||||
Chujokyu Dokkai | 2 | 60% | 40% | 100 % | ||||||||||
Shokyu Dokkai | 2 | 60% | 40% | 100 % | ||||||||||
Chukyu Chokai | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Introductory Linguistics | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Shokyu | 3 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||||
Nihongo | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Teaching Skills and Microlearning | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Oyo | 3 | 100% | 100 % | |||||||||||
Honyaku to Tsuyaku | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Chukyu Hyoki Oyo | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Entrepreneurship | 2 | 45.45% | 54.55% | 100 % | ||||||||||
Learning Planning | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Sakubun | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Chukyu Hanashikata | 2 | 91.67% | 8.33% | 100 % | ||||||||||
Shokyu | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Tsuyaku | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Chokai | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Statistik | 2 | 75% | 25% | 100 % | ||||||||||
Akapan | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Shokyu | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Basic Education | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
School Curriculum | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Shokyu Hyoki Oyo | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Shokyu Hanashikata Oyo | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Shochukyu Chokai | 2 | 50% | 50% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Japanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam seluruh aspek kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya peranan kurikulum di dalam pendidikan maupun perkembangan kehidupan manusia, maka dalam penyusunan kurikulum tidak bisa dilakukan tanpa menggunakan landasan yang kokoh dan kuat. Pengembangan kurikulum yang ideal dilakukan atas landasan yang kuat untuk menghasilkan kurikulum yang kokoh. Hal ini untuk memastikan bahwa sistem sudah mengakomodasi seluruh aktivitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Aktivitas yang dilakukan merupakan usaha untuk menerapkan kurikulum dalam mencapai tujuan. Aktivitas ini bukan hanya dimaknai dengan aktivitas akademik semata, namun aktivitas non-akademik guna menunjang pencapaian visi dan misi. Secara pokok landasan pengembangan kurikulum diilustrasikan dalam bagan berikut.
Bagan Landasan Pengembangan Kurikulum
Filosofis
Landasan filosofis merupakan asumsi atau rumusan yang didapatkan dari hasil berfikir secara mendalam, analitis, logis, dan sistematis dalam perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, dan pengembangan kurikulum. Hal tersebut diperlukan sebab pengembangan kurikulum adalah sebuah proses merencanakan, menghasilkan suatu yang lebih baik dengan didasarkan pada hasil penilaian terhadap kurikulum yang telah berlaku, sehingga dapat memberikan kondisi pembelajaran yang baik. dengan demikian sebuah proses pengembangan kurikulum perlu memiliki landasan filosofis yang sesuai dengan hasil berfikirnya untuk mencapai hasil yang lebih baik.
Landasan filosofis pengembangan kurikulum lembaga pendidikan merupakan landasan yang berdasarkan atau bersifat filsafat yang berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan, yaitu sesuatu yang diyakini kebenarannya berdasarkan sudut pandang yang diambil. Berbagai filosifi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme, romantic naturalism, dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk berbuara pada visi dan misi. Dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan berbagai landasan filosifi di atas, pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unesa menganut filosofi eklektik, yaitu melihat bagian-bagian baik dari landasan filosifi yang sesuai untuk pencapaian visi dan misi Prodi Pendidikan Bahasa Jepang.
Sebagaimana tertuang dalam visi, landasan filosofi pengembangan kurikulum harus bermuara pada keunggulan dalam bidang kependidikan. Hal ini sesuai dengan amanat Unesa sebagai salah satu Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan yang mendalami bidang kependidikan dan menghasilkan lulusan sebagai tenaga pendidik dan kependidikan. Keunggulan dalam bidang kependidikan juga didukung melalui penguatan keilmuan, dalam konteks prodi keilmuan bahasa Jepang.
Sosiologis
Landasan sosiologis mengarahkan kajian mengenai kurikulum yang dikaitkan dengan masyarakat dan kebudayaan yang berkembang dalam masyarakat yang bersangkutan. Kedua hal tersebut merupakan landasan yang sangat mempengaruhi isi kurikulum. Hal ini dikarenakan peserta didik berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan baik formal maupun informal dalam lingkungan masyarakat dan diarahkan bagi kehidupan masyarakat pula.
Kurikulum harus mampu menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat. Penerapan teori, prinsip, dan hukum yang terdapat dalam semua ilmu pengetahuan yang ada dalam kurikulum harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat baik masyarakat setempat sebagai local content lembaga pendidikan berada ataupun masyarakat global sebagai sasaran pengguna lulusan yang dihasilkan dari kurikulum yang dikembangkan.
Kurikulum yang dikembangkan di Prodi memiliki landasan sosiologis yang berakar pada kehidupan masyarakat dan budaya yang berkembang. Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, pengembangan kurikulum didasarkan pada kehidupan masyarakat Indonesia yang berdasarkan pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Pada kehidupan masyarakat tersebut tumbuh budaya yang mengiringi, dengan demikian budaya dan masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan.
Psikologis
Landasan psikologis adalah kondisi karakteristik manusia sebagai individu, yang dinyatakan dalam berbagai bentuk perilaku dalam interaksinya dengan lingkungan. Perilaku merupakan manifestasi dari ciri-ciri kehidupan berupa perilaku kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai akibat interaksi individu dengan lingkungannya. Kondisi psikologis yang dimaksud adalam kondisi psikologis mahasiswa sebagai subjek dalam pembelajaran.
Pada pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, landasan psikologis yang digunakan memandang mahasiswa selaku peserta didik sebagai individu dalam satu kesatuan psikofisik yang selalu beraktivitas dan berinteraksi dengan lingkungannya. Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang secara psikologis berada pada tahap berfikir formal, tahap perkembangan moral yang pada umumnya telah mencapai pascakonvensional dan tahap perkembangan social yang telah mencapai usia remaja dengan karakteristik khas, sehingga kurikulum prodi memperhatikan tahap perkembangan psikologi mahasiswa tersebut. Pada sisi lain, mahasiswa dipandang sebagai individu yang memiliki keunikan, kekhasan yang membentuk satu kesatuan. Mahasiswa pada tahap psikologi yang mempunyai sifat khas yakni perkembangan dinamis sesuai dengan tingkat kematangannya. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum prodi memperhatikan dan mempertimbangkan tingkat perkembangan psikologi mahasiswa sehingga mahasiswa bisa merasakan kenyamanan dan terfasilitasi dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Historis
Secara historis pengembangan kurikulum di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang selaras dengan pengembangan lembaga yakni IKIP Negeri Surabaya, sejak Prodi didirikan pada tahun 1982. Selanjutnya kurikulum prodi juga mengalami perkembangan historis sejak IKIP Negeri Surabaya berubah menjadi universitas pada tahun 2000, sebagai perluasan mandat untuk mengembangkan program nonkependidikan disamping program kependidikan. Kurikulum Prodi juga direview secara bertahap, lebih-lebih prodi juga telah mengajukan akreditasi pada tahun 2005, secara tidak langsung pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Jepang mendapatkan masukan dan telah direview oleh para asesor BAN-PT secara tidak langsung.
Yuridis
Pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Unesa dilakukan dengan dasar:
1. Pancasila dan UUD 1945
2. Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS
3. Undang-undang RI No. 12 tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi
4. Peraturan Presiden No. 08 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
5. Peraturan pemerintah RI No. 32 tahun 2013 tentang perubahan peraturan pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
6. Peraturan pemerintan RI No. 17 tahun 2000 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan junto PPRI no. 66 tahun 2000 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
7. Peraturan Menteri Riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI)
8. Permendikbud No. 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti
9. Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
10. Renstra Universitas Negeri Surabaya 2020-2024
11. Renstra Fakultas Bahasa dan Seni 2020-2024
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved