Materi dalam mata kuliah ini berisi pengaplikasian penguasaan tata bahasa Jepang melalui keterampilan berbicara pada level kemampuan dasar lanjut yang meliputi dialog, wawancara, diskusi kelompok dalam bahasa Jepang baik secara formal maupun informal. Topik percakapan dipilih dan disesuaikan berdasarkan pada penguasaan tata bahasa dan kosa kata yang telah dipelajari. Hasil akhir pembelajaran pada mata kuliah ini adalah mampu mengembangkan kemampuan dalam menghasilkan sebuah produk nyata dari kegiatan belajar berbasis projek dengan pemanfaatan TIK, yang mengedepankan kemahiran abad-21 (6C= communication, collaboration, critical thinking, citizenship, creativity, dan character) secara penuh tanggung jawab. Pembelajaran menerapkan metode active learning dan pembelajaran berbasis projek (PjBL). Penilaian dan pengukuran dilakukan dalam bentuk tes objektif, subjektif (afektif), dan kinerja, misalnya: tes lisan, bermain peran dan cek list keaktifan dalam kegiatan perkuliahan, dan sebagainya.