•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga Unesa

 
Study Program  :  Sports Coaching Education
Establishment Date  :  7 November 1996
Study Program Coordinator  :  Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi program studi terdepan yang unggul dalam inovasi Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga, melalui pelaksanaan kegiatan tridharma yang adaptif dan berkelanjutan.


Misi
  1. Melaksanakan program pendidikan yang berstandar tinggi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional dalam bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian dan inovasi dalam bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga untuk menghasilkan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dan berdampak positif, khususnya dalam bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga.
  4. Membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi pelatih olahraga profesional yang mampu berkompetisi di tingkat nasional dan internasional.
  5. Menyiapkan mahasiswa untuk menjadi guru olahraga yang kompeten, inovatif, dan mampu menginspirasi siswa di berbagai jenjang pendidikan.
  6. Mengembangkan keterampilan kewirausahaan mahasiswa agar mampu menciptakan peluang usaha di bidang keolahragaan dan industri olahraga.
  7. Membangun dan memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai institusi, baik nasional maupun internasional, untuk memperkuat program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan unggul di bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga, serta mampu bersaing di pasar kerja nasional dan internasional.
  2. Meningkatkan kualitas dan relevansi kurikulum pendidikan agar sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebutuhan industri olahraga dan kesehatan.
  3. Memperkuat kapasitas dan kualitas penelitian yang inovatif dalam bidang keolahragaan, Pedagogi, dan industri olahraga, guna berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Meningkatkan kualitas dan jangkauan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berdampak positif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat, khususnya dalam bidang keolahragaan, Pedagogi, dan industri olahraga.
  5. Menyiapkan mahasiswa menjadi pelatih olahraga profesional yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etika kerja yang tinggi, serta mampu mengembangkan prestasi olahraga di berbagai tingkat.
  6. Mempersiapkan mahasiswa menjadi guru olahraga yang mampu mengajar dengan metode yang inovatif, mendidik, dan menginspirasi siswa di berbagai jenjang pendidikan.
  7. Mendorong mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan dan menciptakan peluang usaha baru di bidang keolahragaan dan industri olahraga, serta mampu berkontribusi pada perekonomian lokal dan nasional.
  8. Mengembangkan kemitraan strategis dengan berbagai institusi pendidikan, pemerintah, dan industri, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk memperkuat program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  9. Menjalankan kegiatan tridharma yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat, sehingga mampu memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bidang keolahragaan, kesehatan, dan industri olahraga.

Nilai_dasar
  1. Nilai dasar yang tumbuh dan diyakini di UNESA sebagai mana tercamtum dalam Statuta UNESA adalah sebagai berikut yang selanjutnya dikenal dengan istilah UNESA TANGKAAS REK BISA (TANGguh, Kolaboratif, Adaptif, innovAtif, inkluSif, belajaR sEpanjang hayat, dan berbasis Kewirausahaan, Believable, International, harmoniS, Amanah):
  2. 1. Tangguh: Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki daya juang.
  3. 2. Kolaboratif: mampu bekerja sama untuk menghasilkan ide atau menyelesaikan masalah.
  4. 3. Adaptif: mampu beradaptasi secara mandiri dan tanggung jawab terhadap perubahan melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
  5. 4. Inovatif: mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menemukan solusi atau ide baru dalam pemecahan masalah sesuai perkembangan zaman yang dilandasi jiwa kewirausahaan dan kaidah ilmiah.
  6. 5. Inklusif: mendukung seluruh individu tanpa memandang perbedaan, memfasilitasi keberhasilan semua orang, serta menghargai perbedaan pemikiran dan keberagaman.
  7. 6. Belajar sepanjang hayat: memiliki kesadaran akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki, aktif menemukan cara-cara yang efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
  8. 7. Kewirausahaan: mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya dalam menghasilkan nilai tambah.
  9. 8. Believable: terpercaya dan dipercaya masyarakat atau pengguna untuk menghasilkan lulusan berkompeten dan berkualitas.
  10. 9. Harmonis: memiliki lingkungan kerja yang akademis dan harmonis dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa.
  11. 10. Amanah: berkomitmen untuk terus menjaga amanah dan menghindari gratifikasi untuk mendukung fakultas dalam zona integritas.

Capaian Lulusan Program Studi Sports Coaching Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5 Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.

PLO-6 Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

PLO-7 Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif.

PLO-8 Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

Occupational Profiles Program Studi Sports Coaching Education
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum Sports Coaching Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga 2024 - 2028

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
        -  Agama Budha
        -  Agama Hindu
        -  Agama Islam
        -  Agama Katholik
        -  Agama Khonghucu
        -  Agama Protestan
    2.00
    1000002003 Indonesian 2.00
    1000002048 Dasar Dasar Kependidikan 2.00
    8520202011 Anatomy Of The Human Body Coaching 2.00
    8520202095 Basic Skills Athletics 2.00
    8520202096 Basic Pencak Silat Skills 2.00
    8520202097 Basic Skills Swimming 2.00
    8520202098 Basic Gymnastics Skills 2.00
    1000002033 Citizenship 2.00
    1000002018 Pancasila Education 2.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1000002176 Entrepreneurship 2.00
    8520202065 Exercise Physiology 2.00
    1000002177 English 2.00
    8520202101 Physical 2.00
    1000002046 Literasi Digital 2.00
    8520202110 Sports Coaching Methodology Sports Training 2.00
    8520202134 Motor Learning 2.00
    8520202160 Perencanaan Pengajaran 2.00
    8520202173 Profession Sports Coaching 2.00
    8520202676 Sports Coaching Technology 2.00

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8520203062 Physiology Training 3.00
    8520203339 Sports Coaching Fencing 4.00
    8520203346 Coaching Sports Branches Weightlifting 4.00
    8520203319 Aquatic Sports Coaching 4.00
    8520203317 Athletic Sports Coaching 4.00
    8520203343 Coaching For Bicycle Racing Sports 4.00
    8520204541 Baseball Sports Coaching 4.00
    8520203344 Coaching For Equestrian Sports 4.00
    8520203324 Coaching Basketball Sports 4.00
    8520204353 Sports Coaching For Handball 4.00
    8520203323 Volleyball Sports Coaching Football Soccer Coaching 4.00
    8520203330 Sports Coaching Badminton Sports 4.00
    8520203334 Sports 4.00
    8520203336 Training For Floor Ball 4.00
    8520203335 Training For Futsal Sports Training For 4.00
    8520203331 Coaching Hockey Sports 4.00
    8520204543 Coaching Judo 4.00
    8520203340 Karate Sports 4.00
    8520203345 Coaching Kempo Sports 4.00
    8520203329 Coaching For Archery Sports 4.00
    8520204559 Coaching Rock Climbing Sports Coaching 4.00
    8520203321 Pencak Silat Sports 4.00
    8520203333 Pentaque Sports Coaching 4.00
    8520204554 Coaching Sports Coaching Pentathlon Triathlon 4.00
    8520203318 Coaching Sports Branches Swimming 4.00
    8520203320 Sports Coaching Gymnastics 4.00
    8520203337 Coaching Aerobics Gymnastics Coaching 4.00
    8520203322 Sports Coaching Evaluation Therapy 4.00
    8520203325 Sepak Takraw Sports Coaching 4.00
    8520204546 Sports Branch Coaching Roller Skating 4.00
    8520204555 Sports Coaching Water Ski Sports 4.00
    8520203332 Softball Sports Coaching 4.00
    8520203341 Tae Kwon Do Sports 4.00
    8520204606 Fighting Sports Coaching Degrees 4.00
    8520204542 Coaching Tennis 4.00
    8520203328 Table Tennis Coaching 4.00
    8520203338 Boxing Sports 4.00
    8520203342 Coaching Wushu 4.00
    8520202105 Sports Management 2.00
    8520203122 Research Methodology 3.00
    8520202140 Injury Prevention And Treatment Or 2.00
    8520202159 Sports Planning For Sports 2.00
    8520202180 Psychology Sports Coaching 2.00
    8520202226 Tests And Measurements Coaching Or 2.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8520202031 Sports Biomechanics 2.00
    8520202059 Teaching Evaluation 2.00
    8520202079 Sports Nutrition Science 2.00
    8520203099 Kinesiology 3.00
    8520202707 Sports Coaching Literacy 2.00
    8520201582 Micro Teaching 1.00
    8520204656 Physical Training Methods Technical 4.00
    8520204658 Tactics And Strategies 4.00
    8520204657 Training Methods Training Methods 4.00
    8520202708 Personal Trainer 3.00
    8520202210 Sociology Therapy Sports Coaching Sports 2.00
    8520203709 Sports Statistics 3.00

    Semester ke 5

    Semester ke 6

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1000002051 Plp Analisis Kurikulum 2.00
    1000002055 Plp Asesmen Pembelajaran 2.00
    1000002049 Plp Manajemen Sekolah 2.00
    1000003053 Plp Pengembangan Bahan Ajar 3.00
    1000002054 Plp Pengembangan Media Pembelajaran 2.00
    1000002050 Plp Pengembangan Program Sekolah 2.00
    1000003052 Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran 3.00
    1000004056 Plp Praktik Mengajar 4.00

    Semester ke 7

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8520202726 Esports 2.00
    8520202432 Physiotherapy Sports 2.00
    8520202677 Sports Journalism 2.00
    8520202130 Outbound 2.00
    8520202157 Victim Rescue Swimming Pool 2.00
    8520202663 Sports Sports Coaching Seminars 2.00
    1000002104 Seminar Proposal Final Project 2.00
    8520202236 Boxing Fitness 2.00

    Semester ke 8

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1000004105 Thesis 4.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi Sports Coaching Education
    Universitas Negeri Surabaya

    A. Evaluasi Kurikulum

    Evaluasi Kurikulum Prodi S-1 PKO UNESA mengacu pada indicator kelayakan kurikulum, kecukupan materi dan Metode pengajaran,kualitas dosen dan tenaga pendukung dan keberhasilan lulusan. Berikut ini adalah hasil evaluasi yang telah dilakukan;

    1. Evaluasi kelayakan kurikulum.

    Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kurikulum PKO UNESA masih cukup relevan dengan kebutuhan dan tuntutan dunia olahraga. Hal ini terlihat dari kesesuaian kurikulum PKO dengan Asosiasi Prodi PKO Indonesia dan beberapa Asosiasi Kepelatihan International. 

    2. Evaluasi kecukupan materi dan metode pengajaran.

    Hasil evaluasi menunjukkan bahwa materi pelajaran dalam kurikulum PKO UNESA sudah cukup lengkap dan sesuai dengan kebutuhan dunia olahraga dan metode pembelajaran sudah menggunakan metode Case Metode dan PjBL (Projek Base Learning). 

    3. Evaluasi kualitas dosen dan tenaga pendukung.

    Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kualitas dan kompetensi dosen dan tenaga pendukung yang terlibat dalam penyelenggaraan kurikulum PKO UNESA sudah cukup baik dilihat dari masing-masing dosen memiliki sertifikat kompetensi dibidang olahraga dan beberapa merupakan praktisi aktif dalam pembinaan olahraga prestasi. 

    4. Evaluasi keberhasilan lulusan.

    Hasil evaluasi menunjukkan bahwa lulusan PKO UNESA memiliki tingkat keberhasilan yang baik dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama masa studi ke dalam dunia kerja atau profesi yang mereka tekuni.

    Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kurikulum PKO UNESA masih perlu dikembangkan agar tetap sesuai dengan perkembangan terkini dalam dunia olahraga. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mengidentifikasi perkembangan terkini dalam dunia olahraga dan mengintegrasikannya ke dalam kurikulum PKO UNESA. Selain itu, perlu juga dilakukan upaya untuk mengadakan program pelatihan atau peningkatan kualifikasi bagi dosen dan tenaga pendukung yang terlibat dalam penyelenggaraan kurikulum PKO.

    B. Tracer Study

    Hasil analisis tracer study, 34% alumni bekerja di pemerintahan seperti KONI, Dispora, Guru Olahraga SMP dan SMA, 27% di fitness center, 12% menjadi personal trainer dan sisanya bekerja di bidang lain-lain. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulan bahwa lulusan telah bekerja sesuai dengan profil lulusan yang telah direncanakan oleh Prodi. Jika ditinjau dari keterkaitan materi perkuliahan dengan pekerjaan alumni, 34% alumni menyampaikan bahwa materi perkuliahan dengan dunia kerja sangat erat hubungannya, 19% menyampaikan erat, 19% cukup erat, dan 28% menyatakan tidak ada hubungan antara materi perkuliahan dengan dunia kerja mereka.

    Rekap PLO Program Studi Sports Coaching Education
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
    PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8
    Anatomy of the Human Body Coaching 2 50% 50% 100 %
    Sports Nutrition Science 2 33.33% 16.67% 25% 16.67% 8.33% 100 %
    Physiology Training 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    Micro Teaching 1 23.08% 38.46% 38.46% 100 %
    Coaching Sports Branches Golf 4 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
    Methods of Physical Training Techniques Mental Tactics Rugby 7s 4 12.2% 14.63% 12.2% 14.63% 14.63% 12.2% 7.32% 12.2% 100 %
    Methods Physical Training Techniques Mental Tactics Sports Golf 4 18.18% 27.27% 9.09% 36.36% 9.09% 99.99 %
    Microteaching 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Metode Melatih Fisik Teknik Taktik Mental Cabor Angkat Berat 4 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
    Planning the Elite Training Program for Hockey Sports Athletes 3 28.57% 21.43% 21.43% 28.57% 100 %
    Planning the Elite Training Program for Futsal Athletes 3 9.09% 36.36% 18.18% 36.36% 99.99 %
    Woodball Sports Coaching 4 10% 15% 20% 15% 20% 20% 100 %
    Physical Training Methods for Mental Tactical Techniques in Woodball 4 21.05% 15.79% 21.05% 15.79% 10.53% 15.79% 100 %
    Pickleball Sports Coaching 4 26.67% 20% 33.33% 20% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Sports Coaching Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Landasan Kurikulum

    Universitas Value

    Universitas Negeri Surabaya (UNESA) merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia yang memiliki university value yang sangat penting bagi masyarakat, mahasiswa, dan dunia pendidikan. Berikut adalah beberapa nilai yang ditawarkan oleh UNESA:

    Pendidikan yang Berkualitas Tinggi.

    UNESA menyediakan program pendidikan yang berkualitas tinggi di berbagai bidang studi, termasuk pendidikan, bahasa dan sastra, sains dan teknologi, serta seni dan desain. Fakultas-fakultas di UNESA dilengkapi dengan fasilitas modern dan tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman, sehingga mahasiswa dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja.

    Penelitian yang Berkualitas dan Berdampak pada Masyarakat.

    Selain fokus pada pendidikan, UNESA juga memiliki program penelitian yang aktif dan produktif. Para peneliti di UNESA terlibat dalam penelitian-penelitian yang berdampak pada masyarakat, seperti penelitian dalam bidang kesehatan, lingkungan, dan teknologi. Dengan penelitian yang berkualitas, UNESA dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

    Pengabdian Kepada Masyarakat yang Aktif.

    Sebagai universitas negeri, UNESA juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan masyarakat. UNESA menyediakan berbagai program pelayanan masyarakat, seperti pelayanan kesehatan, pelatihan dan kursus, serta bantuan hukum. Dengan program pelayanan masyarakat yang aktif, UNESA dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan citra positif universitas.

    Kolaborasi dengan Industri.

     

    Landasan Filosofi

    UNESA juga memiliki kemitraan dengan berbagai industri dan organisasi di Indonesia dan luar negeri. Kolaborasi dengan industri ini memungkinkan UNESA untuk mengembangkan program-program pendidikan dan penelitian yang relevan dengan kebutuhan industri, sehingga mahasiswa UNESA siap menghadapi tantangan dunia kerja.

    Dengan value yang dimilikinya, UNESA telah menjadi universitas yang terkemuka di Indonesia dan diakui secara internasional. UNESA terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pelayanan masyarakatnya, serta memperkuat kemitraannya dengan industri untuk mencapai tujuan-tujuan strategisnya.

    Prodi S-1 Pendidikan Kepelatihan olahraga berdiri berdasarkan amanat undang – undang berkaitan dengan sistem Keolahragaan. Undang – undang nomor 3 tahun 2005 memberikan definisi terhadap keolahragaan, olahraga, olahraga pendidikan dan olahraga prestasi. Keolahragaan adalah segala aspek yang berkaitan dengan olahraga yang memerlukan pengaturan, pendidikan, pelatihan, pembinaan, pengembangan, dan pengawasan. Olahraga adalah segala kegiatan yang sistematis untuk mendorong, membina, serta mengembangkan potensi jasmani, rohani, dan sosial. Olahraga pendidikan adalah pendidikan jasmani dan olahraga yang dilaksanakan sebagai bagian proses pendidikan yang konsisten dan berkelanjutan untuk memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan, kesehatan, dan kebugaran jasmani. Olahraga prestasi adalah olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan. Tiga definisi tersebut merupakan bagian dari filosofi prodi dalam mencetak lulusan, yaitu menjadi guru olahraga dan pelatih olahraga. Kedua kompetensi ini akan didapat oleh mahasiswa dengan menyelesaikan 144 SKS yang harus diprogram. Kebutuhan tenaga guru olahraga dan pelatih olahraga sangat tinggi karena saat ini masyarakat sudah menjadikan kebugaran merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Tenaga olahraga guru dan pelatih olahraga merupakan profesi yang tidak dapat terpisahkan dalam menciptakan masyarakat Indonesia yang unggul, guru olahraga dari tingkat SD dan SMP merupakan pondasi penting dalam memberikan pemahaman pentingnya berolahraga di usia dini yang nanti akan berdampak pada segala aktivitas dimasa dewasa baik sebagai masyarakat biasa dan menjadi atlet. Guru SMA dan Pelatih olahraga merupakan berperan penting dalam peningkatan pencapaian terbaik pada peforma dan kepercayaan diri kelompok masyarakat untuk tampil pada level yang lebih tinggi dalam bidang olahraga. Filosofi inilah yang menjadikan prodi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga berdiri yaitu menciptakan generasi yang unggul melalui kegiatan Olahraga.

    Landasan Sosilogis

    Program Studi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) merupakan salah satu program studi yang terdapat di Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Berikut adalah beberapa hal yang terkait dengan landasan sosiologis dalam kaitannya dengan Prodi S-1 PKO UNESA:

    Hubungan antara Prodi S-1 PKO dengan masyarakat

    Sebagai program studi yang berkaitan dengan olahraga, Prodi S-1 PKO UNESA memiliki hubungan yang erat dengan masyarakat, terutama dengan komunitas olahraga di Surabaya dan sekitarnya. Prodi S-1 PKO UNESA bertanggung jawab untuk memberikan kontribusi pada pengembangan olahraga di masyarakat, khususnya dalam hal pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga yang berkualitas. Dalam hal ini, Prodi S-1 PKO UNESA perlu memahami kebutuhan dan harapan masyarakat terkait dengan olahraga, dan mengembangkan program-program yang relevan dengan kebutuhan tersebut.

    Fungsi Prodi S-1 PKO dalam pengembangan olahraga di Surabaya

    Sebagai program studi yang berfokus pada pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga, Prodi S-1 PKO UNESA memiliki peran yang penting dalam pengembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya. Prodi S-1 PKO UNESA harus mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap kerja, yang akan berkontribusi pada pengembangan olahraga di Surabaya melalui perannya sebagai pelatih olahraga di klub, sekolah, dan komunitas olahraga lainnya. Oleh karena itu, Prodi S-1 PKO UNESA perlu mengembangkan program-program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan kebutuhan masyarakat di bidang olahraga.

    Struktur dan dinamika internal Prodi S-1 PKO UNESA

    Studi tentang struktur dan dinamika internal Prodi S-1 PKO UNESA melibatkan analisis tentang bagaimana program studi diorganisir dan dikelola, termasuk bagaimana keputusan diambil, struktur kekuasaan, dan hubungan antara dosen, staf, dan mahasiswa. Analisis tentang struktur dan dinamika internal Prodi S-1 PKO UNESA dapat membantu mengoptimalkan kinerja dan efektivitas program studi dalam mencapai tujuan pendidikan dan pengembangan olahraga.

    Dengan memperhatikan landasan sosiologis, Prodi S-1 PKO UNESA dapat meningkatkan relevansi dan kualitas pendidikan yang diselenggarakan, serta memberikan kontribusi yang lebih besar pada pengembangan olahraga di masyarakat. Oleh karena itu, Prodi S-1 PKO UNESA perlu terus melakukan kajian dan penelitian untuk mengembangkan strategi pengembangan yang lebih baik, dengan mempertimbangkan aspek-aspek sosiologis yang terkait dengan program studi ini.

    Landasan Historis

    Program Studi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) memiliki landasan historis yang cukup penting. Berikut adalah beberapa hal yang terkait dengan landasan historis dalam kaitannya dengan Prodi S-1 PKO UNESA:

    Awal mula berdirinya Prodi S-1 PKO UNESA.

    Prodi S-1 PKO UNESA berawal dari dibukanya Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Surabaya pada tahun 1964. Jurusan PJK tersebut kemudian menjadi Fakultas Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (FPJK) pada tahun 1968, dan pada tahun 2010 berubah menjadi Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) yang terdiri dari beberapa program studi, termasuk Prodi S-1 PKO.

    Perkembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya.

    Seiring dengan perkembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya, kebutuhan akan pelatih olahraga yang berkualitas semakin meningkat. Hal ini mendorong IKIP Surabaya untuk membuka Jurusan PJK yang kemudian menjadi cikal bakal dari Prodi S-1 PKO UNESA. Dengan membuka Prodi S-1 PKO, UNESA berkontribusi pada pengembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya, khususnya dalam hal pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga yang berkualitas.

    Perkembangan dan peningkatan kualitas program studi.

    Sejak berdirinya Jurusan PJK di IKIP Surabaya, program studi tersebut terus mengalami perkembangan dan peningkatan kualitas. Pada awalnya, Jurusan PJK hanya menyelenggarakan program studi Diploma-III PJK, namun kemudian berkembang menjadi menyelenggarakan program studi Sarjana Pendidikan (S-1) PJK. Seiring dengan perubahan nama menjadi FPOK, program studi S-1 PJK kemudian berubah nama menjadi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO), sesuai dengan fokusnya pada pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga.

    Dengan memperhatikan landasan historis, Prodi S-1 PKO UNESA dapat memahami dan menghargai peran dan kontribusi yang telah diberikan oleh pendahulunya dalam pengembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya. Selain itu, Prodi S-1 PKO UNESA dapat mengambil pelajaran dari pengalaman dan perubahan yang telah terjadi, sehingga dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga yang diselenggarakan.

    Landasan Hukum

    1. Pancasila dan UUD 1945;

    2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

    3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);

    4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);

    5. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;

    6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;

    7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;

    8. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);

    9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;

    10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;

    11. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;

    12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;

    13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;

    14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;

    15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;

    16. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;

    17. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;

    18. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;

    19. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;

    20. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA