•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Tanggal Berdiri  :  7 November 1996
Koordinator Program Studi  :  Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi program studi terdepan yang unggul dalam inovasi Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga, melalui pelaksanaan kegiatan tridharma yang adaptif dan berkelanjutan.


Misi
  1. Melaksanakan program pendidikan yang berstandar tinggi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional dalam bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian dan inovasi dalam bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga untuk menghasilkan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dan berdampak positif, khususnya dalam bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga.
  4. Membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi pelatih olahraga profesional yang mampu berkompetisi di tingkat nasional dan internasional.
  5. Menyiapkan mahasiswa untuk menjadi guru olahraga yang kompeten, inovatif, dan mampu menginspirasi siswa di berbagai jenjang pendidikan.
  6. Mengembangkan keterampilan kewirausahaan mahasiswa agar mampu menciptakan peluang usaha di bidang keolahragaan dan industri olahraga.
  7. Membangun dan memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai institusi, baik nasional maupun internasional, untuk memperkuat program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan unggul di bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga, serta mampu bersaing di pasar kerja nasional dan internasional.
  2. Meningkatkan kualitas dan relevansi kurikulum pendidikan agar sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebutuhan industri olahraga dan kesehatan.
  3. Memperkuat kapasitas dan kualitas penelitian yang inovatif dalam bidang keolahragaan, Pedagogi, dan industri olahraga, guna berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Meningkatkan kualitas dan jangkauan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berdampak positif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat, khususnya dalam bidang keolahragaan, Pedagogi, dan industri olahraga.
  5. Menyiapkan mahasiswa menjadi pelatih olahraga profesional yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etika kerja yang tinggi, serta mampu mengembangkan prestasi olahraga di berbagai tingkat.
  6. Mempersiapkan mahasiswa menjadi guru olahraga yang mampu mengajar dengan metode yang inovatif, mendidik, dan menginspirasi siswa di berbagai jenjang pendidikan.
  7. Mendorong mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan dan menciptakan peluang usaha baru di bidang keolahragaan dan industri olahraga, serta mampu berkontribusi pada perekonomian lokal dan nasional.
  8. Mengembangkan kemitraan strategis dengan berbagai institusi pendidikan, pemerintah, dan industri, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk memperkuat program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  9. Menjalankan kegiatan tridharma yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat, sehingga mampu memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bidang keolahragaan, kesehatan, dan industri olahraga.

Nilai_dasar
  1. Nilai dasar yang tumbuh dan diyakini di UNESA sebagai mana tercamtum dalam Statuta UNESA adalah sebagai berikut yang selanjutnya dikenal dengan istilah UNESA TANGKAAS REK BISA (TANGguh, Kolaboratif, Adaptif, innovAtif, inkluSif, belajaR sEpanjang hayat, dan berbasis Kewirausahaan, Believable, International, harmoniS, Amanah):
  2. 1. Tangguh: Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki daya juang.
  3. 2. Kolaboratif: mampu bekerja sama untuk menghasilkan ide atau menyelesaikan masalah.
  4. 3. Adaptif: mampu beradaptasi secara mandiri dan tanggung jawab terhadap perubahan melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
  5. 4. Inovatif: mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menemukan solusi atau ide baru dalam pemecahan masalah sesuai perkembangan zaman yang dilandasi jiwa kewirausahaan dan kaidah ilmiah.
  6. 5. Inklusif: mendukung seluruh individu tanpa memandang perbedaan, memfasilitasi keberhasilan semua orang, serta menghargai perbedaan pemikiran dan keberagaman.
  7. 6. Belajar sepanjang hayat: memiliki kesadaran akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki, aktif menemukan cara-cara yang efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
  8. 7. Kewirausahaan: mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya dalam menghasilkan nilai tambah.
  9. 8. Believable: terpercaya dan dipercaya masyarakat atau pengguna untuk menghasilkan lulusan berkompeten dan berkualitas.
  10. 9. Harmonis: memiliki lingkungan kerja yang akademis dan harmonis dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa.
  11. 10. Amanah: berkomitmen untuk terus menjaga amanah dan menghindari gratifikasi untuk mendukung fakultas dalam zona integritas.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5 Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.

CPL-6 Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

CPL-7 Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif.

CPL-8 Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum lama PKO 2012

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8520202110 Metodologi Kepelatihan Olahraga 2.00
    8520202144 Pendidikan Kesehatan Sekolah 2.00
    8520202243 T/P Bulutangkis 2.00
    8520202309 T/P Tenis Lapangan 2.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8520203050 Dasar-Dasar Pendidikan Jas. Dan Or. 3.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8520202214 Strategi Belajar Mengajar 2.00

    Semester ke 6

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    1000002010 Ilmu Alamiah Dasar (Iad) 2.00
    1000003068 Kkn Asistensi Mengajar Evaluasi Program 3.00
    1000004066 Kkn Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat 4.00
    1000004067 Kkn Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program 4.00
    1000003069 Kkn Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program 3.00
    1000003070 Kkn Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan 3.00
    1000003092 Kkn Kewirausahaan Evaluasi Program 3.00
    1000004091 Kkn Kewirausahaan Pelaksanaan Program 4.00
    1000003093 Kkn Kewirausahaan Pendesiminasian Program 3.00
    1000003094 Kkn Kewirausahaan Pengembangan Laporan 3.00
    1000004090 Kkn Kewirausahaan Pengembangan Perangkat 4.00
    1000003089 Kkn Kewirausahaan Perancangan Program 3.00
    1000003074 Kkn Proyek Desa Evaluasi Program 3.00
    1000004073 Kkn Proyek Desa Pelaksanaan Program 4.00
    1000003075 Kkn Proyek Desa Pendesiminasian Program 3.00
    1000003076 Kkn Proyek Desa Pengembangan Laporan 3.00
    1000004072 Kkn Proyek Desa Pengembangan Perangkat 4.00
    1000003071 Kkn Proyek Desa Perancangan Program 3.00
    1000003080 Kkn Proyek Indpenden Evaluasi Program 3.00
    1000004079 Kkn Proyek Indpenden Pelaksanaan Program 4.00
    1000003081 Kkn Proyek Indpenden Pendesiminasian Program 3.00
    1000004078 Kkn Proyek Indpenden Pengembangan Perangkat 4.00
    1000003077 Kkn Proyek Indpenden Perancangan Program 3.00
    1000003086 Kkn Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program 3.00
    1000004085 Kkn Proyek Kemanusiaan Pelaksanaan Program 4.00
    1000003087 Kkn Proyek Kemanusiaan Pendesiminasian Program 3.00
    1000003088 Kkn Proyek Kemanusiaan Pengembangan Laporan 3.00
    1000004084 Kkn Proyek Kemanusiaan Pengembangan Perangkat 4.00
    1000003083 Kkn Proyek Kemanusiaan Perancangan Program 3.00
    1000020101 Kknt 20.00
    1000020103 Magang 20.00
    1000004098 Magang Riset-Penganalisisan Data 4.00
    1000004096 Magang Riset-Pengembangan Instrumen Penelitian 4.00
    1000003095 Magang Riset-Pengembangan Rencana Penelitian 3.00
    1000004097 Magang Riset-Pengumpulan Data 4.00
    1000002099 Magang Riset-Penyusunan Laporan Penelitian 2.00
    1000003100 Magang Riset-Publikasi 3.00
    1000003060 Mpk-Desain Program 3.00
    1000003058 Mpk-Keselamatan Dan Kesehatan Kerja 3.00
    1000002059 Mpk-Manajemen Operasional 2.00
    1000004061 Mpk-Pelaksanaan Program 4.00
    1000002064 Mpk-Pelaporan Program 2.00
    1000002063 Mpk-Pendesiminasian Program 2.00
    1000002062 Mpk-Penilaian Program 2.00
    1000002051 Plp-Analisis Kurikulum 2.00
    1000002055 Plp-Asesmen Pembelajaran 2.00
    1000002049 Plp-Manajemen Sekolah 2.00
    1000003053 Plp-Pengembangan Bahan Ajar 3.00
    1000002054 Plp-Pengembangan Media Pembelajaran 2.00
    1000002050 Plp-Pengembangan Program Sekolah 2.00
    1000003052 Plp-Pengembangan Rencana Pembelajaran 3.00
    1000004056 Plp-Praktik Mengajar 4.00
    1000003065 Kkn Asistensi Mengajar Perancangan Program 3.00
    1000003082 Kkn Proyek Indpenden Pengembangan Laporan 3.00
    1000002057 Mpk-Perencanaan 2.00

    Semester ke 8

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8520202042 Bulutangkis 2.00
    8520202082 Jurnalistik Olahraga 2.00
    8520202083 Kajian Kurikulum Pendidikan Jas. Dan Or. 2.00
    8520203124 Modifikasi Or Dan Permainan Pendidikan Jas 3.00
    8520202156 Penjas Dan Olahraga Adaptis 2.00
    8520203178 Program Pengelolaan Pembelajaran (Ppp) 3.00
    8520202181 Psikologi Olahraga 2.00
    8520202409 Sarana Prasana Olahraga 2.00
    8520206208 Skripsi 6.00
    8520202300 T/P Renang I 2.00
    8520202301 T/P Renang Ii 2.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Universitas Negeri Surabaya

    A. Evaluasi Kurikulum

    Evaluasi Kurikulum Prodi S-1 PKO UNESA mengacu pada indicator kelayakan kurikulum, kecukupan materi dan Metode pengajaran,kualitas dosen dan tenaga pendukung dan keberhasilan lulusan. Berikut ini adalah hasil evaluasi yang telah dilakukan;

    1. Evaluasi kelayakan kurikulum.

    Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kurikulum PKO UNESA masih cukup relevan dengan kebutuhan dan tuntutan dunia olahraga. Hal ini terlihat dari kesesuaian kurikulum PKO dengan Asosiasi Prodi PKO Indonesia dan beberapa Asosiasi Kepelatihan International. 

    2. Evaluasi kecukupan materi dan metode pengajaran.

    Hasil evaluasi menunjukkan bahwa materi pelajaran dalam kurikulum PKO UNESA sudah cukup lengkap dan sesuai dengan kebutuhan dunia olahraga dan metode pembelajaran sudah menggunakan metode Case Metode dan PjBL (Projek Base Learning). 

    3. Evaluasi kualitas dosen dan tenaga pendukung.

    Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kualitas dan kompetensi dosen dan tenaga pendukung yang terlibat dalam penyelenggaraan kurikulum PKO UNESA sudah cukup baik dilihat dari masing-masing dosen memiliki sertifikat kompetensi dibidang olahraga dan beberapa merupakan praktisi aktif dalam pembinaan olahraga prestasi. 

    4. Evaluasi keberhasilan lulusan.

    Hasil evaluasi menunjukkan bahwa lulusan PKO UNESA memiliki tingkat keberhasilan yang baik dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama masa studi ke dalam dunia kerja atau profesi yang mereka tekuni.

    Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kurikulum PKO UNESA masih perlu dikembangkan agar tetap sesuai dengan perkembangan terkini dalam dunia olahraga. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mengidentifikasi perkembangan terkini dalam dunia olahraga dan mengintegrasikannya ke dalam kurikulum PKO UNESA. Selain itu, perlu juga dilakukan upaya untuk mengadakan program pelatihan atau peningkatan kualifikasi bagi dosen dan tenaga pendukung yang terlibat dalam penyelenggaraan kurikulum PKO.

    B. Tracer Study

    Hasil analisis tracer study, 34% alumni bekerja di pemerintahan seperti KONI, Dispora, Guru Olahraga SMP dan SMA, 27% di fitness center, 12% menjadi personal trainer dan sisanya bekerja di bidang lain-lain. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulan bahwa lulusan telah bekerja sesuai dengan profil lulusan yang telah direncanakan oleh Prodi. Jika ditinjau dari keterkaitan materi perkuliahan dengan pekerjaan alumni, 34% alumni menyampaikan bahwa materi perkuliahan dengan dunia kerja sangat erat hubungannya, 19% menyampaikan erat, 19% cukup erat, dan 28% menyatakan tidak ada hubungan antara materi perkuliahan dengan dunia kerja mereka.

    Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
    CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8
    Anatomi Tubuh Manusia 2 50% 50% 100 %
    Ilmu Gizi Olahraga 2 33.33% 16.67% 25% 16.67% 8.33% 100 %
    Fisiologi latihan *** 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    Micro teaching 1 23.08% 38.46% 38.46% 100 %
    KEPELATIHAN CABANG OLAH RAGA GOLF 4 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
    METODE MELATIH FISIK, TEKNIK, TAKTIK & MENTAL CABOR RUGBY 7S 4 12.2% 14.63% 12.2% 14.63% 14.63% 12.2% 7.32% 12.2% 100 %
    METODE MELATIH FISIK, TEKNIK, TAKTIK & MENTAL CABOR GOLF 4 18.18% 27.27% 9.09% 36.36% 9.09% 99.99 %
    Microteaching 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    METODE MELATIH FISIK, TEKNIK, TAKTIK & MENTAL CABOR ANGKAT BERAT/ANGKAT BESI/BINARAGA 4 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
    Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Hoki 3 28.57% 21.43% 21.43% 28.57% 100 %
    Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Futsal 3 9.09% 36.36% 18.18% 36.36% 99.99 %
    KEPELATIHAN CABANG OLAHRAGA WOODBALL 4 10% 15% 20% 15% 20% 20% 100 %
    METODE MELATIH FISIK, TEKNIK, TAKTIK & MENTAL CABOR WOODBALL 4 21.05% 15.79% 21.05% 15.79% 10.53% 15.79% 100 %
    KEPELATIHAN CABANG OLAHRAGA PICKLEBALL 4 26.67% 20% 33.33% 20% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Universitas Negeri Surabaya

    Landasan Kurikulum

    Universitas Value

    Universitas Negeri Surabaya (UNESA) merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia yang memiliki university value yang sangat penting bagi masyarakat, mahasiswa, dan dunia pendidikan. Berikut adalah beberapa nilai yang ditawarkan oleh UNESA:

    Pendidikan yang Berkualitas Tinggi.

    UNESA menyediakan program pendidikan yang berkualitas tinggi di berbagai bidang studi, termasuk pendidikan, bahasa dan sastra, sains dan teknologi, serta seni dan desain. Fakultas-fakultas di UNESA dilengkapi dengan fasilitas modern dan tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman, sehingga mahasiswa dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja.

    Penelitian yang Berkualitas dan Berdampak pada Masyarakat.

    Selain fokus pada pendidikan, UNESA juga memiliki program penelitian yang aktif dan produktif. Para peneliti di UNESA terlibat dalam penelitian-penelitian yang berdampak pada masyarakat, seperti penelitian dalam bidang kesehatan, lingkungan, dan teknologi. Dengan penelitian yang berkualitas, UNESA dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

    Pengabdian Kepada Masyarakat yang Aktif.

    Sebagai universitas negeri, UNESA juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan masyarakat. UNESA menyediakan berbagai program pelayanan masyarakat, seperti pelayanan kesehatan, pelatihan dan kursus, serta bantuan hukum. Dengan program pelayanan masyarakat yang aktif, UNESA dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan citra positif universitas.

    Kolaborasi dengan Industri.

     

    Landasan Filosofi

    UNESA juga memiliki kemitraan dengan berbagai industri dan organisasi di Indonesia dan luar negeri. Kolaborasi dengan industri ini memungkinkan UNESA untuk mengembangkan program-program pendidikan dan penelitian yang relevan dengan kebutuhan industri, sehingga mahasiswa UNESA siap menghadapi tantangan dunia kerja.

    Dengan value yang dimilikinya, UNESA telah menjadi universitas yang terkemuka di Indonesia dan diakui secara internasional. UNESA terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pelayanan masyarakatnya, serta memperkuat kemitraannya dengan industri untuk mencapai tujuan-tujuan strategisnya.

    Prodi S-1 Pendidikan Kepelatihan olahraga berdiri berdasarkan amanat undang – undang berkaitan dengan sistem Keolahragaan. Undang – undang nomor 3 tahun 2005 memberikan definisi terhadap keolahragaan, olahraga, olahraga pendidikan dan olahraga prestasi. Keolahragaan adalah segala aspek yang berkaitan dengan olahraga yang memerlukan pengaturan, pendidikan, pelatihan, pembinaan, pengembangan, dan pengawasan. Olahraga adalah segala kegiatan yang sistematis untuk mendorong, membina, serta mengembangkan potensi jasmani, rohani, dan sosial. Olahraga pendidikan adalah pendidikan jasmani dan olahraga yang dilaksanakan sebagai bagian proses pendidikan yang konsisten dan berkelanjutan untuk memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan, kesehatan, dan kebugaran jasmani. Olahraga prestasi adalah olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan. Tiga definisi tersebut merupakan bagian dari filosofi prodi dalam mencetak lulusan, yaitu menjadi guru olahraga dan pelatih olahraga. Kedua kompetensi ini akan didapat oleh mahasiswa dengan menyelesaikan 144 SKS yang harus diprogram. Kebutuhan tenaga guru olahraga dan pelatih olahraga sangat tinggi karena saat ini masyarakat sudah menjadikan kebugaran merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Tenaga olahraga guru dan pelatih olahraga merupakan profesi yang tidak dapat terpisahkan dalam menciptakan masyarakat Indonesia yang unggul, guru olahraga dari tingkat SD dan SMP merupakan pondasi penting dalam memberikan pemahaman pentingnya berolahraga di usia dini yang nanti akan berdampak pada segala aktivitas dimasa dewasa baik sebagai masyarakat biasa dan menjadi atlet. Guru SMA dan Pelatih olahraga merupakan berperan penting dalam peningkatan pencapaian terbaik pada peforma dan kepercayaan diri kelompok masyarakat untuk tampil pada level yang lebih tinggi dalam bidang olahraga. Filosofi inilah yang menjadikan prodi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga berdiri yaitu menciptakan generasi yang unggul melalui kegiatan Olahraga.

    Landasan Sosilogis

    Program Studi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) merupakan salah satu program studi yang terdapat di Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Berikut adalah beberapa hal yang terkait dengan landasan sosiologis dalam kaitannya dengan Prodi S-1 PKO UNESA:

    Hubungan antara Prodi S-1 PKO dengan masyarakat

    Sebagai program studi yang berkaitan dengan olahraga, Prodi S-1 PKO UNESA memiliki hubungan yang erat dengan masyarakat, terutama dengan komunitas olahraga di Surabaya dan sekitarnya. Prodi S-1 PKO UNESA bertanggung jawab untuk memberikan kontribusi pada pengembangan olahraga di masyarakat, khususnya dalam hal pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga yang berkualitas. Dalam hal ini, Prodi S-1 PKO UNESA perlu memahami kebutuhan dan harapan masyarakat terkait dengan olahraga, dan mengembangkan program-program yang relevan dengan kebutuhan tersebut.

    Fungsi Prodi S-1 PKO dalam pengembangan olahraga di Surabaya

    Sebagai program studi yang berfokus pada pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga, Prodi S-1 PKO UNESA memiliki peran yang penting dalam pengembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya. Prodi S-1 PKO UNESA harus mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap kerja, yang akan berkontribusi pada pengembangan olahraga di Surabaya melalui perannya sebagai pelatih olahraga di klub, sekolah, dan komunitas olahraga lainnya. Oleh karena itu, Prodi S-1 PKO UNESA perlu mengembangkan program-program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan kebutuhan masyarakat di bidang olahraga.

    Struktur dan dinamika internal Prodi S-1 PKO UNESA

    Studi tentang struktur dan dinamika internal Prodi S-1 PKO UNESA melibatkan analisis tentang bagaimana program studi diorganisir dan dikelola, termasuk bagaimana keputusan diambil, struktur kekuasaan, dan hubungan antara dosen, staf, dan mahasiswa. Analisis tentang struktur dan dinamika internal Prodi S-1 PKO UNESA dapat membantu mengoptimalkan kinerja dan efektivitas program studi dalam mencapai tujuan pendidikan dan pengembangan olahraga.

    Dengan memperhatikan landasan sosiologis, Prodi S-1 PKO UNESA dapat meningkatkan relevansi dan kualitas pendidikan yang diselenggarakan, serta memberikan kontribusi yang lebih besar pada pengembangan olahraga di masyarakat. Oleh karena itu, Prodi S-1 PKO UNESA perlu terus melakukan kajian dan penelitian untuk mengembangkan strategi pengembangan yang lebih baik, dengan mempertimbangkan aspek-aspek sosiologis yang terkait dengan program studi ini.

    Landasan Historis

    Program Studi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) memiliki landasan historis yang cukup penting. Berikut adalah beberapa hal yang terkait dengan landasan historis dalam kaitannya dengan Prodi S-1 PKO UNESA:

    Awal mula berdirinya Prodi S-1 PKO UNESA.

    Prodi S-1 PKO UNESA berawal dari dibukanya Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Surabaya pada tahun 1964. Jurusan PJK tersebut kemudian menjadi Fakultas Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (FPJK) pada tahun 1968, dan pada tahun 2010 berubah menjadi Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) yang terdiri dari beberapa program studi, termasuk Prodi S-1 PKO.

    Perkembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya.

    Seiring dengan perkembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya, kebutuhan akan pelatih olahraga yang berkualitas semakin meningkat. Hal ini mendorong IKIP Surabaya untuk membuka Jurusan PJK yang kemudian menjadi cikal bakal dari Prodi S-1 PKO UNESA. Dengan membuka Prodi S-1 PKO, UNESA berkontribusi pada pengembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya, khususnya dalam hal pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga yang berkualitas.

    Perkembangan dan peningkatan kualitas program studi.

    Sejak berdirinya Jurusan PJK di IKIP Surabaya, program studi tersebut terus mengalami perkembangan dan peningkatan kualitas. Pada awalnya, Jurusan PJK hanya menyelenggarakan program studi Diploma-III PJK, namun kemudian berkembang menjadi menyelenggarakan program studi Sarjana Pendidikan (S-1) PJK. Seiring dengan perubahan nama menjadi FPOK, program studi S-1 PJK kemudian berubah nama menjadi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO), sesuai dengan fokusnya pada pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga.

    Dengan memperhatikan landasan historis, Prodi S-1 PKO UNESA dapat memahami dan menghargai peran dan kontribusi yang telah diberikan oleh pendahulunya dalam pengembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya. Selain itu, Prodi S-1 PKO UNESA dapat mengambil pelajaran dari pengalaman dan perubahan yang telah terjadi, sehingga dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga yang diselenggarakan.

    Landasan Hukum

    1. Pancasila dan UUD 1945;

    2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

    3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);

    4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);

    5. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;

    6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;

    7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;

    8. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);

    9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;

    10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;

    11. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;

    12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;

    13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;

    14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;

    15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;

    16. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;

    17. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;

    18. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;

    19. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;

    20. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA