•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Tanggal Berdiri  :  1 Agustus 2011
Koordinator Program Studi  :  Brillian Rosy, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi Program Studi yang Bereputasi di Asia Tenggara dalam Bidang Pendidikan Administrasi Perkantoran Tahun 2025


Misi
  1. Menyelenggarakan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan administrasi perkantoran.
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian bidang pendidikan administrasi perkantoran dan keilmuan administrasi perkantoran.
  3. Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kajian pendidikan administrasi perkantoran dan keilmuan administrasi perkantoran.
  4. Mengembangkan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran menjadi Good Department Governance untuk menjamin kepuasan stakeholder
  5. Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan-kewirausahaan

Tujuan
  1. Memiliki kemampuan mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan dibidang pendidikan dan keilmuan Administrasi Perkantoran untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di dunia kerja
  2. Berkarakter profesional, beretika, bertanggung jawab dan mampu berkomunikasi baik tulis maupun lisan.
  3. Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan melalui penelitian dan pendidikan yang lebih tinggi.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Mampu mengaplikasikan dan menganalisis teori, ilmu kependidikan, dan pembelajaran dalam program pendidikan administrasi perkantoran

CPL-6 Mampu menggunakan/mengaplikasikan konsep dan teori ilmu administrasi perkantoran dalam praktek perkantorannya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Mampu menyusun perangkat pembelajaran administrasi perkantoran yang berbasis IPTEKS
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Mampu memanfaatkan sumber belajar untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran administrasi perkantoran secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Mampu merancang, mendesain, praktikum, melaksanakan dan analisis data untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan dan keilmuan administrasi perkantoran serta mempublikasikan hasilnya
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Universitas Negeri Surabaya
  • Guru atau Tenaga Pendidik Profesional 
    Guru yang memiliki sikap, pengetahuan, keterampilan, budi pekerti, kecerdasan, keahlian, dan daya saing administrasi perkantoran bertaraf internasional sejalan dengan perkembangan teknologi dan informasi.

Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum S1 Pendidikan Administrasi 2019

Semester ke 1

Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 1 ini antara lain adalah
  • Paket Matakuliah Wirausaha (3 SKS)
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002018 Pancasila 2.00
1000002003 Bahasa Indonesia 2.00
1000003042 Dasar -Dasar Kependidikan 3.00
8721003046 Matematika Ekonomi 3.00
8721003055 Pengantar Akuntansi 3.00
8721002112 Pengantar Teori Ekonomi Mikro 2.00
8721003061 Pengantar Ilmu Administrasi Dan Manajemen 3.00
Matakuliah Wirausaha
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8721003056 Pengantar Bisnis 3.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
1000002033 Kewarganegaraan 2.00
1000002046 Literasi Digital 2.00
8721002118 Filsafat Pendidikan 2.00
8721002020 Hukum Bisnis 2.00
1000002010 Ilmu Alamiah Dasar (Iad) 2.00
1000002177 Bahasa Inggris 2.00
8721002113 Pengantar Teori Ekonomi Makro 2.00
1000002039 Psikologi Pendidikan 2.00
8721003091 Teknologi Perkantoran 3.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002047 Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran 2.00
8721003036 Manajemen Kearsipan 3.00
8721002037 Manajemen Perbekalan 2.00
1000002176 Kewirausahaan 2.00
8721002128 Perencanaan Pembelajaran 2.00
8721002070 Perilaku Organisasi 2.00
8721002129 Statistika 2.00
8721002125 Teori Belajar 2.00
8721003029 Korespondensi Bahasa Indonesia 3.00
8721002119 Kurikulum Sekolah 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8721003123 Aplikasi Komputer 3.00
8721002133 Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran 2.00
8721002039 Manajemen Perkantoran 2.00
8721003051 Metodologi Penelitian 3.00
8721002134 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
8721003074 Praktik Administrasi Perkantoran 3.00
8721002004 Analisa Sistem Administrasi 2.00
8721002132 Korespondensi Bhs. Inggris 2.00
8721002108 Praktik Kewirausahaan 2.00
8721003080 Sistem Informasi Manajemen 3.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8721003024 Kesekretarisan 3.00
8721002137 Keterampilan Mengajar Dan Pembelajaran Mikro 2.00
8721002135 Komunikasi Perkantoran 2.00
8721002032 Layanan Prima* 2.00
8721002136 Manajemen Sumber Daya Manusia 2.00
8721002001 Administrasi Keuangan Dan Perbankan 2.00
8721002018 Hubungan Masyarakat 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000003076 Kkn Proyek Desa Pengembangan Laporan 3.00
1000003074 Kkn Proyek Desa Evaluasi Program 3.00
1000004066 Kkn Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat 4.00
1000003100 Magang Riset-Publikasi 3.00
1000003058 Mpk-Keselamatan Dan Kesehatan Kerja 3.00
1000003060 Mpk-Desain Program 3.00
1000004096 Magang Riset-Pengembangan Instrumen Penelitian 4.00
1000004098 Magang Riset-Penganalisisan Data 4.00
1000004061 Mpk-Pelaksanaan Program 4.00
1000004097 Magang Riset-Pengumpulan Data 4.00
1000020101 Kknt 20.00
1000002051 Plp-Analisis Kurikulum 2.00
1000002049 Plp-Manajemen Sekolah 2.00
1000003052 Plp-Pengembangan Rencana Pembelajaran 3.00
1000003053 Plp-Pengembangan Bahan Ajar 3.00
1000004056 Plp-Praktik Mengajar 4.00
1000003070 Kkn Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan 3.00
1000003080 Kkn Proyek Indpenden Evaluasi Program 3.00
1000003075 Kkn Proyek Desa Pendesiminasian Program 3.00
1000003077 Kkn Proyek Indpenden Perancangan Program 3.00
1000003069 Kkn Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program 3.00
1000003082 Kkn Proyek Indpenden Pengembangan Laporan 3.00
1000003094 Kkn Kewirausahaan Pengembangan Laporan 3.00
1000003087 Kkn Proyek Kemanusiaan Pendesiminasian Program 3.00
1000003088 Kkn Proyek Kemanusiaan Pengembangan Laporan 3.00
1000003089 Kkn Kewirausahaan Perancangan Program 3.00
1000003092 Kkn Kewirausahaan Evaluasi Program 3.00
1000003093 Kkn Kewirausahaan Pendesiminasian Program 3.00
1000003065 Kkn Asistensi Mengajar Perancangan Program 3.00
1000003071 Kkn Proyek Desa Perancangan Program 3.00
1000003081 Kkn Proyek Indpenden Pendesiminasian Program 3.00
1000003083 Kkn Proyek Kemanusiaan Perancangan Program 3.00
1000003086 Kkn Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program 3.00
1000003068 Kkn Asistensi Mengajar Evaluasi Program 3.00
1000004090 Kkn Kewirausahaan Pengembangan Perangkat 4.00
1000004073 Kkn Proyek Desa Pelaksanaan Program 4.00
1000004084 Kkn Proyek Kemanusiaan Pengembangan Perangkat 4.00
1000004072 Kkn Proyek Desa Pengembangan Perangkat 4.00
1000004079 Kkn Proyek Indpenden Pelaksanaan Program 4.00
1000004078 Kkn Proyek Indpenden Pengembangan Perangkat 4.00
1000004091 Kkn Kewirausahaan Pelaksanaan Program 4.00
1000004085 Kkn Proyek Kemanusiaan Pelaksanaan Program 4.00
1000004067 Kkn Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program 4.00
1000020103 Magang 20.00
1000003095 Magang Riset-Pengembangan Rencana Penelitian 3.00
1000002099 Magang Riset-Penyusunan Laporan Penelitian 2.00
1000002059 Mpk-Manajemen Operasional 2.00
1000002064 Mpk-Pelaporan Program 2.00
1000002063 Mpk-Pendesiminasian Program 2.00
1000002062 Mpk-Penilaian Program 2.00
1000002057 Mpk-Perencanaan 2.00
1000002055 Plp-Asesmen Pembelajaran 2.00
1000002054 Plp-Pengembangan Media Pembelajaran 2.00
1000002050 Plp-Pengembangan Program Sekolah 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8721006081 Skripsi 6.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi Kurikulum

Evaluasi Kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran difokuskan pada pengukuran ketercapaian capaian pembelajaran program studi atau program learning outcome (PLO) setelah mahasiswa dinyatakan lulus. Aspek PLO yang dinilai meliputi 1) sikap, terdiri dari PLO-1 sampai dengan PLO-4; 2) pengetahuan, terdiri dari PLO-5 sampai dengan PLO-8; 3) keterampilan umum terdiri dari PLO-9 sampai dengan PLO-11, dan 4) keterampilan khusus terdiri dari PLO-12 sampai PLO-14. Hasil evaluasi kurikulum secara umum adalah sebagimana dalam grafik berikut.

Berdasarkan grafik ketercapaian PLO pada gambar 2, setiap PLO memiliki kriteria sangat baik (≥75), baik (≥60), memuaskan (≥50), buruk (≥40). Rata-rata pencapaian PLO Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi adalah 83,26% (sangat baik), 15,62% (baik), 0,40% (memuaskan), dan 0,73% (buruk). Dengan demikian, kesimpulannya, ketercapaian PLO di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi sangat ideal mengingat kriteria sangat baik, yaitu melebihi 75%.

Tracer Study

Hasil tracer study menunjukkan bahwa 36,4% lulusan bekerja sebagai guru, dan 39,4% bekerja sebagai tenaga administrasi, dan selebihnya tersebar merata pada beberapa jenis pekerjaan seperti arsiparis, teller, tentor, tata usaha, staf HRD, eksport staf  dan customer service. Rata-rata waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan kurang dari lima bulan. Relevansi kompetensi dan kemampuan yang diperoleh selama perkuliahan dengan kebutuhan lingkungan kerja disajikan dari penilaian pengguna lulusan terhadap memiliki tingkat keeratan antara bidang studi yang telah di tempuh pada perkuliahan dengan pekerjaan yang dijalani saat ini, sebanyak 39,4%, responden menilai antara bidang studi yang telah di tempuh pada perkuliahan dengan pekerjaan yang dijalani saat ini adalah sangat erat, terdapat 21,2% Erat; dan 33,3% Cukup Erat, hal ini menunjukkan bahwa mayoritas menilai sangat erat antara bidang studi dengan bidang pekerjaan saat ini. Hasil tracer study tersedia di laporan tracer study.

Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9
Pengantar Bisnis 3 13.04% 17.39% 34.78% 34.78% 99.99 %
Pengantar Akuntansi 3 22.22% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 22.22% 11.11% 99.99 %
Analisa Sistem Administrasi 2 11.11% 22.22% 33.33% 33.33% 99.99 %
Administrasi Keuangan dan Perbankan 2 50% 50% 100 %
Pengantar Ilmu Adm. dan Manajemen 3 18.18% 36.36% 45.45% 99.99 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Universitas Negeri Surabaya

Landasan Perancangan Kurikulum

  1.  Universitas Value
    Pengembangan kurikulum merupakan hak dan kewajiban masing-masing perguruan tinggi, namun demikian dalam pengembangan kurikulum perlu berlandaskan pada nilai, norma, peraturan dan perundangan yang berlaku. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 08 Tahun 2012 tentang KKNI yang dijabarkan dalam SN-DIKTI, elemen kurikulum program studi memuat empat elemen, yaitu (1)sikap, (2)keterampilan umum, (3)pengetahuan, dan (4)keterampilan khusus. Sikap yang ditumbuhkembangkan pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, selain disesuaikan dengan landasan kepribadian dan sikap perilaku berkarya sebagaimana diatur dalam Perpres Nomor 08 Tahun 2012, juga dikembangkan sejalan dengan Landasan filosofis, memberikan pedoman secara filosofis pada tahap perancangan, pelaksanaan, dan peningkatan kualitas pendidikan(Ornstein & Hunkins, 2014). Landasan filosofis dalam pengembangan kurikulum merupakan landasan yang berkaitan dengan bagaimana pengetahuan dikaji dan dipelajari agar mahasiswa memahami hakikat hidup dan memiliki kemampuan yang mampu meningkatkan kualitas hidupnya baik secara individu, maupun di masyarakat (Zais, 1976). Berbagai filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme,romantik naturalisme dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk bermuara pada visi dan misi. Dengan memperhatikan kelebihandan kekurangan berbagai landasan filosofi di atas, pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Unesa menganut filosofi eklektik, yaitu melihat bagian-bagian baik dari landasan filosofi yang sesuai untuk pencapaian visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Unesa. Menurut pendekatan eklektik, kurikulum sebagai program pendidikan memiliki empat unsur, yaitu 1)komponen tujuan; 2)isi/materi; 3)proses pembelajaran; dan 4)komponen evaluasi (Zais, 1976). Sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, pengembangan kurikulum atas keempat aspek tersebut harus didasarkan pada pemikiran yang mendalam logis, sistematis, komprehensif dengan bermuara pada pencapaian program studi yang bereputasi di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan administrasi perkantoran.
  2. Landasan Sosilogis
    Landasan sosiologis, memberikan landasan bagi pengembangan kurikulum sebagai perangkat pendidikan yang terdiri dari tujuan,materi, kegiatan belajar dan lingkungan belajar yang positif bagi perolehan pengalaman pembelajar yang relevan denganperkembangan personal dan sosial pembelajar (Ornstein & Hunkins, 2014, p. 128). Pengembangan kurikulum perlu dikaitkan dandisesuaikan dengan kebudayaan yang berkembang di masyarakat tersebut.  Eksistensi kebudayaan lokal semakin terkikis di tengah terpaan pengaruh globalisasi. Hal ini sejalan dengan pendapat Plafreyman(2007) yang menyatakan bahwa masalah kebudayaan menjadi topik hangat di kalangan civitas academika di berbagai negara.Perguruan tinggi diharapkan mampu mengembangkan kurikulum yang memadukan antara kepentingan memajukan proses pembelajaran yang berorientasi kepada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan unsur keragaman budaya mahasiswa untuk menghasilkan capaian pembelajaran dengan kemampuan memahami keragaman budaya di tengah masyarakat, sehingga menghasilkan jiwa toleransi serta saling pengertian terhadap hadirnya suatu keragaman. Dengan kata lain, kurikulum yangdikembangkan harus mampu mewariskan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya untuk menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat di era globalisasi serta melepaskan mahasiswa dari kungkungan tembok pembatas budayanya sendiri (capsulation) yang kaku, dan tidak menyadari kelemahan budayanya sendiri. Sebagai bagian bangsa yang besar dan memiliki kemajemukan dalam budaya maka kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran juga mengakomodasi hal tersebut untuk memperkuat budaya nasional. Namun demikian tidak dapat ditinggalkan pula budaya lokal tempat Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran tumbuh dan berkembang, hal ini akan menjadi ciri khas khusus yang menampilkan karakteristik Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran sebagai bagian dari kemajemukan masyarakat Indonesia yang luas.
  3. Landasan  Historis       
    Pengembangan kurikulum diharapkan mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai dengan zamannya. Secara historis,pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran berjalan dinamis searah dengan pengembangan lembaga seiring dengan peraturan dan perundangan yang berlaku. Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran dikembangkan untuk memfasilitasi mahasiswa belajar untuk mencapai kompetensi yang relevan dengan era industry 4.0 dan perkembangannya.
  4. Landasan Yuridis
    1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
    2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
    3. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa 
    4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
    5. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
    6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
    7. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019, tentang Prioritas Pembangunan Dana Desa Tahun 2020.
    8. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 16 Tahun 2019, tentang Musyawarah Desa. 
    9. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 17 Tahun 2019, tentang Pedoman Umum Pembangunan dan Pemberdayaan        Masyarakat Desa.
    10. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 18 Tahun 2019, tentang Pedoman Umum Pendampingan Masyarakat Desa.
    11. SK Rektor Unesa Nomor 896/UN38/HK/KR/2019 tentang Penetapan Buku Pedoman Penambahan Muatan dan Matakuliah Pengembangan Kepribadian        Institusional pada Kurikulum Universitas Negeri Surabaya
    12. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 10 Tahun 2019 Tentang pemberian Penghargaan Akademis Kepada Mahasiswa Berprestasi Universitas Negeri Surabaya.