•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Biologi Unesa

 
Program Studi  :  S1 Biologi
Tanggal Berdiri  :  10 Juni 1998
Koordinator Program Studi  :  Dr. H. Sunu Kuntjoro, S.Si., M.Si.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Biologi
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi Program Studi Biologi yang Unggul dan Kukuh dalam Keilmuan Biologi


Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di bidang biologi tropis yang inovatif dan berbasis informasi riset dan teknologi untuk menghasilkan lulusan dengan karakter berwawasan lingkungan dan berjiwa wirausaha
  2. Menyelenggarakan penelitian biologi tropis dan terapannya yang inovatif, bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan kesejahteraan masyarakat
  3. Menyebarluaskan hasil penelitian biologi tropis melalui pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi kepada pemberdayaan masyarakat
  4. Membangun jejaring kerjasama yang kuat dengan stakeholders untuk peningkatan mutu dan pencitraan Prodi S1 Biologi
  5. Menyelenggarakan tata pamong Prodi S1 Biologi yang otonom, kredibel, adil, akuntabel, dantransparan untuk penjaminan mutu dan peningkatan kualitas

Tujuan
  1. Menguasai konsep dasar biologi, sumber daya alam hayati dan lingkungan serta dapat menerapkan dalam penyelesaian masalah-masalah Biologi dalam pekerjaan profesional.
  2. Mampu mengelola sumber daya alam hayati dan lingkungan, serta mengembangkan produk hayati sesuai dengan penguatan bioecopreunership.
  3. Menguasai   metode   ilmiah   untuk   menganalisis   permasalahan   biologi   dan penerapannya, bekerja secara sistematis dan metodis.
  4. Memiliki etika, tanggungjawab, jiwa kepemimpinan, dan berwawasan lingkungan.
  5. Mampu mengembangkan diri dalam kecerdasan dan keterampilan biologis baik secara formal maupun informal, serta mampu berkomunikasi dalam kegiatan profesional.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Biologi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Mampu mengomunikasikan ide-ide ilmiah, baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan media komunikasi yang tepat sesuai sasaran, sebagai bekal belajar sepanjang hayat untuk pengembangan diri secara akademik.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Mampu secara mandiri untuk bekerja di laboratorium dan mengembangkan keterampilan yang relevan dengan menerapkan bioetika dan keselamatan kerja
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Mampu merancang dan melakukan eksperimen dalam bidang biologi, mengelola, menganalisis, menafsirkan, mendokumentasikan, dan menyimpan data penelitian, untuk mengelola sumber daya alam hayati
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-11 Mampu menerapkan keterampilan yang dapat ditransfer dalam biologi untuk mengembangkan ecopreneurship (eco- inovation, eco- oppurtunity, eco- comitmen)
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-12 Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dasar biologi yang relevan dengan sains dan matematika untuk memahami fenomena dan isu-isu sains terkini dan menerapkannya dalam pemecahan masalah
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-13 Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dasar tentang biologi sel dan molekuler, biologi organisme, ekologi dan evolusi untuk menganalisis isu-isu biologi terkini
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-14 Mampu mengaplikasikan pengetahuan dan teknologi biologi untuk pemecahan masalah sumber daya alam dan lingkungan baik di laboratorium maupun praktik nyata yang mendukung profesi dan atau kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-15 Mampu mendemonstrasikan prinsip-prinsip dasar aplikasi dan instrumen perangkat lunak, metode analisis standar, dan sintesis dalam biologi
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Biologi
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum S1 Biologi
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum S1 Biologi

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    4620103103 Kimia Umum 4.00
    4620103100 Kimia Dasar 3.00
    4620103033 Biologi Umum 3.00
    4620103070 Fisika Dasar 3.00
    1000002003 Bahasa Indonesia 2.00
    4620102016 Aplikasi Komputer 2.00
    4620103119 Matematika Dasar 3.00
    4620102187 Teknik Laboratorium 2.00
    4620102019 Bahasa Inggris I 2.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
        -  Agama Budha
        -  Agama Hindu
        -  Agama Islam
        -  Agama Katholik
        -  Agama Protestan
    2.00
    4620103137 Morfologi Tumbuhan 3.00
    4620102020 Bahasa Inggris Ii 2.00
    4620103011 Anatomi Hewan 3.00
    4620103026 Biokimia 3.00
    4620102165 Statistika 2.00
    4620103147 Pengetahuan Lingkungan 3.00

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    1000002011 Isbd 2.00
    4620103089 Histologi Hewan 3.00
    4620102069 Filsafat Ipa 2.00
    4620103129 Mikrobiologi Dasar 3.00
    4620103176 Taksonomi Avertebrata 3.00
    4620103183 Taksonomi Tumbuhan Rendah 3.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    4620102125 Mikologi 2.00
    4620103012 Anatomi Tumbuhan 3.00
    4620104081 Genetika 4.00
    4620104076 Fisiologi Tumbuhan 4.00
    4620103184 Taksonomi Tumbuhan Tinggi 3.00
    4620103157 Reproduksi Hewan 3.00
    4620103185 Taksonomi Vertebrata 3.00
    4620104211 Struktur Perkembangan Hewan 4.00
    4620104173 Struktur Perkembangan Tumbuhan 4.00
    4620102062 Etnobotani 2.00
    4620102063 Etologi* 2.00

    Semester ke 5

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    4620102092 Ilmu Hara 2.00
    4620102077 Fitogeografi 2.00
    4620104053 Ekologi Umum 4.00
    4620104074 Fisiologi Hewan 4.00
    4620103124 Metodologi Penelitian Biologi 3.00
    4620102156 Protozoologi 2.00
    4620102130 Mikrobiologi Industri* 2.00

    Semester ke 6

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    4620102086 Hama Dan Penyakit Tumbuhan 2.00
    4620103111 Limnologi 3.00
    4620102107 Kultur Jaringan 2.00
    4620102104 Konservasi 2.00
    4620103041 Ekofisiologi 3.00
    4620103058 Embriologi Tumbuhan 3.00
    4620103008 Anatomi Dan Fisiologi Manusia 3.00
    4620102037 Bioteknologi 2.00
    4620102030 Biologi Sel 2.00
    4620102159 Seminar 2.00
    4620102064 Evolusi 2.00
    4620103200 Bioteknologi Tanah 3.00
    4620102085 Hama Dan Penyakit Tanaman* 2.00
    4620102140 Parasitologi 2.00
    4620102079 Fitopatologi* 2.00

    Semester ke 7

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    4620102193 Kkn 2.00
    4620102133 Mikrobiologi Terapan 2.00
    4620102024 Biogeografi 2.00
    4620103045 Ekologi Air Laut 3.00
    4620102005 Amdal 2.00
    4620102144 Pengelolaan Limbah 2.00
    4620102054 Ekotoksikologi 2.00
    4620102155 Praktek Kerja Lapangan (Pkl) 2.00
    4620106164 Skripsi 6.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Biologi
    Universitas Negeri Surabaya

    Evaluasi kurikulum dilakukan melalui mekanisme tracer study  untuk mengukur capaian Tujuan program studi (Program Educational Objectives/PEO) atau Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Tracer study didapatkan dari tim tracer study yang ada di Prodi S1 Biologi dengan membuat laporan setiap 3 bulan sekali (triwulan)

    Rekap CPL Program Studi S1 Biologi
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
    CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL9CPL10CPL11CPL12CPL13CPL14CPL15
    Biostatistik dan Biokomputer 3 50% 50% 100 %
    Sistematika Hewan 4 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
    Struktur Perkembangan Hewan 4 4.17% 12.5% 12.5% 8.33% 50% 12.5% 100 %
    Histologi* 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Biologi
    Universitas Negeri Surabaya

    Universitas Value

    Kurikulum merupakan ruh dari suatu program pendidikan sehingga keberadaannya memerlukan rancangan, pelaksanaan serta evaluasi secara dinamis sesuai dengan perkembangan kebutuhan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan kompetensi baik yang dibutuhkan oleh masyarakat maupun pengguna lulusan. Tantangan yang dihadapi oleh perguruan tinggi dalam mengembangkan kurikulum di era Industri 4.0 adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan literasi baru meliputi literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia yang berakhlak mulia berdasarkan pemahaman keyakinan agama. Selain itu, tantangan lainnya adalah bagaimana peran dan strategi dalam menjembatani kesenjangan antara proses pendidikan di perguruan tinggi dengan dunia kerja dan kebutuhan inovasi. 

    Salah satu pendekatan yang digunakan untuk mewadahi pendidikan abad 21 adalah pendidikan berbasis capaian atau Outcome-Based Education (OBE). OBE adalah pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif. Dalam penerapannya, OBE berpengaruh pada keseluruhan proses pendidikan mulai dari rancangan kurikulum, perumusan tujuan dan capaian pembelajaran, strategi pembelajaran dan asesmen, serta lingkungan/ekosistem pendidikan. Secara garis besar, kurikulum sebagai sebuah rancangan terdiri atas empat unsur, yakni capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, strategi pembelajaran dan asesmen.

    Landasan Filosofi

    Kurikulum dikembangkan untuk mencapai visi, misi dan tujuan yang ditetapkan, serta harus mengakomodasi seluruh tujuan Pendidikan dengan memperhatikan karakteristik Unesa sebagai setting pembelajaran lokal yang diwujudkan dalam hasil belajar program studi. Selain itu, kurikulum Prodi Biologi harus dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk mencapai kompetensi dan pengembangan diri yang diharapkan, baik saat maupun yang akan datang. Oleh karena itu, kurikulum Program Studi S1 Biologi diharapkan mampu menjawab tuntutan kebutuhan di lapangan. 

    OBE adalah pendekatan desain kurikulum dan pengajaran yang berfokus pada apa yang harus dapat dicapai mahasiswa (attained) pada akhir kuliah. OBE Memfokuskan dan mengatur segala sesuatu pada sistem pendidikan yang ada agar semua mahasiswa dapat berhasil di akhir pengalaman kuliah mereka. OBE adalah pendekatan untuk merencanakan (planning), memberikan (delivering) dan mengevaluasi (evaluating) pendidikan yang mengharuskan pengelola, dosen dan mahasiswa untuk memusatkan perhatian dan upaya mereka pada hasil pendidikan yang diinginkan. OBE adalah proses yang melibatkan restrukturisasi kurikulum, penilaian dan praktik pelaporan di pendidikan untuk mencerminkan pencapaian yang tinggi memesan pembelajaran dan penguasaan daripada akumulasi kredit mata kuliah.

    Dalam bidang studi Biologi, cabang ilmu pengetahuan alam ini mempelajari sistem organisme makhluk hidup yang meliputi: studi tentang struktur, proses, keanekaragaman dan kontinuitas sistem tersebut . Ilmu Biologi dieksplorasi dalam: (1) Biologi Sel dan Molekuler yang mempelajari organisasi makhluk hidup pada tingkat seluler dan subseluler, (2) Fisiologi mempelajari proses-proses yang terjadi dalam sistem makhluk hidup, (3) Genetika yang mempelajari substansi gen dan proses pewarisannya untuk menjamin kelangsungan hidup sistem makhluk hidup, (4) Struktur dan Perkembangan yang mempelajari organisasi tingkat individu dan perubahan ontogenik dalam organisasi, (5) Biosistematika dan Evolusi yang mempelajari keanekaragaman makhluk hidup dan sejarah filogeniknya, dan (6) Ekologi mempelajari organisasi interaksi individu mulai dari tingakt populasi, komunitas, ekosistem hingga biosfer.

    Bidang ilmu Biologi, pada perkembangannya bidang ini telah memberikan kontribusi pada kesejahteraan hidup manusia, dan keberlanjutan kehidupan yang harmonis antar makhluk hidup. Penemuan sebagai hasil penelitian, dan inovasi dalam bidang biologi berlangsung sangat cepat. Selain itu, bidang biologi berkembang tidak secara mandiri, tetapi beririsan dan berintegrasi dengan perkembangan bidang ilmu pengetahuan sains teknologi, sosial humaniora, budaya, dan matematik.

    Berbagai tuntutan masa depan perlu diadopsi oleh Prodi Biologi agar lulusannya tidak tertinggal, dan dapat beradaptasi dengan cepat pada perubahan dan tuntutan masa depan, termasuk tuntutan abad 21. Di samping itu tuntutan untuk terlibat dalam menjaga keberlanjutan ketersediaan sumber-sumber daya alam dan biodiversity di Indonesia maupun global, serta tuntutan untuk mengadopsi keterampilan yang diperlukan pada abad 21, membuat Prodi Biologi perlu merumuskan tujuan dan profil lulusannya, serta mengembangkan kurikulum yang selaras dengan perkembangan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi. Guna menyikapi hal tersebut Program Studi Biologi Unesa telah merekonstruksi kurikulum 2015 menjadi kurikulum berbasis OBE, mencari dan menemukan pengetahuan yang mereka butuhkan.

    Landasan Sosiologis

    Kurikulum OBE Prodi Biologi  memberikan keleluasan kepada mahasiswa mengoptimalkan hasil yang diperoleh selama proses menempuh studi, yang hasil tersebut akan memberikan manfaat yang besar ketika mahasiswa lulus dan terjun di masyarakat. Pencapaian hasil studi mencerminkan kompetensi-kompetensi yang telah dikuasai oleh mahasiswa. 

    Landasan Historis

    Program Studi Biologi merupakan salah satu Program Studi di Unesa yang berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA). Dalam upaya mewujudkan lulusan yang diharapkan, maka sangat diperlukan pengembangan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kurikulum sebagai arah dan tujuan pengembangan program studi memiliki dinamika dalam upaya untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dinamika tersebut sebagai konsekuensi dari perkembangan masyarakat yang harus mampu diakomodasi. Program Studi Biologi telah melaksanakan Kurikulum KKNI dan SNPT sejak tahun 2015, dan sudah waktunya untuk melakukan revisi dan pengembangan kurikulum.

    Landasan Hukum

    a) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. 

    b) Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia 

    c) Peraturan Rektor Nomor 582/UN27/HK/2016 Tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan Program Sarjana. 

    d) Keputusan Rektor Unesa Tentang Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum KKNI Program Studi Universitas Negeri Surabaya, tahun 2016

    e) Pedoman Pengembangan Kurikulum Program Studi di Unesa dalam Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Edisi 9 Juni 2016

    f) Pedoman Penambahan Muatan dan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Institusional pada Kurikulum Unesa, tahun 2019

    g) Rumusan Naskah Akademik Standar Nasional Berbasis KKNI Sarjana Biologi KOBI (Konsorsium Biologi Indonesia) 

    h) Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62  tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi

    i) Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi