Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa S3 Pendidikan Inklusi dalam mengembangkan media pembelajaran yang inklusif dan akomodatif bagi peserta didik dengan berbagai kebutuhan khusus. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari teori-teori dasar mengenai desain dan penggunaan media pembelajaran yang dapat mengakomodasi beragam gaya belajar dan kebutuhan individu, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik, kognitif, atau sensori. Mahasiswa akan diajak untuk memahami prinsip-prinsip aksesibilitas dan keberagaman dalam pendidikan, serta bagaimana menciptakan media yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik peserta didik, termasuk penggunaan teknologi terkini yang dapat mendukung pembelajaran yang lebih inklusif. Topik-topik yang dibahas mencakup pengembangan media berbasis teknologi assistive, penggunaan aplikasi dan perangkat lunak pendidikan untuk anak dengan disabilitas, serta strategi penyajian konten yang adaptif. Sebagai bagian dari pembelajaran, mahasiswa akan diminta untuk merancang dan mengembangkan prototipe media pembelajaran akomodatif yang dapat diimplementasikan dalam konteks pendidikan inklusif, serta melakukan evaluasi terhadap efektivitas dan dampak dari media tersebut. Mata kuliah ini juga mencakup kajian tentang pentingnya kolaborasi antara guru, orang tua, dan pihak terkait dalam proses pengembangan dan penggunaan media pembelajaran yang inklusif.