•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S2 Pendidikan Sains Unesa

 
Program Studi  :  S2 Pendidikan Sains
Tanggal Berdiri  :  2 April 2007
Koordinator Program Studi  :  Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Sains
Universitas Negeri Surabaya
Capaian Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Sains
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5 Menguasai filsafat pendidikan IPA sebagai landasan berpikir dalam mengembangkan inovasi yang unggul di bidang pendidikan IPA.

CPL-6 Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan.

CPL-7 Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Merancang dan mengevaluasi kurikulum pendidikan IPA untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang lebih efektif.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA secara berkelanjutan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).

Profil Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Sains
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum S2 Pendidikan Sains
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum S2 Pendidikan Sains

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8410102132 Pengembangan Pembelajaran Sains Terintegrasi 2.00
    8410102119 Metod. Penel. 2.00
    8410102169 Statistika 2.00
    8410102064 Ipba P2tk 2.00
    8410102036 Filsafat Sains 2.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8410102128 Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains 2.00
    8410102065 Isu Dan Tren Pendidikan Sains 2.00
    8410103075 Kajian Sains Fisika 3.00
    8410102005 Assesmen Dan Evaluasi 2.00
    8410103066 Kajian Sains Biologi 3.00
    8410103063 I P B A 3.00
    8410102131 Pengembangan Media Pembelajaran Sains 2.00
    8410103084 Kajian Sains Kimia 3.00
    8410102130 Pengembangan Kurikulum 2.00
    1000002177 Bahasa Inggris 2.00

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8410102137 P P L 2.00
    8410102166 Seminar Proposal 2.00
    8410102173 Struktur Fungsi Tumbuhan 2.00
    8410102175 Stuktur Fungsi Hewan 2.00
    8410102103 Kimia Organik 2.00
    8410102195 Proposal Penelitian 2.00
    8410103115 Mekanika Klasik 3.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8410106182 Tesis 6.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Sains
    Universitas Negeri Surabaya
    Belum Diisi
    Rekap CPL Program Studi S2 Pendidikan Sains
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
    CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9
    Literasi Sains Digital 2 40% 40% 20% 100 %
    Pendidikan STEAM 2 10% 50% 30% 10% 100 %
    Kajian IPA 2 2 50% 25% 25% 100 %
    Analisis Filsfat Pendidikan Sains (Analysis of the Philosophy of Science Education 2 25% 25% 50% 100 %
    Energi dan Kehidupan (Energy and living) 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Literasi Sains Digital (Digital Sains Literacy). 2 40% 40% 20% 100 %
    Kajian Teori Belajar dalam Model Pembelajaran Sains (Learning Theory in Science Learning Models). 2 25% 25% 25% 25% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Sains
    Universitas Negeri Surabaya
    Belum Diisi