•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan) Unesa

 
Study Program  :  Bachelor Of Physical Education, Health, And Recreation (Magetan Regency Campus)
Establishment Date  :  3 Oktober 2023
Study Program Coordinator  :  Dwi Lorry Juniarisca, S.Pd., M.Ed.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Prodi S1 PJKR memiliki visi menjadi program studi kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan di bidang pendidikan jasmani.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan jasmani yang berkarakter tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan
  2. Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas keilmuan di bidang pendidikan jasmani yang inovatif dan adaptif
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berbasis kewirausahaan
  4. Menyelenggarakan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan
  5. Menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berorientasi kewirausahaan.

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang pendidikan jasmani dengan karakter yang tangguh, adaptif, dan inovatif serta berjiwa kewirausahaan.
  2. Meningkatkan kualitas penelitian yang inovatif dan adaptif di bidang pendidikan jasmani guna berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik pendidikan jasmani.
  3. Meningkatkan peran pengabdian kepada masyarakat melalui penyebaran dan implementasi inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berbasis kewirausahaan.
  4. Mewujudkan tata kelola program studi yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, dengan berfokus pada peningkatan mutu secara berkelanjutan.
  5. Membangun dan memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berorientasi kewirausahaan.

Nilai_dasar
  1. (Tangguh) Membangun kekuatan karakter yang kokoh dan daya juang yang tinggi dalam menghadapi tantangan di bidang pendidikan jasmani.
  2. (Adaptif) Mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan tuntutan perubahan di dunia pendidikan jasmani secara fleksibel dan responsif.
  3. (Inovatif) Menjunjung tinggi semangat inovasi untuk menciptakan solusi baru, memperbaiki proses, dan mengembangkan metode yang relevan dalam pendidikan jasmani.
  4. (Kewirausahaan) Mendorong pengembangan jiwa kewirausahaan, kreativitas, dan kemandirian dalam berbagai aspek pendidikan jasmani, baik dalam penelitian, pengabdian masyarakat, maupun pembelajaran.
  5. (Integritas) Menjaga kejujuran, profesionalisme, dan etika dalam setiap aspek akademik, penelitian, pengabdian, dan tata kelola program studi.
  6. (Kolaborasi) Mengedepankan semangat kerjasama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar institusi, untuk mencapai tujuan yang lebih besar dalam bidang pendidikan jasmani.
  7. (Akuntabilitas) Bertanggung jawab dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, pengabdian, dan tata kelola, dengan prinsip transparansi dan dapat dipertanggungjawabkan secara etis dan akademis.

Capaian Lulusan Program Studi Bachelor Of Physical Education, Health, And Recreation (Magetan Regency Campus)
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akun tabel, dan efektif
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-7 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara procedural
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 Mampu menerapkan pengetahuan konsep pendidikan jasmani untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreativitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Bachelor Of Physical Education, Health, And Recreation (Magetan Regency Campus)
Universitas Negeri Surabaya
  • Guru PJOK

    Sarjana kependidikan yang mampu menjadi pendidik/guru PJOK dan memiliki kompetensi pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik, dan penguasaan bidang keilmuan Pendidikan Jasmani sehingga mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar serta teknologi yang relevan.

  • Praktisi

    Asisten peneliti yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi permasalahan Pendidikan Jasmani melakukan penelitian melalui prosedur ilmiah untuk mencari solusi, mempublikasikan, dan mendisimilasikan hasil penelitian.

  • Enterpreneur/wirausaha

    Enterpreneur/wirausaha yang memiliki kemampuan merancang usaha di bidang Pendidikan Jasmani yang kreatif dan inovatif. 

  • Peneliti

    Asisten peneliti yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi permasalahan Pendidikan Jasmani melakukan penelitian melalui prosedur ilmiah untuk mencari solusi, mempublikasikan, dan mendisimilasikan hasil penelitian.


Struktur Kurikulum Bachelor Of Physical Education, Health, And Recreation (Magetan Regency Campus)
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PSDKU Kampus Unesa 5 di Magetan)

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
8520802005 Anatomi 2.00
8520803064 Atletik 3.00
1000002005 Dasar Dasar Pendidikan 2.00
1000002046 Literasi Digital 2.00
8520802004 Pencak Silat 2.00
8520802065 Swimming 2.00
8520802067 Exercise 2.00
8520803066 Football 3.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002003 Indonesian 2.00
8520802030 Biomechanics Sports 2.00
8520802068 Basketball 3.00
8520802069 Volleyball 3.00
8520802011 Badminton 2.00
8520802008 Exercise Physiology 2.00
1000002018 Pancasila Education 2.00
8520802012 Softball 2.00
8520802046 Sociology Of Sport 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002177 English 2.00
8520802070 Motor Learning 2.00
8520802037 Handball 2.00
8520802053 Fitness And Spa Therapy 2.00
8520802039 Futsal 2.00
8520802038 Hockey 2.00
8520802013 Sports Nutrition Science 2.00
8520802041 Judo 2.00
8520802048 Journalism Sports 2.00
8520802043 Karate 2.00
8520802022 Massage Sports 2.00
8520802040 Archery 2.00
8520802026 Injury Prevention And Treatment Or 2.00
8520802063 Pentaque 2.00
8520802071 Little Games 2.00
8520802042 Sepak Takraw Aquatic Learning 2.00
8520802035 Tennis Field 2.00
8520802007 Table Tennis 2.00
8520802015 Teori Belajar 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8520802033 Evaluation Of Learning And Learning 2.00
8520802023 School Curriculum 2.00
8520803018 Research Methodology 3.00
8520802055 Athletic 2.00
8520802034 Micro Learning 2.00
8520802016 Learning 2.00
8520802073 Gymnastics Learning 2.00
8520802032 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
8520802072 Perencanaan Pembelajaran 2.00
8520802031 Statistik 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
MBKM0033 Teaching Assistance Program Evaluation 2.00
MBKM0002 Teaching Assistance Developing Tools 4.00
MBKM0003 Teaching Assistance For Program Implementation 4.00
MBKM0004 Teaching Assistance For Program Dissemination 3.00
MBKM0005 Teaching Assistance For Report Development 3.00
MBKM0006 Teaching Assistance For Program Design 3.00
MBKM0034 Teaching Assistance For Program Planning 2.00
MBKM0043 National Defense Program Evaluation 3.00
MBKM0044 National Defense Program Implementation 4.00
MBKM0045 National Defense Program Dissemination 3.00
MBKM0046 State Defense Development Report 3.00
MBKM0047 Defending The Country For Equipment Development 4.00
MBKM0048 National Defense Program Design 3.00
MBKM0031 Plp Program Evaluation 2.00
MBKM0037 Program Evaluation Village Project 2.00
MBKM0038 Village Project Planning Program 2.00
MBKM0013 Project In The Village Program Evaluation 3.00
MBKM0014 Projects In Program Implementation Villages 4.00
MBKM0015 Projects In The Village Dissemination Program 3.00
MBKM0016 Projects In Village Development Report 3.00
MBKM0017 Project In The Device Development Village 4.00
MBKM0018 Projects In Program Design Villages 3.00
MBKM0025 Program Evaluation Humanitarian Project 3.00
MBKM0026 Program Implementation Humanitarian Project 4.00
MBKM0027 Humanitarian Dissemination Program Project 3.00
MBKM0028 Humanitarian Project Development Report 3.00
MBKM0029 Device Development Humanitarian Project 4.00
MBKM0030 Program Design Humanitarian Project 3.00
MBKM0040 Program Planning Humanitarian Project 2.00
MBKM0049 Program Evaluation Research 2.00
MBKM0050 Program Planning Research 2.00
1000002104 Seminar Proposal Final Project 2.00
MBKM0041 Independent Study Of Program Evaluation 2.00
MBKM0020 Independent Study Of Program Implementation 4.00
MBKM0021 Independent Study Of Program Determination 3.00
MBKM0022 Independent Study Report Development 3.00
MBKM0023 Independent Study Of Device Development 4.00
MBKM0024 Independent Study Of Program Design 3.00
MBKM0042 Independent Study Program Planning 2.00
MBKM0007 Entrepreneurial Program Evaluation 3.00
MBKM0008 Program Implementation Entrepreneurship 4.00
MBKM0009 Program Dissemination Entrepreneurship 3.00
MBKM0010 Entrepreneurial Development Report 3.00
MBKM0011 Device Development Entrepreneur 4.00
MBKM0012 Entrepreneurial Program Design 3.00
MBKM0036 Entrepreneurial Program Planning 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000020149 Designing A School Field Introduction Program 4.00
1000002051 Plp Analisis Kurikulum 2.00
1000002055 Plp Asesmen Pembelajaran 2.00
1000002049 Plp Manajemen Sekolah 2.00
1000003053 Plp Pengembangan Bahan Ajar 3.00
1000002054 Plp Pengembangan Media Pembelajaran 2.00
1000002050 Plp Pengembangan Program Sekolah 2.00
1000003052 Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran 3.00
MBKM0032 Plp Program Planning 2.00
1000004056 Plp Praktik Mengajar 4.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8520802052 Administration And Systems Competitions 2.00
8520802027 Coaching Science Basic 2.00
1000002176 Entrepreneurship 2.00
8520802074 Adaptive Sports 2.00
8520802021 School Health Education 2.00
8520802075 Learning Technology 2.00
8520802061 Tests And Measurements Physical Education 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000004105 Thesis 4.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Bachelor Of Physical Education, Health, And Recreation (Magetan Regency Campus)
Universitas Negeri Surabaya

Ketuntasan mahasiswa mencapai CPL pada kriteria sangat baik mencapai 46%, kriteria baik mencapai 36%, kriteria memuaskan mencapai 16%, sedangkan tingkat kegagalan siswa sebesar 2%. Pengembangan kurikulum pada program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi menyesuaikan dengan visi dan misi Universitas Negeri Surabaya.

Rekap PLO Program Studi Bachelor Of Physical Education, Health, And Recreation (Magetan Regency Campus)
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9
Anatomi 2 22.22% 22.22% 55.56% 100 %
Exercise 2 18.18% 27.27% 54.55% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Bachelor Of Physical Education, Health, And Recreation (Magetan Regency Campus)
Universitas Negeri Surabaya

Landasan Filosofi 

Secara Naturalistik, pendidikan jasmani berkaitan dengan perkembangan individu secara utuh (holistik). Hal tersebut seperti yang tertuang dalam National Association for Sport and Physical Education (NASPE) menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk menciptakan manusia yang terdidik secara jasmaniah. Selain itu dalam Filosofi pragmatisme, pendidikan menekankan pada pengalaman yang lebih bermakna dalam memperoleh aktivitas yang bervariasi, penekanan pada pemecahan masalah dan berpikir tingkat tinggi, dan proses belajar yang dikonstruksikan dari pengetahuan sebelumnya. Outcome yang diharapkan adalah lulusan yang berpengetahuan secara praktis dan mampu beradaptasi, mencukupi dirinya sendiri, berpartisipasi dalam masyarakat. 

Landasan Sosiologis 

Sebagai lembaga pendidikan yang lulusannya akan terjun ke masyarakat maka Kurikulum pada prodi S1 PJKR dikemas untuk membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat. Lulusan Prodi S1 PJKR adalah guru di semua jenjang pendidikan, dan profesional keolahragaan non kependidikan sehingga   pada kurikulum perlu memberikan muatan dalam pembentukan soft skill mahasiswa. 

 

Landasan Historis 

Kurikulum prodi S1 PJKR mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai perkembangan zaman. Kurikulum yang disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Kurikulum didesain secara bertahap dapat membentuk kompetensi guru pendidikan jasmani yang utuh baik dari unsur pedagogis, profesional pada bidang keolahragaan, kepribadian, dan sosial. Pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi konstruksi pengetahuan simultan dari pembelajaran teori dan praktek. Pengetahuan mendasari keterampilan praktik, begitu juga sebaliknya pengalaman praktek mendorong terjadinya refleksi pemahaman yang semakin tinggi sehingga pencapaian level kognitif terbentuk seiring dengan ditempuhnya mata kuliah tiap semester.

Landasan Hukum 

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586); 

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336); 

3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI); 

4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi; 

5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi; 

6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi; 

7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;