•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Ekonomi
Tanggal Berdiri  :  7 November 1996
Koordinator Program Studi  :  Dr. Retno Mustika Dewi, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi prodi yang bereputasi di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan ekonomi pada tahun 2025


Misi
  1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan ekonomi
  2. Meningkatkan kualitas penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS
  3. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi
  4. Meningkatkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder 
  5. Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang berjiwa kepemimpinan-kewirausahaan

Tujuan
  1. menghasilkan lulusan di bidang pendidikan ekonomi yang cerdas, religious, berakhlak mulia, mandiri, profesional, dan memiliki keunggulan;
  2. menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif, baik di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang unggul serta menjadi rujukan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi;
  3. menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera;
  4. mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan bakat dan minat serta penalaran kemahasiswaan;
  5. mewujudkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder untuk menjamin kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan;
  6. mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholder terutama alumni, pengguna lulusan, dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri;
  7. Mengembangkan jiwa kewirausahaan

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Mampu memecahkan permasalahan dalam pembelajaran ekonomi secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

CPL-6 Mampu merancang dan menyusun perangkat pembelajaran ekonomi yang berbasis IPTEKS

CPL-7 Mampu merancang dan melaksanakan penelitian di bidang pembelajaran ekonomi dan ekonomi pendidikan serta mengkomunikasikan hasilnya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Mampu melaksanakan pembelajaran ekonomi yang komprehensif dan inovatif sebagai solusi pemecahan masalah dalam pembelajaran ekonomi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Mampu menguasai konsep perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas secara efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Mampu menguasai konsep teoritis ekonomi yang diperlukan untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran ekonomi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-11 Menguasai konsep teoritis dan prinsip menajerial serta menerapkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-12 Mampu memecahkan permasalahan ekonomi secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Ekonomi
    Universitas Negeri Surabaya

    KURIKULUM MBKM S1 PENDIDIKAN EKONOMI 2023

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    1000002018 Pancasila 2.00
    8720303375 Pembelajaran Ekonomi Makro 3.00
    8720302361 Dasar Kependidikan 2.00
    8720303157 Matematika Ekonomi 3.00
    8720303374 Pembelajaran Ekonomi Mikro 3.00
    1000002030 Pendidikan Bahasa Indonesia 2.00
    1000002047 Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran 2.00
    8720303196 Pengantar Bisnis 3.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8720303362 Teori Ekonomi Mikro 3.00
    1000002033 Kewarganegaraan 2.00
    8720302353 Kurikulum Sekolah 2.00
    1000002046 Literasi Digital 2.00
    8720303202 Pengantar Ilmu Administrasi Dan Manajemen 3.00
    8720302355 Teori Belajar 2.00
    8720303363 Teori Ekonomi Makro 3.00

    Semester ke 3

    Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 3 ini antara lain adalah
    • Paket Matakuliah Pertukaran Mahasiswa (3 SKS)
    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8720303076 Ekonomi Pembangunan 3.00
    8720302367 Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran 2.00
    1000002176 Kewirausahaan 2.00
    8720303177 Metodologi Penelitian 3.00
    8720303195 Pengantar Akuntansi 3.00
    8720303430 Pengantar Statistika 3.00
    8720302365 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
    8720302232 Perencanaan Pengajaran 2.00
    8720302276 Sejarah Pemikiran Ekonomi 2.00
    8720302364 Statistika 2.00
    8720303299 Statistika I 3.00
    8720302378 Strategi Pembelajaran Ekonomi 2.00
    Matakuliah Pertukaran Mahasiswa
    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8720303426 Pengantar Kewirausahaan 3.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8720303370 Metodologi Penelitian Pendidikan Ekonomi 3.00
    8720303368 Pembelajaran Ekonomi Digital 3.00
    8720303064 Ekonometri 3.00
    8720303068 Ekonomi Internasional 3.00
    8720302072 Ekonomi Koperasi 2.00
    8720303073 Ekonomi Moneter 3.00
    8720302372 Keterampilan Mengajar Dan Pembelajaran Mikro 2.00
    8720302343 Praktek Kewirausahaan 2.00
    8720303371 Statistika Pendidikan Ekonomi 3.00

    Semester ke 5

    Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah
    • Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (33 SKS)
    • Paket Matakuliah Bela Negara (20 SKS)
    • Paket Matakuliah Magang (20 SKS)
    • Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (22 SKS)
    • Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (20 SKS)
    • Paket Matakuliah Riset (2 SKS)
    • Paket Matakuliah Studi Independen (2 SKS)
    • Paket Matakuliah Wirausaha (20 SKS)
    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    MBKM0033 Asistensi Mengajar Evaluasi Program 2.00
    MBKM0034 Asistensi Mengajar Perencanaan Program 2.00
    8720302399 Perencanaan Program Kewirausahaan 2.00
    8720302418 Psm-Evaluasi Program Plp 2.00
    Matakuliah Asistensi Mengajar
    Matakuliah Bela Negara
    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8720320377 Desain Program Bela Negara 4.00
    8720320374 Analisis Program Bela Negara 4.00
    1000020148 Evaluasi Program Bela Negara 2.00
    8720320384 Implementasi Program Bela Negara 4.00
    8720320389 Pengembangan Program Bela Negara 4.00
    1000020169 Perencanaan Program Bela Negara 2.00
    Matakuliah Magang
    Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
    Matakuliah Proyek Kemanusiaan
    Matakuliah Riset
    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    1000020172 Perencanaan Program Riset 2.00
    Matakuliah Studi Independen
    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    1000020173 Perencanaan Program Studi Independen 2.00
    Matakuliah Wirausaha
    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    8720303401 Analisis Laporan Keuangan 3.00
    1000020128 Evaluasi Program Kewirausahaan 2.00
    8720303403 Komunikasi Dan Kerjasama Tim 3.00
    8720303402 Perencanaan Bisnis 3.00
    1000020167 Perencanaan Program Wirausaha 2.00
    8720303314 Strategi Pemasaran 3.00
    8720304400 Studi Kelayakan Bisnis 4.00

    Semester ke 6

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    1000020155 Seminar Tugas Akhir 2.00
    8720302406 Evaluasi Program Plp 2.00
    8720302396 Manajemen Berbasis Sekolah 2.00
    8720302393 Penelitian Tindakan Kelas 2.00
    8720302395 Pengembangan Asesmen Pembelajaran Ekonomi 2.00
    8720303416 Pengembangan Media Dan Bahan Ajar Ekonomi 3.00
    8720303391 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekonomi 3.00
    8720302390 Perencanaan Program Plp 2.00
    8720304394 Praktik Mengajar 4.00

    Semester ke 7

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    1000004105 Tugas Akhir 4.00
    8720302077 Ekonomi Politik 2.00
    8720302080 Ekonomi Regional 2.00
    8720302082 Ekonomi Sumber Daya 2.00
    8720302084 Ekonomi Syariah 2.00
    8720302387 Literasi Finansial 2.00
    8720303135 Manajemen Koperasi 3.00
    8720302192 Pembelajaran Ips 2.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
    Universitas Negeri Surabaya
    1. Evaluasi Kurikulum

    Evaluasi Kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi difokuskan pada pengukuran ketercapaian capaian pembelajaran program studi atau program learning outcome (PLO) setelah mahasiswa dinyatakan lulus. Aspek PLO yang dinilai meliputi 1) sikap, terdiri dari PLO-1 sampai dengan PLO-3; 2) pengetahuan, terdiri dari PLO-4 dan PLO-5; 3) keterampilan umum terdiri dari PLO-6 dan PLO-7, dan 4) keterampilan khusus terdiri dari PLO-8 sampai PLO-12. Hasil evaluasi kurikulum secara umum adalah sebagimana dalam grafik berikut.

     

     

    Gambar 2. Rekapitulasi Ketercapaian PLO

     

    Berdasarkan grafik ketercapaian PLO pada gambar 2, setiap PLO memiliki kriteria sangat baik (≥75), baik (≥60), memuaskan (≥50), buruk (≥40). Rata-rata pencapaian PLO Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi adalah 83,26% (sangat baik), 15,62% (baik), 0,40% (memuaskan), dan 0,73% (buruk). Dengan demikian, kesimpulannya, ketercapaian PLO di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi sangat ideal mengingat kriteria sangat baik, yaitu melebihi 75%.

     

    1. Tracer Study

    Hasil tracer study menunjukkan bahwa 80,4% lulusan bekerja sebagai guru ekonomi, dan 19,6% bekerja di perusahaan swasta, lembaga perbankan, dan instansi pemerintah. Rata-rata waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan kurang dari tiga bulan. Relevansi kompetensi dan kemampuan yang diperoleh selama perkuliahan dengan kebutuhan lingkungan kerja disajikan dari penilaian pengguna lulusan terhadap kemampuan lulusan menjadi sangat baik sebesar 70%, artinya terdapat kepuasan terhadap lulusan program studi. Hasil tracer study tersedia di laporan tracer study.

     

    Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
    CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11CPL12
    PEMBELAJARAN EKONOMI MIKRO 3 28.57% 42.86% 28.57% 100 %
    Metodologi Penelitian 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    Pengantar Teori Ekonomi Mikro 3 22.22% 33.33% 44.44% 99.99 %
    Matematika Ekonomi 3 33.33% 33.33% 16.67% 16.67% 100 %
    Kewirausahaan 2 20% 20% 20% 40% 100 %
    Sejarah Pemikiran Ekonomi 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    TEORI EKONOMI MIKRO 3 11.11% 22.22% 33.33% 33.33% 99.99 %
    PERENCANAAN PEMBELAJARAN 2 100% 100 %
    EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 2 25% 25% 25% 25% 100 %
    PEMBELAJARAN EKONOMI DIGITAL 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    STRATEGI PEMBELAJARAN EKONOMI 2 11.11% 55.56% 33.33% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
    Universitas Negeri Surabaya
    1. Landasan Kurikulum
      1. Universitas Value

     Pengembangan kurikulum merupakan hak dan kewajiban masing-masing perguruan tinggi, namun demikian dalam pengembangan kurikulum perlu berlandaskan pada nilai, norma, peraturan dan perundangan yang berlaku. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 08 Tahun 2012 tentang KKNI yang dijabarkan dalam SN-DIKTI, elemen kurikulum program studi memuat empat elemen, yaitu (1)sikap, (2)keterampilan umum, (3)pengetahuan, dan (4)keterampilan khusus. 

    Sikap yang ditumbuhkembangkan pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, selain disesuaikan dengan landasan kepribadian dan sikap perilaku berkarya sebagaimana diatur dalam Perpres Nomor 08 Tahun 2012, juga dikembangkan sejalan dengan karakter yang ditumbuhkembangkan sesuai dengan motto growing with character, yaitu Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli, dan Tangguh (dengan akronim: “Idaman Jelita”). 

    1. Landasan Filosofi

    Landasan filosofis, memberikan pedoman secara filosofis pada tahap perancangan, pelaksanaan, dan peningkatan kualitas pendidikan (Ornstein & Hunkins, 2014). Landasan filosofis dalam pengembangan kurikulum merupakan landasan yang berkaitan dengan bagaimana pengetahuan dikaji dan dipelajari agar mahasiswa memahami hakikat hidup dan memiliki kemampuan yang mampu meningkatkan kualitas hidupnya baik secara individu, maupun di masyarakat (Zais, 1976).

    Berbagai filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme, romantik naturalisme dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk bermuara pada visi dan misi. Dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan berbagai landasan filosofi di atas, pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Unesa menganut filosofi eklektik, yaitu melihat bagian-bagian baik dari landasan filosofi yang sesuai untuk pencapaian visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Unesa.

    Menurut pendekatan eklektik, kurikulum sebagai program pendidikan memiliki empat unsur, yaitu 1)komponen tujuan; 2)isi/materi; 3)proses pembelajaran; dan 4)komponen evaluasi (Zais, 1976). Sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, pengembangan kurikulum atas keempat aspek tersebut harus didasarkan pada pemikiran yang mendalam logis, sistematis, komprehensif dengan bermuara pada pencapaian program studi yang bereputasi di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan ekonomi. 

    1. Landasan Sosilogis

    Landasan sosiologis, memberikan landasan bagi pengembangan kurikulum sebagai perangkat pendidikan yang terdiri dari tujuan, materi, kegiatan belajar dan lingkungan belajar yang positif bagi perolehan pengalaman pembelajar yang relevan dengan perkembangan personal dan sosial pembelajar (Ornstein & Hunkins, 2014, p. 128). Pengembangan kurikulum perlu dikaitkan dan disesuaikan dengan kebudayaan yang berkembang di masyarakat tersebut. 

    Eksistensi kebudayaan lokal semakin terkikis di tengah terpaan pengaruh globalisasi. Hal ini sejalan dengan pendapat Plafreyman (2007) yang menyatakan bahwa masalah kebudayaan menjadi topik hangat di kalangan civitas academika di berbagai negara. Perguruan tinggi diharapkan mampu mengembangkan kurikulum yang memadukan antara kepentingan memajukan proses pembelajaran yang berorientasi kepada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan unsur keragaman budaya mahasiswa untuk menghasilkan capaian pembelajaran dengan kemampuan memahami keragaman budaya di tengah masyarakat, sehingga menghasilkan jiwa toleransi serta saling pengertian terhadap hadirnya suatu keragaman. Dengan kata lain, kurikulum yang dikembangkan harus mampu mewariskan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya untuk menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat di era globalisasi serta melepaskan mahasiswa dari kungkungan tembok pembatas budayanya sendiri (capsulation) yang kaku, dan tidak menyadari kelemahan budayanya sendiri. 

    Pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi didasarkan pada landasan sosiologis yang berakar pada kehidupan dan budaya masyarakat yang berkembang. Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, pengembangan kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi didasarkan pada kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang berdasarkan Pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Pada kehidupan masyarakat tersebut tumbuh budaya yang mengiringi, dengan demikian budaya dan masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Sebagai bagian bangsa yang besar dan memiliki kemajemukan dalam budaya maka kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi juga mengakomodasi hal tersebut untuk memperkuat budaya nasional. Namun demikian tidak dapat ditinggalkan pula budaya lokal tempat Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi tumbuh dan berkembang, hal ini akan menjadi ciri khas khusus yang menampilkan karakteristik Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi sebagai bagian dari kemajemukan masyarakat Indonesia yang luas.

    1. Landasan Historis

    Pengembangan kurikulum diharapkan mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai dengan zamannya. Secara historis, pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi berjalan dinamis searah dengan pengembangan lembaga seiring dengan peraturan dan perundangan yang berlaku. Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi dikembangkan untuk memfasilitasi mahasiswa belajar untuk mencapai kompetensi yang relevan dengan era industry 4.0 dan perkembangannya.

    1. Landasan Hukum
    2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
    3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
    4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
    5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Manajemen dan Penyelenggaraan Pendidikan;
    6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
    7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti untuk Mengakomodasi Pengembangan Literasi;
    8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
    9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
    10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
    11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014, Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi;
    12. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
    13. Kebijakan Akademik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kode Dokumen Nomor: 01/01.UNV/KA/2014, yang selanjutnya direvisi menjadi Kebijakan Akademik Universitas Negeri Surabaya Tahun 2016 yang berisi tentang arah kebijakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Unesa. Salah satu arah kebijakan di bidang pendidikan, yaitu: “Mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) yang dirumuskan bersama pemangku kepentingan (stakeholder) mencakup penguasaan pengetahuan, keterampilan intelektual, praktikal, managerial, kepemimpinan, etika, dan tata karma”;
    14. Keputusan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 466/UN38/HK/DT/2016 tentang Pedoman Pengembangan Kurikulum KKNI dan SN-Dikti Program Studi di Universitas Negeri Surabaya.
    15. Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Program Studi
      1. Visi

    Visi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi diturunkan dari Visi Fakultas Ekonomi dan disesuaikan dengan Visi Universitas Negeri Surabaya:

     

     

    Gambar 1. Keterkaitan Visi Universitas, Fakultas dan Program Studi 

     

    1. Misi

    Seiring dengan visi tersebut, misi yang diemban Program Studi S1 Pendidikan ekonomi adalah sebagai berikut: 

    1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan ekonomi
    2. Meningkatkan kualitas penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS
    3. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi
    4. Meningkatkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder 
    5. Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang berjiwa kepemimpinan-kewirausahaan
      1. Tujuan

    Keterkaitan Misi Universitas, Misi Fakultas dan Misi Program Studi sebagimana dalam tabel berikut.

     

    Tabel 1. Keterkaitan Misi Universitas, Fakultas, dan Program Studi

    Misi UniversitasMisi FakultasMisi Program Studi
    Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi

    Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana, magister, doktor serta profesi dibidang pendidikan ekonomi, ekonomi dan bisnis

     

    Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan ekonomi

    Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan-kewirausahaan

     

    Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang berjiwa kepemimpinan-kewirausahaan
    menyelenggarakan penelitian dalam ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan msyarakat

    Meningkatkan kualitas penelitian dibidang pendidikan ekonomi, ekonomi dan bisnis yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS

     

    Meningkatkan kualitas penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS

    menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pembmerdayaan dan pembudayaan masyarakat

     

    Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat dibidang pendidikan ekonomi, ekonomi dan bisnis yang bereputasi

    Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi

     

    menyelenggarakan tata kelola perguruan tinggi yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutanMeningkatkan Good Faculty Governance dalam pengelolaan organisasi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder baik dalam maupun luar negeriMeningkatkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder

    Berdasarkan visi dan misi tersebut di atas, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi berkomitmen untuk mencapai tujuan sebagai berikut: 

    1. menghasilkan lulusan di bidang pendidikan ekonomi yang cerdas, religious, berakhlak mulia, mandiri, profesional, dan memiliki keunggulan;
    2. menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif, baik di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang unggul serta menjadi rujukan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi;
    3. menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera;
    4. mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan bakat dan minat serta penalaran kemahasiswaan;
    5. mewujudkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder untuk menjamin kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan;
    6. mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholder terutama alumni, pengguna lulusan, dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri;
    7. Mengembangkan jiwa kewirausahaan.
      1. Strategi

     

    Strategi Prgram Studi S1 Pendidikan Ekonomi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan adalah sebagaimana dalam tabel berikut.

     

    Tabel 2. Tujuan dan Strategi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi

    NoTujuanStrategi
    T1Menghasilkan lulusan di bidang pendidikan ekonomi yang cerdas, religious, berakhlak mulia, mandiri, profesional, dan memiliki keunggulan.
    1. Pengembangan kurikulum berkelanjutan yang sesuai dengan pasar kerja dan perkembangan IPTEk; 
    2. Peningkatan kuantitas dan kualitas promosi profil lulusan melalui tracer study, komunitas profesional, dan website; 
    3. Peningkatan layanan proses pembelajaran;
    4. Pengembangan pembelajaran berbasis teknologi informasi;
    5. Pengembangan kelas internasional;
    6. Optimalisasi pemanfaatan Unesa Job Center (UJC) melalui pengembangan kerjasama/ kemitraan dengan instansi/lembaga pemerintah, BUMN, dan dunia usaha.

     

    T2Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif, baik di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang unggul serta menjadi rujukan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi.
    1. Peningkatan kualitas SDM Dosen terkait dengan kompetensi dan rumpun keilmuan prodi 
    2. Peningkatan dan perluasan kesempatan belajar bagi dosen baik dalam negeri maupun ke luar neger 
    3. Peningkatan metodologi penelitian dan penulisan ilmiah bagi dosen 
    4. Peningkatan publikasi hasil penelitian, media komunikasi ilmiah, seminar dan lokakarya tingkat regional, nasional dan internasional 
    5. Penyusunan dan pengembangan road-map penelitian sesuai rumpun keilmuan dalam bidang pendidikan dan non pendidikan; 
    6. Peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian sesuai dengan perkembangan mutakhir bidang keilmuan; 
    7. Peningkatan kerjasama penelitian dengan mitra (badan usaha maupun pemerintah); 
    8. Peningkatan kuantitas penelitian kolaboratif dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

     

    T3Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.
    1. Penyusunan dan pengembangan road-map pengabdian sesuai rumpun keilmuan dalam bidang pendidikan dan non pendidikan; 
    2. Peningkatan publikasi hasil pengabdian melalui jurnal, media komunikasi ilmiah, seminar dan lokakarya tingkat regional, nasional dan internasional 
    3. Peningkatan kuantitas dan kualitas pengabdian sesuai dengan perkembangan mutakhir bidang keilmuan; 
    4. Peningkatan kerjasama pengabdian dengan mitra (badan usaha maupun pemerintah); 

     

    T4Mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan bakat dan minat serta penalaran kemahasiswaan.
    1. Peningkatan dan Pembinaan program kreativitas mahasiswa; 
    2. Pembinaan dan pengembangan pendidikan karakter; 
    3. Pengembangan kemitraan bidang kemahasiswaan; 
    4. Pembinaan minat, bakat, dan penalaran mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa.

     

    T5

    Mewujudkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder untuk menjamin kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan.

     

    1. Mengembangkan perencanan dan pelaksanaan anggaran yang terpadu dan akuntabel 
    2. Pengembangan sistem tata kelola efektif dan efisien 

     

    T6

    Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholder terutama alumni, pengguna lulusan, dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

     

    1. Peningkatan kerjasama antar lembaga pendidikan, lembaga sosial kemasyarakatan dan dunia usaha di tingkat nasional dan internasional 
    2. Perencanaan dan pengembangan pola kemitraan dengan dunia usaha 

     

    T7Mengembangkan jiwa kewirausahaan
    1. Pengembangan pusat wirausaha mahasiswa