•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi D4 Teknik Sipil Unesa

 
Program Studi  :  D4 Teknik Sipil
Tanggal Berdiri  :  18 Oktober 2019
Koordinator Program Studi  :  Puguh Novi Prasetyono, S.Pd., M.T.
Visi Misi & Tujuan Program Studi D4 Teknik Sipil
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mengembangkan Sarjana Terapan dalam bidang teknologi rekayasa konstruksi bangunan Gedung yang berkarakter tangguh, adaptif, inovatif, dan berjiwa kewirausahaan.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan terapan yang berkarakter tangguh, adaptif, inovatif yang berjiwa kewirausahaan di bidang teknologi rekayasa konstruksi bangunan gedung
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat di bidang teknologi rekayasa konstruksi bangunan gedung
  3. Menjalin kerjasama dengan beragam lembaga yang relevan untuk meningkatkan daya saing dan kualitas lulusan di bidang teknologi rekayasa konstruksi gedung.

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan sarjana terapan yang berkarakter tangguh, adaptif, inovatif yang berjiwa kewirausahaan di bidang teknologi rekayasa konstruksi bangunan gedung
  2. Terlaksananya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat di bidang teknologi rekayasa konstruksi bangunan gedung
  3. Terlaksananya kerjasama dengan beragam lembaga yang relevan untuk meningkatkan daya saing dan kualitas lulusan di bidang teknologi rekayasa konstruksi gedung.

Nilai_dasar
  1. Tangguh: Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki daya juang.
  2. Kolaboratif: mampu bekerja sama untuk menghasilkan ide atau menyelesaikan masalah.
  3. Adaptif: mampu beradaptasi secara mandiri dan tanggung jawab terhadap perubahan melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
  4. Inovatif: mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menemukan solusi atau ide baru dalam pemecahan masalah sesuai perkembangan zaman yang dilandasi jiwa kewirausahaan dan kaidah ilmiah.
  5. Inklusif: mendukung seluruh individu tanpa memandang perbedaan, memfasilitasi keberhasilan semua orang, serta menghargai perbedaan pemikiran dan keberagaman.
  6. Belajar sepanjang hayat:memiliki kesadaran akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki, aktif menemukan cara-cara yang efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
  7. Kewirausahaan: mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya dalam menghasilkan nilai tambah.

Capaian Lulusan Program Studi D4 Teknik Sipil
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-8 Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dan mampu mengambil keputusan secara tepat dalam pemecahan masalah Keteknik sipilan Bidang Konstruksi Gedung
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Mampu mengidentifikasi kebutuhan termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan dan kemampuan berwirausaha di bidang konstruksi bangunan gedung secara professional serta mematuhi etika profesi.

CPL-11 Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam dan/atau material, teknologi informasi ketekniksipilan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip dan metode teknik sipil bidang konstruksi gedung.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-12 Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan teknik sipil bangunan gedung.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-13 Mampu mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi D4 Teknik Sipil
Universitas Negeri Surabaya
  • Building engineer
    • Tugas: Bertanggung jawab atas perencanaan, desain, dan pengawasan teknis konstruksi bangunan gedung, memastikan bahwa proyek memenuhi standar teknis dan regulasi keselamatan
    • Keterampilan: Memiliki keterampilan analitis dan pengetahuan mendalam tentang material konstruksi, metode desain, dan teknologi keteknik sipilan pada bangunan gedung
  • Pelaksana di bidang bangunan gedung
    • Tugas: Mengelola dan mengawasi pekerjaan konstruksi di lapangan, memastikan bahwa proyek berjalan sesuai dengan rencana, jadwal, dan anggaran yang telah ditetapkan.
    • Keterampilan: Keterampilan manajemen proyek, komunikasi, dan pengetahuan praktis tentang proses konstruksi terkait banguna Gedung.

Struktur Kurikulum D4 Teknik Sipil
Universitas Negeri Surabaya

KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002046 Literasi Digital 2.00
99992240103001 Analisis Struktur Statis Tertentu 3.00
2230503048 Ilmu Ukur Tanah & Praktikum 3.00
99992240102011 Matematika Terapan 2.00
2230503021 Menggambar Bangunan Sederhana Dan Praktikum 3.00
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
2230503019 Praktikum Teknologi Bahan Dan Beton 3.00
99992240102011 Struktur Bangunan 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002177 Bahasa Inggris 2.00
2230503016 Analisis Struktur Statis Tak Tertentu 3.00
1000002003 Bahasa Indonesia 2.00
99992240102011 Mekanika Bahan 2.00
2230503049 Mekanika Tanah 3.00
2230506025 Menggambar Bangunan Bertingkat Dan Praktikum 4.00
1000002047 Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran 2.00
1000002018 Pancasila 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002033 Kewarganegaraan 2.00
2230503015 Utilitas Bangunan Dan Praktikum 3.00
2230503018 Konstruksi Kayu Dan Praktikum 3.00
2230502014 Manajemen Proyek Konstruksi 2.00
2230503050 Praktikum Mekanika Tanah 3.00
2230502013 Rekayasa Gempa 2.00
99992240102011 Statistik Terapan 2.00
2230502012 Struktur Baja 2.00
2230502011 Struktur Beton 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
2230502026 Analisis Struktur Metode Matrik 2.00
2230502031 Aplikasi Komputer Teknik Sipil 2.00
2230502030 Estimasi Biaya Konstruksi 2.00
2230502035 Merencana Konstruksi Bangunan Baja 2.00
2230502034 Merencana Konstruksi Bangunan Beton 2.00
2230502027 Metodologi Penelitian 4.00
2230502028 Peralatan Konstruksi 2.00
2230502032 Praktikum Batu Dan Pembesian 2.00
2230502036 Rekayasa Pondasi 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
2230502040 Analisis Investasi Proyek 2.00
2230502022 Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2.00
2230503037 Konstruksi Dinding Penahan Tanah 3.00
2230502042 Manajemen Risiko 2.00
2230502043 Manajemen Supervisi & Spesifikasi 2.00
2230502041 Perencanaan & Pengendalian Proyek 2.00
2230503039 Rekayasa Lingkungan Dan Amdal 3.00
2230502038 Rekayasa Nilai 2.00
2230502044 Struktur Bangunan Tinggi 2.00
2230502029 Struktur Beton Pratekan 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020103 Magang 20.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020101 Kknt 20.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
2230506047 Proyek Akhir 6.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi D4 Teknik Sipil
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi kurikulum dilakukan dengan melibatkan responden internal dari Prodi dan Fakultas serta pelacakan Alumni (Tracer Study) dan Perusahaan. hasil  masukan dari para responden  dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pengembangan kurikulum selanjutnya.

Rekap CPL Program Studi D4 Teknik Sipil
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL8CPL10CPL11CPL12CPL13
Praktikum Teknologi Bahan dan Beton 3 12.5% 37.5% 25% 25% 100 %
Manajemen Proyek Konstruksi 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Struktur Baja 2 21.43% 7.14% 14.29% 28.57% 14.29% 14.29% 100 %
Struktur Beton 2 25% 25% 37.5% 12.5% 100 %
Matematika Terapan 2 50% 50% 100 %
Sifat Mekanis Tanah dan Praktikum 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi D4 Teknik Sipil
Universitas Negeri Surabaya

Pengembangan kurikulum yang ideal dilakukan dengan menggunakan landasan yang kuat, baik secara filosofis, sosiologis, psikologis, historis, maupun yuridis. Hal ini untuk memastikan bahwa kurikulum yang dihasilkan merupakan produk sistem berpikir yang komprehensif dan sistemik dalam mengakomodasi seluruh aktivitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Aktivitas yang dimaksud tidak hanya berupa aktivitas akademik namun juga nonakademik guna menunjang pencapaian visi dan misi Prodi. Landasan pengembangan kurikulum dijabarkan sebagai berikut.

1. Filosofis

Landasan filosofis merupakan asumsi atau rumusan yang didapatkan dari hasil berpikir secara mendalam, analitis, logis, dan sistematis dalam perencanaan, pelaksanaan, pembinaan dan pengembangan kurikulum. Landasan filosofis pengembangan kurikulum lembaga pendidikan merupakan landasan yang berdasarkan filsafat terkait makna atau hakikat pendidikan. Beberapa filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme, romantik naturalisme dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk menunjang pencapaian visi dan misi. Pengembangan kurikulum Prodi menganut filosofi eklektik, yaitu memperhatikan kelebihan dari landasan filosofi-filosofi yang sesuai (Akinsanya, 2014) untuk pencapaian visi prodi yang mengacu pada visi UNESA sebagai universitas kependidikan yang tangguh,adaptif,dan inovatif yang berbasis kewirausahaan.

2. Sosiologis

Landasan sosiologis mengarahkan kajian pengembangan kurikulum dikaitkan dengan kondisi dan kebudayaan masyarakat setempat. Landasan ini digunakan karena mahasiswa berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan dalam lingkungan masyarakat, dan diarahkan bagi kehidupan masyarakat pula. Perubahan dan perkembangan nilai yang ada di masyarakat akan mempengaruhi tatanan kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, kurikulum harus dapat menjawab tantangan, tuntutan, dan perkembangan masyarakat baik lokal maupun global sebagai sasaran pengguna lulusan yang dihasilkan dari kurikulum yang dikembangkan.

Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, kurikulum prodi dikembangkan berdasarkan kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang berdasarkan Pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Indonesia juga merupakan bangsa yang besar dengan kemajemukan budaya, maka kurikulum ini perlu mengakomodasi hal tersebut untuk memperkuat budaya nasional. Perkembangan budaya dengan kearifan lokal serta mempertimbangkan perkembangan masyarakat global sehingga para lulusannya diharapkan mampu untuk berkolaborasi dan berkompetisi di level internasional.

3. Psikologis

Landasan psikologis adalah landasan berdasarkan kondisi karakteristik manusia sebagai individu, yang dinyatakan dalam berbagai bentuk perilaku baik kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai akibat interaksi individu dengan lingkungannnya. Aspek psikologis peserta didik berpengaruh terhadap proses pembelajaran (Slavin, 2006). Mengingat pentingnya aspek psikologis, pengembangan kurikulum perlu mengakomodasi kondisi peserta didik agar pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Mahasiswa UNESA secara psikologis berada pada tahap berpikir formal, tahap perkembangan moral yang pada umumnya telah mencapai pascakonvensional (Kohlberg & Gilligan, 2014), dan tahap perkembangan sosial yang telah mencapai usia remaja dengan karakteristik yang khas. Untuk itu, kurikulum prodi yang dikembangkan perlu memperhatikan tahap-tahap perkembangan psikologi mahasiswa. Di samping itu, mahasiswa merupakan individu yang berada dalam proses perkembangan yang bersifat dinamis sesuai dengan karakteristik dan tingkat kematangannya. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum prodi perlu mencermati dinamika perkembangan tersebut untuk menghasilkan kurikulum yang membuat mahasiswa merasa nyaman dan terlayani untuk memperoleh hasil yang maksimal. Hal tersebut dapat diakomodasikan dalam bentuk implementasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan yakni pendalaman ilmu sebagai penguatan keilmuan dan kebebasan cara belajar sebagai bentuk penghargaan humanisasi dan demokratisasi belajar.

Melalui pendekatan pembelajaran heutagogy dan seamless learning, pengembangan kurikulum di prodi akan dapat mendorong mahasiswa sebagai pebelajar dewasa yang bertanggungjawab secara mandiri terhadap proses pembelajaran yang dilakukan tanpa adanya pembatasan-pembatasan terhadap subjek, ruang dan waktu belajar melalui pemanfaatan transformasi digital sehingga mampu melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat secara berkelanjutan.

4. Historis

Secara historis, pengembangan kurikulum prodi berjalan searah dengan pengembangan lembaga yang diawali dari prodi D3 Teknik Sipil kemudian beralih menjadi D4 Teknik Sipil pada tahun 2019. Pada tahun 2020 terjadi perluasan Fakultas, prodi D4 Teknik Sipil terpisah dari Fakultas Teknik menjadi di bawah naungan Program Vokasi. Yang kemudian Program Vokasi bertransformasi menjadi Fakultas Vokasi pada tahun 2021 dan prodi D4 Teknik Sipil menjasi salah satu prodi yang ada di Fakultas Vokasi dengan Akreditasi Baik dari BAN-PT pada 13 April 2022 (BAN-PT No. 2371/SK/BANPT/Akred/ST/IV/2022). Dengan demikian pengembangan kurikulum di prodi mengikuti visi misi Universitas dan Fakultas Vokasi. Sehingga kurikulum prodi mengalami perkembangan yang cukup dinamis.

Berdasarkan landasan historis tersebut, proses pengembangan kurikulum perlu memperhatikan berbagai macam kelebihan dan kelemahan serta karakteristik kurikulum yang pernah dihasilkan dan dipergunakan. Hal ini perlu dijadikan landasan untuk menghasilkan kurikulum yang lebih baik dengan memperhatikan kondisi dan peraturan yang berlaku.

5. Yuridis

Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada landasan hukum yang berlaku agar kurikulum yang dihasilkan memiliki keabsahan untuk diberlakukan. Daftar acuan landasan hukum dalam pengembangan kurikulum prodi yang mengacu pada landasan kurikulum UNESA sebagai berikut: 

  1. Pancasila dan UUD 1945;
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
  4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
  5. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
  6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
  7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
  8. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
  9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
  10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
  11. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
  12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
  13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
  14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
  15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
  16. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
  17. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
  18. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
  19. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
  20. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.