Mengaji tentang masalah-masalah pembelajaran matematika dengan pendekatan psikologi yang meliputi formasi konsep-konsep matematika, ide suatu skema, berpikir matematis, faktor-faktor interpersonal dan emosional serta pemecahan masalah
Mengaji tentang hakikat, tujuan, jenis-jenis metode penelitian yang relevan dengan penelitian pendidikan serta membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam memgaplikasikan metode penelitian untuk menemukan
Pengkajian pengetahuan dan praksis pendidikan guru dan calon guru yang meliputi konsep pengetahuan guru, pedagogical content knowledge, technological content knowledge, kompetensi literasi matematika, keyakinan, pedagogi
Matakuliah ini mengkaji tentang phenomenologi didaktik Pendidikan Matematika Realistik, prinsip dan karakteristik Matematika Realistik, embodied cognition, jenis-jenis konteks untuk pembelajaran matematika terkait fenomena kehidupan, Hypothetical
Mengaji tentang hakikat, tujuan, jenis-jenis metode penelitian yang relevan dengan penelitian pendidikan serta membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam memgaplikasikan metode penelitian untuk menemukan