Course Pendidikan Sains untuk Pembangunan Berkelanjutan (Science Education for Sustainable Development).
Program Studi S2 Pendidikan Sains UNESA
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas tentang konsep pendidikan sains untuk pembangungan berkelanjutan. Konsep sains yang lebih diterapkan dalam upaya membangun keterampilan berpikir dan kreativitas untuk menyelesaikan masalah yang berkembang di masyarakat. Fokus mata kuliah ini adalah memberikan pengalaman belajar dalam menyelesaikan berbagai masalah pendidikan sains sesuai dengan SDGs. Hal ini sangat penting dilakukan sebagai upaya prodi dalam memberikan bekal kepada mahasiswa terkait dengan trend pendidikan yang sedang berkembang.
CPMK
1. Menguasai konsep pendidikan sains untuk pembangunan berkelanjutan.
2. Mampu mengidentifikasi masalah pendidikan sains yang berkembang di masyarakat
3. Menguasai Rethinking Education Pilar Pendidikan Berkelanjutan Ekonomi, lingkungan dan sosial di Indonesia
Kajian tentang model-model pembelajaran inovatif yang meliputi: pembelajaran arahan (Direct Instruction), pembelajaran inkuiry-discovery (Inquiry-Discovery Learning), pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning), pembelajaran berbasis
Mata kuliah ini membahas tentang fakta, konsep, prinsip/hukum, dan prosedur pengukuran, kinematika, dinamika, suhu, kalor, dan perpindahan kalor. Perkuliahan dilakukan dengan diskusi, kegiatan laboratorium (inkuiri,
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat dan ruang lingkup IPA, IPA sebagai inkuiri, Keterampilan Proses Sains (KPS), aspek konten IPA, fungsi IPA dalam penumbuhan kecakapan