CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-6 Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains
CPL-7 Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional
CPL-8 Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia
CPMK
CPMK-1 Mengkaji pengembangan pembelajaran sains dalam kondisi khusus yang meliputi pembelajaran sains bagi siswa berkebutuhan khusus, pembelajaran sains mitigasi bencana, pembelajaran sains home schooling, pembelajaran sains di luar kelas
CPMK-2 Memecahkan permasalahan pembelajaran sains dalam kondisi khusus
CPMK-3 Menyusun argumen dan solusi keilmuan berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori tentang pembelajaran sains dalam kondisi khusus