Mata kuliah untuk menyajikan gagasan awal, progres, atau hasil sementara penelitian disertasinya. Tujuannya adalah mendapatkan masukan konstruktif dari dosen pembimbing, dosen penguji, dan rekan-rekan sejawat yang memiliki latar belakang keilmuan serupa. Uji Kemampuan Akademik: Kolokium menguji kemampuan mahasiswa dalam merumuskan masalah penelitian, membangun kerangka teori, menentukan metodologi, dan menyampaikan argumen ilmiah secara lisan. Ini adalah simulasi awal dari sidang proposal atau sidang tertutup disertasi. Pengembangan Jaringan Ilmiah: Mahasiswa berinteraksi langsung dengan para ahli di bidangnya. Diskusi yang terjadi membantu memperluas wawasan dan membangun jaringan kolaborasi ilmiah. Kritik Konstruktif dan Validasi: Mahasiswa belajar menerima dan merespons kritik. Proses ini membantu memvalidasi arah penelitian dan memperkuat fondasi argumen disertasinya sebelum melangkah ke tahap selanjutnya. Ini juga melatih mahasiswa untuk lebih tajam dalam berpikir dan mempertimbangkan berbagai perspektif.