Matakuliah ini mengkaji hakekat inovasi pendekatan pembelajaran bagi ABK , konsep pendekatan pembelajaran, implementasi inovasi pembelajaran bagi ABK di kelas khusus dan inklusi. Pembahasannya mencakup juga memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman, keterampilan kepada mahasiswa melalui teori, konsep, hakikat inivasi pembelajaran, tujuan, fungsi, dan manfaat untuk memperoleh skill dalam pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor ABK dalam mengikuti pembelajaran bagi ABK baik di kelas khusus maupun di kelas inklusi. Implementasi strategi, teknik penyampaian dan penilaian inovasi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus untuk merencanakan, mengaplikasikan, memodifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan menyelesaikan inovasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus dan membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan inovasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran membaca, menulis, berhitung bagi anak berkebutuhan khusus.