Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam mengembangkan dan menerapkan metode teater sebagai sarana pendidikan. Menggunakan model Project-Based Learning (PjBL), mahasiswa akan melakukan eksplorasi teater sebagai medium edukasi, baik untuk membangun karakter, mengembangkan empati, maupun untuk menyampaikan pesan-pesan pembelajaran secara interaktif.
Pembelajaran berfokus pada pengembangan proyek pertunjukan teater pendidikan, di mana mahasiswa bekerja secara kolaboratif mulai dari perencanaan konsep, penyusunan naskah, hingga pelaksanaan pertunjukan. Proyek akhir berupa pementasan yang dirancang khusus untuk audiens pelajar, dengan tema dan cerita yang relevan bagi kebutuhan pendidikan. Melalui proses ini, mahasiswa diharapkan dapat menguasai teknik-teknik penyutradaraan, peran, serta keterampilan komunikasi yang mendukung pendidikan karakter dan pembelajaran kreatif. Evaluasi dilakukan berdasarkan keterlibatan aktif, hasil proyek, dan kemampuan reflektif dalam mengintegrasikan teater dan pendidikan.