Mata kuliah Pendidikan anak dengan gangguan emosi perilaku merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa melalui konsep, prinsip, pengertian, klasifikasi, prevalensi, sebab-sebab, kebutuhan, problematik atau masalah, assesment, pendidikan, kurikulum, pelaksanaan pembelajaran dan prinsip pembelajaran, pengelolaan proses pembelajaran, bimbingan, dan alat bantu kegiatan anak dengan gangguan emosi perilaku serta kemampuan untuk merencanakan dan menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan pendidikan anak dengan gangguan emosi perilaku berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam metode atau teori penanganan permasalahan mendidik bagi anak dengan gangguan emosi perilaku serta membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasi/menerapkan metode khusus untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang pendidikan bagi anak dengan gangguan emosi perilaku dalam bentuk latihan studi kasus/ penanganan/ menyelesaikan masalah pendidikan bagi anak dengan gangguan emosi perilaku.Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, tugas proyek, dan refleksi.