Mata kuliah ini membahas tentang materi yang berkaitan dengan keilmuan dasar asesmen dan intervensi anak tunagrahita, prinsip-prinsip dan teori-teori yang berkaitan dengan asesmen dan intervensi anak tunagrahita, hakikat dan karakteristik anak tunagrahita, pengertian dan tujuan asesmen anak tunagrahita, manfaat dan ruang lingkup asesmen anak tunagrahita, asesmen psikologis dan kemampuan akademik serta kebutuhan anak tunagrahita, proses diagnostik dalam asesmen anak tunagrahita, pengembangan instrumen asesmen anak tunagrahita, model;metode;teknik pelaksanaan asesmen anak tunagrahita, interpretasi data asesmen anak tunagrahita, pengertian;tujuan;fungsi intervensi anak tunagrahita, ruang lingkup;prinsip;bentuk intervensi anak tunagrahita, komponen;pendekatan;model intervensi anak tunagrahita, intervensi pendidikan dan kesulitan belajar anak tunagrahita, intervensi berbasis sekolah;keluarga;kelas bagi anak tunagrahita, intervensi bagi anak tunagrahita yang agresif dan suka menyendiri, intervensi dengan modifikasi perilaku, dsb. bagi anak tunagrahita, program intervensi bagi anak tunagrahita, membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan asesmen dan intervensi bagi anak tunagrahita berdasar analisis informasi, hasil asesmen dalam memberikan alternatif penyelesaian permasalahan anak tunagrahita dalam bentuk program intervensi dan layanan khusus bagi anak tunagrahita yang mencakup keterampilan membuat instrumen asesmen dan melakukan asesmen bagi anak tunagrahita serta merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi program intervensi bagi anak tunagrahita dengan memanfaatkan pengetahuan, pengalaman yang berkaitan asesmen dan intervensi anak tunagrahita, dan penilaian otentik secara mandiri dan penuh tanggungjawab bagi anak tunagrahita (program intervensi bagi anak tunagrahita meliputi: permasalahan yang akan diatasi atau potensi yang akan dikembangkan, tujuan, media;bahan;alat;waktu;tempat, langkah-langkah, evaluasi, tindak lanjut)