Mata kuliah Motor Pembakaran Dalam merupakan mata kuliah inti pada jenjang D4 Program Studi Teknologi Rekayasa Otomotif. Mata kuliah ini memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip kerja, konstruksi, kinerja, dan karakteristik dari berbagai jenis mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) yang digunakan pada kendaraan bermotor. Ruang lingkup pembahasan meliputi klasifikasi motor bakar, siklus termodinamika ideal dan aktual (seperti Otto, Diesel, dan Dual), komponen utama mesin, sistem bahan bakar (konvensional dan injeksi), sistem pengapian, sistem pelumasan, sistem pendinginan, emisi gas buang, serta teknologi terkini untuk peningkatan efisiensi dan pengurangan emisi. Tujuan pembelajaran adalah agar mahasiswa mampu menganalisis prinsip dasar operasi motor bakar, menghitung parameter kinerja mesin, memahami interaksi antar sistem, serta mengevaluasi performa dan emisi mesin, sehingga memiliki kompetensi untuk berkontribusi dalam perancangan, pengujian, pemeliharaan, dan pengembangan sistem propulsi kendaraan yang lebih efisien dan ramah lingkungan.