Mengkaji tentang perkembangan abad 21, pergeseran paradigma pendidikan, hakikat dan teori kurikulum, perkembangan kurikulum, Pergeseran paradigma pendidikan seni, Perbandingan kurikulum pendidikan seni di Indonesia dan negara-negara lain
CPL Program Studi pada MK
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-12 PLO-3 (P-3) Mampu menganalisis teori pendidikan seni, teori seni dan budaya Nusantara khususnya Jawa Timur.
CPMK
CPMK-1 Mampu menganalisis orientasi abad 21
CPMK-2 Mampu menganalisis orientasi perubahan kurikulum
CPMK-3 Mampu menganalisis konsep kurikulum baik secara filosofis, yuridis, dan praksis penyusunan kurikulum
CPMK-4 Mampu mengkritisi perkembangan kurikulum di Indonesia
CPMK-5 Mampu menganalisis kurikulum pendidikan seni: filosofis, konsep, tujuan, fungsi, struktur dan problem kurikulum dalam implementasinya
CPMK-6 Mampu melakukan analisis kritis terhadap kurikulum pendidikan seni berbagai negara/ tokoh/ jenis: 1) Eropa, 2) Amerika (USA), 3) Asia, 4) Kurikulum 2013, 5) Menurut Ki Hajar Dewantara, 6) Sanggar Seni, 7) Lembaga Kursus Pelatihan bidang Seni (LKP)