Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang proses pengembangan program bimbingan dan konseling sekolah berdasarkan pada kerangka kerja perkembangan atau yang dikenal dengan Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Program yang dikembangkan berupa program tahunan/semesteran dan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL). RPL yang dikembangkan meliputi empat jenis layanan, yakni: layanan bimbingan klasikal (Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbimgan Klasikal), layanan bimbingan kelompok (Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok), layanan konseling individual (Rencana Pelaksanaan Layanan Konseling Individual), dan layanan konseling kelompok (Rencana Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok). Keempat jenis layanan tersebut mencakup bidang pribadi, sosial, belajar, dan karier. Prosedur pembelajaran yang digunakan untuk mencapai capaian pembelajaran yakni; pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis proyek. Keberhasilan matakuliah ini diukur bedasarkan keaktifan mahasiswa, penilaian hail project/produk, penilaian portofolio, penilaian praktikum, unjuk kerja dan tes. adapun bahan kajian matakulian pengembangan program BK adalah sebagai berikut:
1. Hakekat pengembangan program bimbingan dan konseling (pengertian, tujuan manfaat, jenis, dan pengembang program bimbingan dan konseling
2. Prosedur/tahapan pengembangan program bimbingan dan konseling
3. Model program bimbingan dan konseling komprehensif
4. Konsep rencana program bimbingan dan konseling
5. Penyusunan program bimbingan dan konseling