Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar konseling sebagai suatu bentuk hubungan interpersonal, Karakterisitik konselor efektif, peran KDK dalam membangun hubungan interpersonal, kondisi fasilitataif hubungan konseling, bentuk keterampilan attending, bentuk keterampilan mendengarkan, respon tindakan. Prosedur pembelajaran yang digunakan yakni pembelajaran berbasis projek (PjBL).
Bahan Kajian:
1. Konseling sebagai suatu bentuk hubungan interpersonal, karakterisitik konselor efektif, peran KDK dalam mendorong hubungan interpersonal, ragam KDK
2. Beberapa kondisi fasilitatif hubungan bantuan menurut Rogers, Truax & Carkhuff, dan Tyler
3. Jenis attending dan komponen dalam keterampilan attending
4. Empat bentuk keterampilan listening: klarifikasi, parafrase, refleksi, rangkuman
5. Empat respon tindakan untuk mengarahkan konseli: probing, pemberian informasi, konfrontasi, interpretasi
6. Menetapkan batasan konseling dan menyampaikan tanggung jawab konselor dan konseli dalam proses konseling (penggunaan structuring)
7. Teknik-teknik menangani reluktansi dan resistansi konseli