Mata kuliah ini menganalisis perkembangan dan dampak kebijakan tentang pendidikan dasar dalam negeri di Indonesia dan dengan luar negeri. Komparasi dilakukan untuk menghasilkan ide-ide kebijakan yang lebih adaptif dengan perkembangan jaman.
CPL Program Studi pada MK
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-5 Menguasai filosofi dan metodologi pembelajaran pendidikan dasar untuk menghasilkan inovasi pembelajaran.
CPL-7 Mampu mengembangkan atau menemukan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru untuk memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif serta responsif terhadap kebutuhan pendidikan dasar.
CPL-10 Mampu mengembangkan kurikulum pendidikan dasar yang inovatif serta responsif terhadap kebutuhan belajar, mengakomodasi kelebihan dan kekurangan peserta didik, dan kurikulum yang ramah kultur budaya, dengan memanfaatkan hasil penelitian, dalam bentuk karya ilmiah pendidikan dasar.
CPMK
CPMK-1 Mampu menganalisis gagasan sistem pendidikan dasar dari beragam konteks di berbagai negara
CPMK-2 Mampu menemukan keunikan sistem pendidikan dasar sesuai konteks di berbagai negara melalui kolaborasi dengan mitra di luar negeri
CPMK-3 Mampu membandingkan persamaan dan perbedaan sistem pendidikan dasar di Indonesia dengan berbagai negara lainnya secara kolaboratif
CPMK-4 Mampu menemukan gagasan yang baru dan unik dari proses komparasi dengan sistem pendidikan dasar di negara lain