•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Instructor
Moh. Ahsan Shohifur Rizal
 

My Profile

Nama
Dr. Moh. Ahsan Shohifur Rizal, S.Pd., M.Pd.
NIDN
2102059106
Profile Sinta
Profile PDDIKTI
Profile Google Scholar

Jadwal mengajar periode 2025/2026 Gasal

(15 Reviews)

Bahasa Indonesia | BI012

  • 16 Lessons

Mata kuliah Bahasa Indonesia membahas 1) sejarah, fungsi, dan kedudukan bahasa Indonesia; 2) kesantunan berbahasa Indonesia; 3) membaca kritis; 4) karakteristik bahasa Indonesia ilmiah; 5)

(15 Reviews)

Bahasa Indonesia | BI012

  • 16 Lessons

Mata kuliah Bahasa Indonesia membahas 1) sejarah, fungsi, dan kedudukan bahasa Indonesia; 2) kesantunan berbahasa Indonesia; 3) membaca kritis; 4) karakteristik bahasa Indonesia ilmiah; 5)

(15 Reviews)

Bahasa Indonesia | BI041

  • 16 Lessons

Mata kuliah Bahasa Indonesia membahas 1) sejarah, fungsi, dan kedudukan bahasa Indonesia; 2) kesantunan berbahasa Indonesia; 3) membaca kritis; 4) karakteristik bahasa Indonesia ilmiah; 5)

(15 Reviews)

Bahasa Indonesia | BI066

  • 16 Lessons

Mata kuliah Bahasa Indonesia membahas 1) sejarah, fungsi, dan kedudukan bahasa Indonesia; 2) kesantunan berbahasa Indonesia; 3) membaca kritis; 4) karakteristik bahasa Indonesia ilmiah; 5)

(15 Reviews)

Bahasa Indonesia | BI090

  • 16 Lessons

Mata kuliah Bahasa Indonesia membahas 1) sejarah, fungsi, dan kedudukan bahasa Indonesia; 2) kesantunan berbahasa Indonesia; 3) membaca kritis; 4) karakteristik bahasa Indonesia ilmiah; 5)

(15 Reviews)

Bahasa Indonesia | BI115

  • 16 Lessons

Mata kuliah Bahasa Indonesia membahas 1) sejarah, fungsi, dan kedudukan bahasa Indonesia; 2) kesantunan berbahasa Indonesia; 3) membaca kritis; 4) karakteristik bahasa Indonesia ilmiah; 5)

(15 Reviews)

Bahasa Indonesia | BI130

  • 16 Lessons

Mata kuliah Bahasa Indonesia membahas 1) sejarah, fungsi, dan kedudukan bahasa Indonesia; 2) kesantunan berbahasa Indonesia; 3) membaca kritis; 4) karakteristik bahasa Indonesia ilmiah; 5)

(15 Reviews)

Bahasa Inggris | BG092

  • 16 Lessons

Mata kuliah Bahasa Inggris berfokus utama pada pengembangan keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara, dengan penekanan khusus pada penggunaan Bahasa Inggris dalam lingkungan akademik. Mahasiswa

(15 Reviews)

Keterampilan Membaca | 2025B

  • 16 Lessons

Mata kuliah Keterampilan Membaca dirancang untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami, menganalisis, dan mengevaluasi berbagai jenis teks secara efektif. Mata kuliah ini berfokus pada pengembangan

(15 Reviews)

Teori Sastra | 2025A

  • 16 Lessons

Mampu menyusun rancangan pembelajaran dengan memanfaatkan konsep teori sastra melalui kegiatan pertemuan kelas, analisis/kajian, diskusi karya sastra dan simulasi guna menghasilkan artikel/makalah sederhana untuk disajikan

(15 Reviews)

Bahasa Indonesia | BI142

  • 16 Lessons

Mata kuliah Bahasa Indonesia membahas 1) sejarah, fungsi, dan kedudukan bahasa Indonesia; 2) kesantunan berbahasa Indonesia; 3) membaca kritis; 4) karakteristik bahasa Indonesia ilmiah; 5)

(15 Reviews)

Keterampilan Berbicara | 2025E

  • 16 Lessons

Pembahasan aspek-aspek keterampilan berbicara dengan memanfaatkan konsep dasar, teknik, dan prosedur berbicara melalui kegiatan pertemuan kelas, pelatihan laboratoris, dan simulasi guna meningkatkan keterampilan berbicara monolog

(15 Reviews)

Keterampilan Berbicara | 2025F

  • 16 Lessons

Pembahasan aspek-aspek keterampilan berbicara dengan memanfaatkan konsep dasar, teknik, dan prosedur berbicara melalui kegiatan pertemuan kelas, pelatihan laboratoris, dan simulasi guna meningkatkan keterampilan berbicara monolog

(15 Reviews)

Keterampilan Berbicara | 2025I

  • 16 Lessons

Pembahasan aspek-aspek keterampilan berbicara dengan memanfaatkan konsep dasar, teknik, dan prosedur berbicara melalui kegiatan pertemuan kelas, pelatihan laboratoris, dan simulasi guna meningkatkan keterampilan berbicara monolog

(15 Reviews)

Bahasa Inggris | BG096

  • 16 Lessons

Mata kuliah Bahasa Inggris berfokus utama pada pengembangan keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara, dengan penekanan khusus pada penggunaan Bahasa Inggris dalam lingkungan akademik. Mahasiswa

(15 Reviews)

Sejarah Sastra | 2025I

  • 16 Lessons

Mampu menguasai memahami konsep dasar sejarah sastra dan Sejarah Sastra Indonesia melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan tulisan tentang temuan-temuan ciri khas berbagai periodisasi

(15 Reviews)

Sejarah Sastra | 2025A

  • 16 Lessons

Mampu menguasai memahami konsep dasar sejarah sastra dan Sejarah Sastra Indonesia melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan tulisan tentang temuan-temuan ciri khas berbagai periodisasi

(15 Reviews)

Sejarah Sastra | 2025B

  • 16 Lessons

Mampu menguasai memahami konsep dasar sejarah sastra dan Sejarah Sastra Indonesia melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan tulisan tentang temuan-temuan ciri khas berbagai periodisasi

(15 Reviews)

Sejarah Sastra | 2025C

  • 16 Lessons

Mampu menguasai memahami konsep dasar sejarah sastra dan Sejarah Sastra Indonesia melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan tulisan tentang temuan-temuan ciri khas berbagai periodisasi

(15 Reviews)

Sejarah Sastra | 2025E

  • 16 Lessons

Mampu menguasai memahami konsep dasar sejarah sastra dan Sejarah Sastra Indonesia melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan tulisan tentang temuan-temuan ciri khas berbagai periodisasi

(15 Reviews)

Sejarah Sastra | 2025F

  • 16 Lessons

Mampu menguasai memahami konsep dasar sejarah sastra dan Sejarah Sastra Indonesia melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan tulisan tentang temuan-temuan ciri khas berbagai periodisasi

(15 Reviews)

Sejarah Sastra | 2025D

  • 16 Lessons

Mampu menguasai memahami konsep dasar sejarah sastra dan Sejarah Sastra Indonesia melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan tulisan tentang temuan-temuan ciri khas berbagai periodisasi

Riwayat mengajar

Periode Kode MK Nama mata kuliah Kelas Perguruan Tinggi

Riwayat Publikasi

No Tahun Judul Artikel Publisher
1. 2025 Membudayakan Literasi Sastra di Era Algoritma, Otomasi, dan Kecerdasan Buatan: Peran Pembelajaran Kreatif di Sekolah Ruang Kata 5 (02), 207-221
2. 2025 Analisis Muatan Moderasi Beragama Dalam Buku PAI Kelas XII SMA Karya Husni Thoyar Dalam Meningkatkan Sikap Moderat Kartika: Jurnal Studi Keislaman 5 (1), 414-426
3. 2025 Desain Pembelajaran Digital Materi Hikayat Berbasis Literasi Kearifan Lokal di Era Merdeka Belajar Hasta Wiyata 8 (1), 28-36
4. 2025 Media Podcast Sebagai Alternatif Membangun Kecakapan Komunikasi Mahasiswa dalam Menghadapi Era Vuca Jurnal Kopis: Kajian Penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam 7 …
5. 2025 COMPUTER LABORATORY MANAGEMENT AS A LEARNING RESOURCE Spectrum: Journal of Digital Learning 1 (1), 26-38
6. 2024 Relevansi Kurikulum Program Studi Hukum Terhadap Kompetensi Mahasiswa Lulusan Program Studi Hukum UIN Sumatera Utara Hikmah 21 (1), 115-130
7. 2024 Nilai Sosial dalam Novel Ganjil Genap Karya Almira Bastari sebagai Materi Pembelajaran Sastra di SMA Seminar Nasional Literasi Prodi PBSI FPBS UPGRIS 8 (1), 137-153
8. 2024 BAHASA SEBAGAI ALAT PEMBERDAYAAN SISWA AGAR MANDIRI DALAM LINGKUNGAN PESANTREN An-natiq Jurnal Kajian Islam Interdisipliner 4 (1), 93-103
9. 2024 Kata-Kata Tabu Bahasa Madura: Strategi Komunikasi Khas Madura Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra 10 (2)
10. 2024 Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Bahasa Indonesia Di Tingkat Smp Berbasis Pesantren SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 12 …
11. 2024 Inovasi Pendidikan: Menerapkan Konsep Inklusi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mewujudkan Kemandirian dan Keberagaman Siswa Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran 8 (1), 1-10
12. 2024 Strategi kreatif akun Instagram Ruang Nderes dalam menjangkau generasi Z dan milenial Jurnal Kopis: Kajian Penelitian Dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam 6 …
13. 2024 Islamic Education Learning Management With An Integrated Project-Based Model Rahmatan Lil Alamin Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (2), 100-109
14. 2024 MODUL AJAR BUKU “CATATAN TARIM” ISMAEL AMIN KHOLILI DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN BERKARAKTER SISWA KELAS MENENGAH Jurnal PENEROKA: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 4 (2 …
15. 2024 Eksplorasi Penggunaan AI Generatif untuk Menciptakan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Menarik dan Efektif Innovative: Journal Of Social Science Research 4 (3), 7080-7095
16. 2024 Strategi Retorika Dakwah Gus Iqdam Untuk Menarik Minat Generasi Z Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 5 (2), 211-225
17. 2024 Relevansi Ideologi dan Estetika dalam Karya Sastra Pada Puisi Lekra (Lembaga Kebudayaan Rakyat) Innovative: Journal Of Social Science Research 4 (4), 7537-7546
18. 2024 Memperkuat Kesejahteraan Mental Melalui Sastra: Sebuah Tinjauan Literatur Innovative: Journal Of Social Science Research 4 (4), 8285-8299
19. 2024 Baabus Shiaam's Poetry as a Media for Education in Religious Values Jurnal Disastri 6 (2), 262-273
20. 2024 Peningkatan Kreativitas Menulis Cerpen Siswa MA Nurul Ichsan Melalui Penerapan AI dan Metode Mind Mapping Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran 8 (2), 44-56
21. 2024 Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menanggapi Tantangan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 9 (2), 215-228
22. 2024 Masa Depan Sastra Di Era Digital: Kajian Sastra Sibernetik Innovative: Journal Of Social Science Research 4 (5), 7574-7590
23. 2024 CAMPUR KODE DALAM PEMEROLEHAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA KETIGA PADA MAHASISWA BIPA ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 6 (3), 1237-1248
25. 2023 Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP Kurikula: Jurnal Pendidikan 8 (1), 7-19
26. 2023 Nilai Karakter Sastra Lisan Karomah Kiai Tombu dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra Cakrawala Indonesia 8 (2), 130-142
27. 2023 Desain Kurikulum pendidikan berbasis inklusi adaptif merdeka GAHWA 2 (1), 1-15