Deskripsi Mata Kuliah
Kajian tentang model-model pembelajaran dengan arahan (direct instruction ), pemerolehan konsep ( concept attainment model ), pembelajaran bermakna ( meaningful learning ), dan diskusi ( discussion model of learning), pembelajaran berorientasi SET, serta strategi-strategi belajar ( learning strategies ). Pengkajian dilakukan lewat pemaparan konsep, penyajian contoh operasional tiap-tiap model pembelajaran dalam bentuk perangkat pembelajaran, workshop pengembangkan perangkat pembelajaran oleh mahasiswa berorientasi tiap-tiap model dan strategi belajar. Kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi model pembelajaran tertentu oleh setiap mahasiswa dalam forum peer teaching diikuti dengan kegiatan diskusi dan refleksi serta magang kognitif pada Sekolah Menengah Atas
CPMK
- Merumuskan strategi menjaga keanekaragaman budaya, pandangan kepercayaan, dan agama, serta pendapat/temuan orisinal orang lain
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasil¬kan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi, dan mengunggah¬nya
- Mampu mengidentifikasi karakteristik individu, keluarga dan masyarakat, masalah-masalah sosial dan perubahan sosial, termasuk masalah-masalah pembangunan pen-didikan dan dis¬abilitas di dalam masyarakat lokal dengan wawasan global, termasuk masalah-masalah kemiskinan di dalamnya, dan meng¬analisisnya dengan menggunakan konsep, teori dan metodologi penelitian Sosiologi dengan tepat.
- Menguasai konsep-konsep dasar filosofi, paradigma, pendekatan dan teori-teori Sosiologi, berikut cabang-cabang keilmuannya, dan metode penelitian Sosiologi
- Mampu menerapkan konsep dan teori sosiologi dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran sosiologi di SMA yang adaptif dan inovatif (C3)