Course Description
Study of learning models with direction (direct instruction), acquisition of concepts (concept attainment model), meaningful learning (meaningful learning), and discussion (discussion model of learning), SET-oriented learning, and learning strategies (learning strategies) . The assessment is carried out through the presentation of concepts, presentation of operational examples of each learning model in the form of learning tools, workshops on developing learning tools by students oriented towards each learning model and strategy. The assessment activity ends with an exercise in implementing a particular learning model by each student in a peer teaching forum followed by discussion and reflection activities as well as cognitive internships at Senior High Schools.
Program Objectives (PO)
- Merumuskan strategi menjaga keanekaragaman budaya, pandangan kepercayaan, dan agama, serta pendapat/temuan orisinal orang lain
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasil¬kan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi, dan mengunggah¬nya
- Mampu mengidentifikasi karakteristik individu, keluarga dan masyarakat, masalah-masalah sosial dan perubahan sosial, termasuk masalah-masalah pembangunan pen-didikan dan dis¬abilitas di dalam masyarakat lokal dengan wawasan global, termasuk masalah-masalah kemiskinan di dalamnya, dan meng¬analisisnya dengan menggunakan konsep, teori dan metodologi penelitian Sosiologi dengan tepat.
- Menguasai konsep-konsep dasar filosofi, paradigma, pendekatan dan teori-teori Sosiologi, berikut cabang-cabang keilmuannya, dan metode penelitian Sosiologi
- Mampu menerapkan konsep dan teori sosiologi dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran sosiologi di SMA yang adaptif dan inovatif (C3)