•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Penalaran dan Pembuktian

Program Studi S1 Pendidikan Matematika UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah ini mengaji tentang pengertian dan manfaat pembuktian, jenis-jenis penalaran yang digunakan dalam proses membuktikan dan karakteristiknya, meliputi penalaran deduktif dan penalaran induktif (analogi, generalisasi), jenis-jenis pembuktian dalam matematika (pembuktian, formal, informal, pembuktian langsung, kontradiksi, induksi, dan pembuktian dengan contoh dan non-contoh) dan bagaimana mengkomunikasikan pembuktian melalui pembelajaran aktif berbasis IT

CPMK

  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar berpikir dan bernalar dalam matematika serta memahami peran pentingnya dalam pembentukan argumen dan pembuktian.
  • Mahasiswa mampu membedakan jenis-jenis penalaran deduktif, induktif, dan abduktif serta menerapkannya dalam menyusun argumen dan menyelesaikan permasalahan matematis.
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan penalaran multiplikatif, proporsional, dan aditif dalam menyelesaikan permasalahan matematika dan menjelaskan peran masing-masing dalam berpikir matematis.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep penalaran analogi serta menerapkannya dalam menyusun argumen dan menyelesaikan masalah matematis secara kreatif dan logis.
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan penalaran aljabar untuk memformulasikan, memanipulasi, dan menyelesaikan permasalahan matematis secara logis dan sistematis.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep penalaran statistika dan menerapkannya dalam menganalisis data serta menarik kesimpulan yang valid berdasarkan bukti numerik dalam konteks matematika dan kehidupan sehari-hari.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep penalaran adaptif dan menerapkannya secara fleksibel dalam menghadapi situasi matematis baru serta menyusun strategi pemecahan masalah yang kreatif dan kontekstual.
  • Mahasiswa mampu menyusun dan mengevaluasi argumen matematis secara logis, serta mengkomunikasikan argumentasi secara runtut dan meyakinkan dalam konteks pemecahan masalah matematika.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan komponen-komponen berpikir matematis serta menerapkannya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan matematis secara logis, sistematis, dan reflektif.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep bukti langsung dan bukti per kasus, serta menerapkannya secara tepat dalam membuktikan pernyataan matematis.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan metode pembuktian kontraposisi dan pembuktian kontradiksi secara tepat dalam menyelesaikan dan memverifikasi pernyataan matematis.
  • Mahasiswa mampu memahami prinsip dasar induksi matematika dan menerapkannya dalam membuktikan pernyataan matematis yang melibatkan pola atau generalisasi bilangan.
  • Mahasiswa mampu memahami konsep contoh penyangkal dalam pembuktian matematis dan menerapkannya untuk menunjukkan ketidakbenaran suatu pernyataan matematis.
  • Mahasiswa mampu memahami dan membedakan antara pembuktian konstruktif dan non-konstruktif, serta menerapkannya dalam membuktikan pernyataan matematis.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar berpikir dan bernalar dalam matematika serta memahami peran pentingnya dalam pembentukan argumen dan pembuktian
    • Date  5 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  12 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  19 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  26 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  5 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  12 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2)
    • Date  19 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  26 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  2 April 2025

  • Pertemuan 10
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  9 April 2025

  • Pertemuan 11
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  16 April 2025

  • Pertemuan 12
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  30 April 2025

  • Pertemuan 13
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  7 Mei 2025

  • Pertemuan 14
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  14 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  21 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  28 Mei 2025

Pustaka

Dosen

ABDUL HARIS ROSYIDI
ABDUL HARIS ROSYIDI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Matematika
  • Semester6
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10