•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Reasoning and Proof

Program Studi S1 Pendidikan Matematika UNESA

 
Card image

Course Description

This course examines the meaning and benefits of proof, the types of reasoning used in the proof process and their characteristics, including deductive reasoning and inductive reasoning (analogy, generalization), types of proof in mathematics (proof, formal, informal, direct proof, contradiction , induction, and proof with examples and non-examples) and how to communicate proof through IT-based active learning

Program Objectives (PO)

  • Mata kuliah ini mengkaji tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian yang meliputi pembuktian formal dan pembuktian non-formal.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  5 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  12 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  19 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  26 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  5 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  12 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2)
    • Date  19 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  26 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  2 April 2025

  • Pertemuan 10
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  9 April 2025

  • Pertemuan 11
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  16 April 2025

  • Pertemuan 12
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  23 April 2025

  • Pertemuan 13
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  30 April 2025

  • Pertemuan 14
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  7 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Pengetahuan dan wawasan tentang pengertian penalaran, jenis-jenis penalaran meliputi penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran dalam pemecahan masalah matematis, pengertian pembuktian, metode pembuktian meliputi metode langsung, metode tak langsung, serta jenis jenis pembuktian (CLO-1) Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam mendesain tugas yang melibatkan penalaran dan pembuktian (CLO-2) Mampu mengimplementasikan prinsip dasar konsep penalaran dan pembuktian pada kegiatan pemecahan masalah (CLO-3)
    • Date  14 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  21 Mei 2025

References

Lecturer

ABDUL HARIS ROSYIDI
ABDUL HARIS ROSYIDI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Matematika
  • Semester6
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10