1) Berperikemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; bertenggangrasa terhadap keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; dan berbela rasa dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungan
2) Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif melalui penelitian ilmiah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan; mampu menguasai pembinaan dan pengembangan bahasa untuk kepentingan ilmu pengetahuan, komunikasi dalam level nasional dan internasional; mampu memvalidasi penyelesaian masalah di masyarakat yang relevan dengan bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara akademik; mampu mengembangkan teori kebahasaan, kesastraan, dan pendidikan/pembelajaran bahasa dan sastra melalui penelitian dengan menerapkan pendekatan transdisipliner;dan mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin
3) Terampil mengembangkan sumber daya dan organisasi riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan yang menjadi tanggung jawabnya; dan terampil memanfaatkan berbagai referensi dari berbagai sumber untuk membiasakan diri berpikir secara fundamental, referensif, original, dan inovatif
4) Menguasai filsafat ilmu serta konsep-konsep teoretis pendidikan bahasa dan sastra yang berbasis pada filsafat bahasa dan filsafat sastra; dan menguasai konsep teoretis keterampilan berbahasa dan bersastra secara integratif