Mengembangkan pemahaman tentang landasan teori bimbingan dan konseling bagi anak disabilitas, dan praktik-praktik pelaksanaannya (Vokasi) di sekolah atau pendidikan pada umumnya. Mengkaji berbagai teori dan teknik konseling (individual dan kelompok) dalam menangani anak Disabilitas. Dengan (1) Mengembangakan Bimbingan belajar dengan kajian konseptual teoritik (2) menganalisis, membandingkan, mengevaluasi setiap teori sehingga ditemukan persamaan dan perbedaan antar teori, dan (3) mengaplikasikan berbagai teori konseling secara integratif dan fleksibel untuk membantu konseli, (4) mengaplikasikan teknik-teknik konseling sesuai teori yang dikaji, dan (5) menggunakan hasil analisis tersebut untuk penelitian dan pengembangan. Perkuliahan diakhiri dengan penyusunan paper yang mendeskripsikan suatu permasalahan anak Disabilitas, dan penyusunan strategi bimbingannya berdasarkan suatu sudut pandang teori tertentu untuk memecahkannya. Paper tersebut berpeluang untuk menjadi calon penelitian pengembangan atau eksperimen bimbingan bagi anak Disabilitas yang bisa direncanakan dalam bentuk tesis.