- Pemahaman mendasar dan mengakar tentang konsepsi ilmu, pemetaan ilmu, pengetahuan dan kebenaran, netralitas, manfaat, dan dampak ilmu terhadap kehidupan. juga dikaji makna, implikasi, dan implementasi filsafat ilmu bagi pengembangan keilmuan dan kependidikan dengan titik tekan pada persoalan logika dan metodologi ilmiah.
CPL Program Studi pada MK
CPL-5 Mampu menguasai konsep, teori dan praktek kepemimpinan pendidikan, manajemen pendidikan, organisasi pendidikan, supervisi pendidikan, serta perilaku organisasi dan kebijakan pendidikan dengan menggunakan metode penelitian, konsep statistik dalam berbagai kondisi lingkungan yang bersifat interdisiplin dan multidisiplin.
CPL-7 Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan manajemen pendidikan yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin dan multidisiplin.
CPL-8 Mampu memecahkan permasalahan dalam kepemimpinan pendidikan pada pengembangan inovasi satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi, dan memgembangkan supervisi dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif sesuai dengan bidang keilmuan Manajemen Pendidikan (pemimpin)
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu mengembangkan pengetahuan melalui proses abstraksi ruang lingkup filsafat ilmu hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
CPMK-2 Mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pemahaman tentang filsafat dan ilmu pengetahuan, sejarah perkembangan ilmu pengetahuan, memahami apa itu filsafat dan ilmu pengetahuan, memahami kebenaran dalam ilmu, memahami dasar-dasar ilmu pengetahuan dalam filsafat, serta mempelajari filsafat ilmu dalam aspek ontologi, epistemologi dan aksiologi