CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-5 Menguasai pengetahuan tentang pendidikan, masyarakat sekolah dan masyarakat inklusif
CPL-7 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasil¬kan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi, dan mengunggah¬nya;
CPL-9 Mampu mengidentifikasi karakteristik individu, keluarga dan masyarakat, masalah-masalah sosial dan perubahan sosial, termasuk masalah-masalah pembangunan pen-didikan dan masyarakat inklusif di dalam masyarakat lokal dengan wawasan global, dan meng¬analisisnya dengan menggunakan konsep, teori dan metodologi penelitian Sosiologi dengan tepat;
CPMK
CPMK-1 Menguasai teori dan metode sosiologi pengetahuan untuk memahami hubungan antara pengetahuan, realitas sosial, dan kekuasaan dalam masyarakat
CPMK-2 Menganalisis dan menghasilkan alternatif solusi berbasis teori sosiologi pengetahuan terhadap problematika sosial, pembangunan, dan pendidikan masyarakat inklusif (CPL
CPMK-3 Memanfaatkan teknologi informasi untuk menelusuri dan menganalisis konsep-konsep dasar sosiologi pengetahuan dalam konteks pembangunan, perubahan sosial, dan pemberdayaan masyarakat