Mata Kuliah ini menjelaskan sejarah dan perkembangan, peletak dasar, paradigma, teori-teori serta metode dalam sosiologi pendidikan. Lebih lanjut, Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis realitas pendidikan dalam perspektif sosiologi pendidikan. Maka selain aspek teoritis dan metodologis, mahasiswa diharapkan juga mampu mengontekstualisasikan serta mengaplikasikan-nya dalam membaca problematika dunia pendidikan kontemporer, seperti; relasi masyarakat dan pendidikan, sosialisasi dan Interaksi pendidikan, kurikulum dan hegemoni ideologi, pendidikan dan perubahan sosial, globalisasi dan kapitalisme Pendidikan, gender dan pendidikan, kekerasan dalam institusi pendidikan, homo academicus di Pendidikan Tinggi dan lainnya.
CPL Program Studi pada MK
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-5 Menguasai pengetahuan tentang pendidikan, masyarakat sekolah dan masyarakat inklusif
CPL-10 Mampu menyajikan dan mengorganisasi alternatif solusi dalam memecahkan masalah-masalah sosial, perubahan sosial, pembangunan, khususnya pendidikan dan masyarakat inklusif, serta pemberdayaan masyarakat.
CPMK
CPMK-1 Menguasai konsep-konsep sosiologi pendidikan dalam mengaplikasikan pada problematika pendidikan. Membuat keputusan yang relevan tentang konsep-konsep sosiologi pendidikan untuk menganalisis masalah-masalah pendidikan Bertanggungjawab terhadap kinerja pembelajaran diri, kesepakatan dengan rekan kelompok dalam memahami konsep-konsep sosiologi pendidikan yang relevan dan kontekstual
CPMK-2 Membuat keputusan yang relevan tentang konsep-konsep sosiologi pendidikan untuk menganalisis masalah-masalah pendidikan.