Mata kuliah ini merupakan kegiatan mahasiswa yang meliputi: penentuan tujuan observasi, metode observasi, teknik pencatatan observasi, dan pelaksanaan observasi lapangan untuk mendapatkan data konkret dalam program mengajar di sekolah. Kegiatan ini merupakan aktivitas mengajar pada satuan pendidikan seperti sekolah dasar, menengah, maupun atas di daerah terpencil (melalui kerja sama dengan Kementerian Desa dan PDTT, atau kementerian/lembaga lain). Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab dan etika profesional, mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam melaksanakan perencanaan program serta menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan dan perancangan perencanaan program asistensi mengajar yang akan dilaksanakan. Kegiatan juga merupakan penerapan kemampuan mahasiswa melaksanakan program mengajar dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan / atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi secara untuk kepentingan nasional dan daerah; serta menjunjung asas musyawarah untuk mufakat dalam setiap pengambilan keputusan. Evaluasi proses pembelajaran dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan proses pembelajaran.