Mata kuliah ini membahas pemahaman tentang sejarah, pengertiancabang olahraga secara umum serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang teknik dasar beberapa cabang olahraga populer, serta potensinya dalam perkembangannya di Indonesia
CPL Program Studi pada MK
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-5 Menguasai konsep teoritis dan praktis dalam bidang pengetahuan manajemen olahraga secara mendalam.
CPL-6 Menerapkan IPTEKS dalam pengembangan keilmuan manajemen olahraga.
CPL-7 Mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara mandiri maupun kelompok dalam bidang manajemen olahraga.
CPL-8 Mampu melakukan manajemen setiap event olahraga dengan penganggaran dan pemasaran yang efektif berdasarkan teori manajemen olahraga
CPL-9 Mampu membuat proposal program wirausaha dalam konteks produk dan jasa di bidang olahraga.
CPL-10 Mampu mengaplikasikan keterampilan riset dasar penelitian bidang manajemen olahraga
CPL-11 Mampu mengidentifikasi permasalahan bidang manajemen olahraga di Indonesia dan global
CPMK
CPMK-1 Menerapkan prinsip-prinsip manajemen olahraga dalam perencanaan dan pengorganisasian event olahraga permainan (C3)
CPMK-2 Menganalisis struktur dan pola pengelolaan kompetisi olahraga permainan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan sistem yang ada (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran dan penganggaran dalam penyelenggaraan event olahraga permainan berdasarkan kriteria keberhasilan (C5)
CPMK-4 Menciptakan proposal program wirausaha inovatif berbasis produk atau jasa dalam konteks olahraga permainan (C6)
CPMK-5 Menerapkan teknik riset dasar untuk mengumpulkan dan mengolah data dalam konteks manajemen olahraga permainan (C3)
CPMK-6 Menganalisis permasalahan manajerial dalam olahraga permainan di tingkat nasional dan global untuk memahami akar penyebabnya (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi penerapan nilai-nilai etika dan budaya nasional dalam penyelenggaraan olahraga permainan (C5)
CPMK-8 Menciptakan model pengembangan kolaboratif dan berkelanjutan untuk manajemen olahraga permainan (C6)
CPMK-9 Menerapkan IPTEKS terkini dalam inovasi pengelolaan fasilitas dan sarana olahraga permainan (C3)
CPMK-10 Menganalisis peluang dan tantangan kewirausahaan dalam industri olahraga permainan berdasarkan studi kasus (C4)